Politeknik Penerbangan Siap Kerjasama Dengan Pemprov Papua

TANGERANG, SuaraBorneo.com – Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI), Curug,Tangerang, Banten, membuka kesempatan bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua untuk menjalin kerjasama pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang penerbangan.

“Polikteknik Penerbangan Indonesia siap membantu Pemerintah Provinsi Papua untuk mendidik putra-putri terbaik asli Papua dibidang penerbangan. Kami siap bekerja sama dengan Papua,”ujar Plt Direktur PPI Sukarwoto, ST, S.SiT, MM didampingi Ketua Program Studi Teknik Pesawat Lilies Esthi Riyanti,S.SiT,M.T dalam keterangan persnya, di Kantor PPI Banten dalam rilisnya disampaikan Senin (22/3/2021).

Sukarwoto mengatakan, Papua membutuhkan SDM Penerbangan yang cukup banyak karena memiliki kurang leih 300 Bandar Udara (Bandara) dan lapangan terbang.

Oleh karena itu, PPI siap membuka kelas khusus untuk mendidik putra-putri Papua. “Kami siap membuka kelas bagi Papua,”ujarnya.

Dia mengatakan program pendidikan di PPI tak hanya berkosentrasi kepada pilot semata namun juga didukung studi khusus bidang penerbangan.

“Selain pendidikan pilot pesawat dan helikopter, PPI juga siap membantu Pemerintah Papua menyiapkan SDM asli Papua dibidang penerbangan seperti ATC dan teknisi pesawat dan helicopter dan lainnya. Intinya kami siap mendidik putra-putri terbaik asli Papua,”ungkap Sukarwoto.

PPI, lanjut Sukarwoto, adalah Approved Training Organization (ATO) di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia dan disetujui oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoprasian Pesawat Udara (DKPPU).

“PPI Curug bertanggung jawab untuk melakukan pendidikan profesional dan pelatihan di bidang penerbangan sipil”,katanya.

Ada 10 Program Studi yaitu DIV Penerbang, DIV Teknik Pesawat Udara, DIV Teknik Navigasi Udara, DIV Teknik Listrik Bandara, DIV Lalu Lintas Udara, DIII Teknik Bangunan dan Landasan, DIII Teknik Mekanikal Bandar Udara, DIII Penerangan Aeronautika, DIII Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan DIII Operasi Bandar Udara.

“PPI memiliki fasilitas pendidikan yang sangat lengkap. Kami memiliki laboratorium, simulator, lab bahasa Inggris, Rumah Sakit dan sarana prasana pendukung lainnya,”katanya.

Mantan direktur Politeknik Penerbangan Jayapura itu menambahkan PPI Curug telah kerjasama dengan berbagai meskapai penerbangan nasional sehingga memudahkan lulusan dari poliktenik untuk berkarya di berbagai perusahaan penerbangan.

“PPI juga menjalin kerjasama dengan berbagai meskapai nasional dan Airnav. Sehingga peserta didik dan lulusan dari sini dapat langsung praktek dan berkarya diberbagai perusahaan penerbangan,”tambah Sukarwoto. (ujang/ery-SB).

Check Also

Peringati HUT Ke 71, PSMS Yakin Lolos Liga 1 Musim Depan

MEDAN, suaraborneo.com – CEO PSMS Medan, Kodrat Shah mengaku optimis jika club asuhannya bisa menempuh …