Pengda JMSI Kalsel Serahkan Mandat Di Kabupaten HSS dan HSU

Ket Foto : Penyerahan Mandat JMSI Kabupaten HSS

KANDANGAN, suaraborneo.com – Pengurus Daerah (Pengda) Kalsel serahkan mandat untuk membentuk kepengurusan JMSI Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) disaksikan Jajaran Diskominfo bertempat di Kantor Diskominfo HSS, Jum’at (19/3/2021).

Pengurus Daerah JMSI Kalsel dihadiri langsung oleh Ketua, Milhan Rusli (Apahabar.com), Sekretaris, SA Lingga (Kalselpos.com), Wakil Sekretaris, Ady Wiryawan (SuaraBorneo.com), Bidang Pendataan dan Verifikasi, M Ashari (MetroKalimantan.com), Bidang Hubungan Antar Lembaga, M Zakir (MediaProspek.com).

Ketua JMSI Kalsel, Milhan Rusli, mengatakan JMSI Kalsel menghendaki agar para media online yang ada di daerah menjadi media yang profesional, sesuai ketentuan UU.

Pasalnya, menurut Milhan sapaan akrab Ketua JMSI Kalsel ini, sekarang banyak media yang belum terverikasi, maka di sini JMSI mendorong untuk berusaha secara profesional sebagai mana yang dikehendaki oleh Dewan Pers.

Ket Foto : Penyerahan Mandat JMSI Kabupaten HSU

“Selain itu karena juga pada umumnya kendala pengusaha media untuk dapat diverifikasi terbentur beberapa persyaratan, maka disinilah peran JMSI untuk menjembatani dan perwakilan di sini, kita juga perlu informasi daerah sampai kepada provinsi” ujarnya.

“Di sini JMSI juga akan memberi perlindungan hukum bagi media yang sudah terverifikasi, disamping karena melihat banyaknya media tidak terdaftar di dewan Pers yang terkena kasus hukum atau UU ITE tidak mendapat perlindungan hukum,” terangnya.

Bagi media yang sudah terdaftar dan berbadan hukum (PT), tetapi belum terverifikasi, hal ini dikarenakan medianya belum mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) dan belum mempunyai wartawan utama.

“Oleh sebab itu JMSI Kalsel mendapat mandat untuk membesarkan dan bertugas untuk membentuk JMSI di semua kabupaten/kota. Kami memberikan kepercayaan untuk membentuk suatu kepengurusan daerah dan tugas kita juga untuk membina menjadi media profesional namun itu tidak gampang karena bisa berkaitan dengan hukum, oleh karenanya JMSI akan memberikan satu jalan dalam melengkapi persyaratan seperti harus berbadan hukum dan mendapatkan sertifikasi dari Dewan Pers,” ujarnya

“Mengapa ini penting karena ini akan berkaitan dengan pemerintahan, dalam hal kerjasama, diminta beberapa persyaratan, apakah medianya telah terverikasi Dewan Pers atau tidak dan lain sebagainya, sehingga benar-benar menjadi media profesional.

Sekretaris JMSI Kalsel Lingga, menambahkan, hari ini diserahkannya mandat JMSI daerah Kabupaten HSS kepada Sophan agar dalam dua bulan ke depan bisa terbentuk perwakilan JMSI daerah HSS dan ini disambut baik, begitu juga dengan Bupati HSS melalui Diskominfotik atas perhatiannya kepada wartawan disini cukup baik.

“Disini kita membina para media daerah khususnya mengenai verifikasi,” katanya.

Kepala Dinas Kominfotik HSS Rahmawaty, ST.MT, mengatakan, Kami sangat mendukung keberadaan JMSI diharapkan ke depannya, pembinaannya inten dan komitmen, sehingga ligalitas dan peran media dapat kita rasakan bersama manfaatnya.

Di HSU, Kepala Dinas Kominfo HSU Adi Lesmana menyambut baik kunjungan dan sosialisasi JMSI Kalsel, mengatakan, keberadaan media siber lebih cepat Informasinya karena bisa dibuka melalui hp dan masa depannya sepertinya lebih bagus. “Oleh karenanya peran media siber sangat penting dalam memberikan informasi yang akurat dan terpercaya di tengah-tengah berita hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. (*/ad)

Check Also

Polda Kalsel Dirikan 6 Posko Check Point Penyekatan Antisipasi Mobilitas Masyarakat Saat Idul Fitri

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Usai mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Pengamanan Hari Raya Idul Fitri …