Dr. H. Suwarno Muriyat S.Ag M.Pd : Pemertahanan Budaya Dayak, Terbitkan Buku Refleksi Budaya Suku Dayak Ngaju Dalam Karungut, Sansana Bandar Huntip Batu Api

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ada hal menarik terbitnya buku dengan judul Refleksi Budaya Suku Dayak Ngaju Dalam Karungut .Sansana Bandar Huntip Batu Api.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), Dr. H. Suwarno Muriyat S.Ag M.Pd penulis buku menyampaikan, pembuatan buku memakan waktu satu tahun untuk mengedit kembali.

“Buku ini wujud kecintaan dan terima kasih saya kepada budaya dayak. Lebih dari itu, esensi buku tujuannya pemertahanan budaya Dayak Ngaju,”katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (15/3/2021).

Dikemukakan, istilah pemertahanan budaya dayak disini adalah dari yang tadinya lisan, orang hanya cerita dari mulut ke mulut tentang sastra, kini dengan pembuatan buku secara tertulis, sehingga dapat membaca sampai kapan pun.

Dalam buku tersebut, Sansana itu sendiri sastra lisan yang dikarungutkan. “Kalau orang dayak menyebutnya karungut biasa, Tapi kalau Sansana seperti orang berwayang,”terangnya.

Lanjutnya, dalam penelitian budaya dayak diantaranya, seperti keberadaan Mandau, Talawang dan Batang Garing.

“Juga kategori alam bernyawa tak bernyawa. Kemudian, perilaku suku Dayak Ngaju justru orang dayak pengurus alam yang luar biasa,”ujarnya.

Ditambahkan, buku tersebut memuat kearifan lokal budaya dayak. “Untuk itu, masuk dalam kurikulum program Kapuas Cerdas,”katanya seraya menyampaikan untuk referensi nantinya disampaikan kepada perpustakaan daerah Kabupaten Kapuas dan provinsi dan balai bahasa.

Adapun tentang buku, editor
Prof Dr. H. Imam Suyitno M.Pd
Foto karya Arif Hidayat.
Penerbit Pelangi Sastra
ISBN 978-623-6937-15-0
Cetakan pertama Desember 2020 15.5 x 23 cm vii + 216 hal. (ujang/ery-SB).

Check Also

Polda Kalsel Dirikan 6 Posko Check Point Penyekatan Antisipasi Mobilitas Masyarakat Saat Idul Fitri

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Usai mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Pengamanan Hari Raya Idul Fitri …