Pemprov Kalsel Peringati Hari Air Sedunia Ditandai Penanaman Pohon dan Pelepasan Bibit Ikan

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Dunia sedang memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day) pada hari Senin, 22 Maret 2021. Tema kali ini Valuing Water atau menghargai air.

Memperingati Hari Air Sedunia Tahun 2021, di Provinsi Kalsel, berlangsung di kawasan Embung Kampung Banjar yang berlokasi di Komplek Perkantoran Setdaprov Kalsel di KOTA Banjarbaru, ditandai dengan penanaman pohon dan pelepasan bibit ikan,Senin (22/3).

Penanaman pohon dipimpin langsung Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Safrizal ZA, didampingi sejumlah pejabat Balai Wilayah Sungai III Kalimantan dan SKPD, dan H.Martinus Ketua Ikatan Pensionan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (IPPU) Kalsel, beserta pengurus lainnya.

Pohon yang ditanam di embung berjumlah 800 bibit terdiri dari pohon buah-buahan seperti Jambu, Sawo, Mangga, Durian dan lain-lain.

Pada kegiatan itu dilanjutkan dengan pelepasan benih bibit ikan nila dan penandatanganan MoU antara BWSK III dengan IPPU dan GNKPA.

Safrizal mengajak seluruh ASN dan masyarakat untuk melaksanakan penanaman pohon di Kalsel selain sebagai upaya melestarikan lingkungan serta meminimalisir dampak bencana alam seperti banjir.

“Kita perlu serapan air yang baik dengan cara menanam sebanyak banyaknya pohon di hulu dan hilir di Kalimantan Selatan,” katanya.

Penanaman jutaan pohon ini jelasnya, menjadi tantangan bagi seluruh dinas -dinas yang ada di lingkup Pemprov Kalsel untuk bersinergi dalam menyukseskannnya.

“Nanti kita akan kabari waktu pelaksanaan penanaman pohon serentak ini, targetnya kisaran sebulan dapat dilakukan, termasuk dari kalangan wartawan agar juga bisa ikut menanam pohon, paling tidak sekali seumur hidup pernah menanam pohon demi anak cucu dan kelestarian lingkungan,” harapnya.

Ajakan Pj.Gubernur kalsel ini disambut
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, “Kami siap untuk tantangan itu, namun kita akan segera kordinasi dengan Dishut juga Balai Sungai dan lainnya, untuk menentukan dulu dimana saja lokasi yang akan di tanam.” ujarnya.

Peringatan Hari Air Sedunia ini dilakukan seluruh balai terkait di semua provinsi dan puncak peringatan berlangsung di di Bendungan Sindangheula Kabupaten Serang Banten yang isi aksi penanaman pohon dan bibit ikan.

Aksi tanam pohon serentak ini sebagai komitmen Kementerian PUPR melakukan konservasi sumber daya air melalui gerakan penanaman pohon di semua Infrastruktur. Jenis pohon yang akan ditanam ada dua, pohon untuk memperkuat infrastruktur dan pohon produktif, seperti durian, mangga, pete jengkol, alpukat, matoa, jambu dan lainnya. (hrs-sb)

Check Also

Sambut Bulan Ramadhan, Bank Kalsel Hadirkan Obrolan Santai Nan Inspiratif

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Menyambut Ramadan tahun ini, Bank Kalsel mempersembahkan rangkaian kegiatan bertajuk ‘Mozaik Ramadan’. …