MTs Annur Terima Tim Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahun 2021

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Masa pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi kualitas kinerja para pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kota Palangka Raya. Hal ini terbukti dengan tetap terlaksananya Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahun 2021 yang salah satunya digelar terhadap Madrasah Tsanawiyah (MTs) Annur Palangka Raya, Rabu (24/03/2021) tadi.

Pada kegiatan itu, tim penilai PKKM yang dipimpin langsung Pengawas Pembina MTs Misbah didampingi oleh Hj Lili Rahmini melakukan penilaian terhadap Kepala MTs Annur H Rus’ansyah, S.Ag,M.Pd.

Kepala MTs Annur H Rus’ansyah, S.Ag,M.Pd.

Dijelaskan Misbah, sedikitnya ada lima tujuan dan manfaat digelarnya PKKM ini. Pertama, menghimpun informasi sebagai dasar untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi kepala madrasah.

Kedua, menjaring informasi sebagai bahan pengambilan keputusan dalam menetapkan efektifitas kinerja dan pertirnbangan untuk penugasan kepala madrasah.

 

Ketiga, meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja kepala madrasah.

Keempat, menjamin obyektivitas pembinaan kepala madrasah melalui sistem pengukuran dan pemetaan kinerja kepala madrasah.

Kelima, menyediakan informasi sebagai dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karir kepala madrasah serta bentuk penghargaan lainnya.

Adapun manfaat PKKM, antara lain, agar kepala madrasah dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan berdasarkan hasil nilai kinerjanya.

Kemudian, kepala madrasah menjadikan hasil penilaian kinerja sebagai acuan untuk meningkatkan keprofesiannya.

Adapun bagi Kanwil Kemenag, data hasil penilaian tersebut dapat dijadikan informasi untuk menentukan kebutuhan peningkatan kompetensi, profil kinerja kepala madrasah, dan bahan pertimbangan penugasan kepala madrasah sesuai kewenangannya.

Terkait PKKM di MTs Annur Palangka Raya itu, tim secara umum menilai pendataan yang didokumentasikan pihak madrasah sudah tersusun dengan rapi dan sistematis.

“Dokumentasi tertata rapi, apa yang kita minta ada dan kedepan makin sempurna dan lebih lengkap,”sebut Misbah.

Di kesempatan yang sama, Kepala MTs Annur H. Rus’ansyah didampingi Wakamad mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada panita persiapan PKKM di lingkup madrasahnya yang telah berjuang ikhlas secara maksimal dalam mengumpulkan bukti fisik kinerja kepala madrasah tahun 2021.

“Persiapan demi persiapan diupayakan secara maksimal oleh panitia kita, semoga dapat memperoleh nilai yang terbaik oleh tim penilai,”ujar Rus’ansyah.

Mantan aktivis HMI itu menambahkan, kebersamaan yang dilakukan jajarannya dalam menyiapkan dokumen merupakan modal dalam rangka mencapai hasil yang maksimal, baik untuk kebutuhan PKKM maupun untuk pengembangan madrasah dan akreditasi pada masa yang akan datang.

Senada dengan itu, Koordinator Tim PKKM MTs Annur Exca Yeana, yang juga sebagai Wakamad Kurikulum mengungkapkan, persiapan pihaknya sudah dilakukan begitu matang dan rapi.

“Saya tidak menemukan titik kekurangan dalam pengadaan dokumen dalam PKKM, Ini menunjukkan kesiapan tim panitia yang luar biasa dan maksimalnya kinerja kepala madrasah,”jelas Exca. (ujang/ery-SB).

Check Also

Polda Kalsel Dirikan 6 Posko Check Point Penyekatan Antisipasi Mobilitas Masyarakat Saat Idul Fitri

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Usai mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Pengamanan Hari Raya Idul Fitri …