Pusdokkes Polri dan Polda Kalsel Gelar Bakti Kesehatan di Lokasi Banjir

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Mabes Polri menggelar kegiatan Bakti Kesehatan di wilayah Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (24/3/2021) pukul 08.00 Wita. Dalam pelaksanaannya, juga dilakukan Penyerahan simbolis paket Sembako dan paket Kesehatan kepada perwakilan warga Desa Akar Baru dan Desa Pematang Baru.

Kegiatan yang diselengarakan di Kabupaten Banjar ini dihadiri Kombes Pol dr. Budi Heriyadi, M.M. selaku Ketua Tim Kesehatan Pusdokkes Mabes Polri, Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Ubaidillah diwakili Karumkit RS. Bhayangkara TK.III Banjarmasin Polda Kalsel AKBP dr. Bambang Pitoyo, Sp.S.M.H., Ketua Pelaksana Kegiatan AKBP Titi, Amd., Kep., Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo, S.I.K., M.H., Camat Martapura Timur, Kapolsek Martapura Timur, para personel Pusdokkes Mabes Polri, Bid Dokkes Polda Kalsel dan Polres Banjar.

Ketua Tim Kesehatan Pusdokkes Mabes Polri Kombes Pol dr. Budi Heriyadi, M.M. mengatakan kegiatan Bakti Kesehatan Polri ini dilaksanakan guna memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang terdampak banjir yang berada di daerah hukum Polres Banjar, Polda Kalsel.

Banjir yang melanda disejumlah wilayah Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Banjar telah terjadi sejak bulan Januari, namun dalam pelaksanaan Bakti Kesehatan Polri, Pusdokkes baru bisa menggelar di wilayah Polda Kalsel dikarenakan diwaktu yang bersamaan sejumlah daerah di Indonesia juga terjadi musibah bencana alam seperti di Provinsi Sulawesi Barat dan Jawa Timur.

Meskipun digelar ditengah Pandemi Covid-19, Kombes Pol dr. Budi Heriyadi, M.M. memastikan bahwa pelaksanaan Bakti Kesehatan Polri tetap mengutamakan dan menerapkan protokol kesehatan dengan petugas kesehatan mendatangi langsung warga secara door to door seperti yang dilaksanakan kali ini di Desa Akar Baru dan Desa Pematang Baru, Kabupaten Banjar.

Tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan berupa pengobatan gratis kepada warga khususnya korban banjir, namun petugas kesehatan dari Pusdokkes Mabes Polri dan Bid Dokkes Polda Kalsel juga memberikan bantuan paket Sembako dan paket Kesehatan kepada warga.

Sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19, petugas kesehatan yang mendatangi langsung warga ke rumah-rumah juga melakukan swab antigen kepada warga korban banjir serta memberikan edukasi pencegahan Covid-19.

Selain itu Bakti Kesehatan ini juga merupakan salah satu bentuk mendukung 100 hari program prioritas Kapolri, dimana sebagai anggota polisi harus membantu dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya yang terdampak musibah bencana alam.

Ia pun berharap kegiatan Bakti Kesehatan Polri dapat membantu masyarakat, dan juga bisa terlibat membantu mensejahterakan masyarakat dalam bentuk Harkamtibmas, serta Polri semakin dekat dan dicintai oleh masyarakat. (*/ad)

Check Also

Polda Kalsel Dirikan 6 Posko Check Point Penyekatan Antisipasi Mobilitas Masyarakat Saat Idul Fitri

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Usai mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Pengamanan Hari Raya Idul Fitri …