Program Bersih Narkoba, BNNK HSS Audiensi dengan Bupati

KANDANGAN, suaraborneo.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs.H.Achmad Fikry,M.AP menerima audiensi dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) HSS, yang dipimpin oleh Maserup, ME dan beserta jajarannya, bertempat diruang kerja Bupati HSS, Senin (15/3/2021).

Adapun dalam audiensi ini, melalui Kepala BNNK HSS Maserup, ME menyampaikan rencana pelaksanaan tugas dan program Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pada kesempatan itu dijelaskan Desa Bersinar adalah desa yang mempunyai kesadaran untuk melindungi masyarakatnya dari bahaya narkoba.

Tujuan Desa Bersinar, untuk meningkatkan pendampingan masyarakat desa dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih Narkoba yang di kelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan dengan berbasiskan pendayagunaan sumber daya di desa.

Disampaikan juga, dalam teknisnya program Desa Bersinar akan bersinergi dengan program yang ada pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) dalam program Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (PK2D). Yang juga akan dilaksanakan kegiatan di desa seperti komunikasi, edukasi dan informasi tentang bahayanya narkoba. Dan tindaklanjutnya mengarah kepada ketahanan keluarga, jadi keluarga itu diberi informasi dan edukasi tentang bahayanya narkoba. serta yang akan diberikan informasi dan edukasi sebanyak 5 keluarga setiap desanya.

Kepala BNN juga, meminta dukungan kepada Bupati HSS terkait penambahan personel anggota kepolisian di dalam BNN Kab.HSS. dikatakannya pada saat ini BNN Kab.HSS hanya memiliki satu orang personel dari pihak kepolisian sehingga kesulitan dalam melakukan penindakan kasus narkoba. “Agar nanti ada rekomendasi dari Bupati HSS yang bisa disampaikan ke Polda melalui Polres HSS agar bisa menambahkan anggota kepolisian lagi yang ditugaskan di Badan Narkotika Nasional Kabupaten HSS”,ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati HSS Drs.H.Achmad Fikry,M.AP mengatakan pemerintah daerah akan mendukung atas program yang akan dilaksanakan oleh BNN Kab.HSS untuk terwujudnya Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba) di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Bupati HSS juga mengataka, di saat ada pertemuan didesa, para orang tua atau perkumpulan ibu PKK bisa diingat untuk terus mengawasi, memantau anggota keluarganya.

Disampaikan juga, Mudah-mudahan yang pasti akan menjadi contoh dari desa-desa lainnya, sebagai desa yang paham dan sadar akan bahaya narkoba apabila terlibat pada penggunaan dan penyalahgunaan Narkoba. “Dan termasuk kalau bisa melarang orang luar masuk ke desanya yang disinyalir akan bertransaksi narkoba”,kata Bupati (Dinaskominfohss/Ari-SB)

Check Also

Polda Kalsel Dirikan 6 Posko Check Point Penyekatan Antisipasi Mobilitas Masyarakat Saat Idul Fitri

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Usai mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Pengamanan Hari Raya Idul Fitri …