dr Manurung Keluarkan Surat Swab Antigen, Diduga Lakukan Maladminitrasi

Sekadau, suaraborneo.com – Maraknya pemalsuan surat swab antigen yang isinya menyatakan bahwa warga yang hendak berpergian keluar daerah dinyatakan negativ covid-19. Karna, salah satu syarat untuk bisa keluar daerah melalui bandara, harus mengantongi hasil Swab antigen dari tempat asal yang dikeluarkan oleh instansi yang di tunjuk.

Namun apa yang terjadi di kabupaten Sekadau, bahwa salah satu dokter praktek yakni atas nama dr.Manurung telah banyak mengeluarkan surat hasil tes Swab antigen bagi warga Sekadau, bahkan terakhir diketahui yang bersangkutan tertangal 2 Maret 2021 masih sempat mengeluarkan surat tersebut, namun di bandara Supadio Pontianak surat tersebut sepertinya dipertanyakan kebenarannya.

Ketika di konfirmasi kepada dr.Manurung terkait apa dasar dia mengeluarkan surat hasil tes swab antingen tersebut ia mengatakan, dirinya memang ada mengeluarkan surat tersebut tapi hanya untuk melamar pekerjaan dan rapat. Tapi, kalau untuk keluar daerah dirinya tidak ada mengeluarkan.

“Untuk di praktek saya sudah tidak mengeluarkan surat keterangan covid per bulan Maret 2021 untuk pelaku yang mau berpergian keluar kalbar baik udara dan laut. Tapi kalau untuk keperluan seperti syarat melamar pekerjaan, perjalanan dinas untuk pertemuan di kabupaten dalam provinsi Kalimantan Barat atau sekedar pemeriksaan bagi warga Sekadau yang ingin tahu apakah dia terkena covid atau tidak, hal ini masih kami lakukan karena belum ada aturan yg mengatur tentang ini,” kilahnya.

Dikonfirmasi kepada plt.kepala dinas Kesehatan, Keluarga Berencana dan Pengendalian Penduduk kabupaten Sekadau, Henry Alpius menangapi adanya surat tes Swab Antigen yang di keluarkan oleh salah seorang dokter praktek mengatakan, pihaknya tidak ada mengeluarkan surat penunjukan kepada yang bersangkutan.

Karena pemerintah daerah hanya mengeluarkan surat penunjukan kepada RSUD dan Klinik Anugrah.

“Sedangkan yang lain termasuk dokter praktek kita tidak pernah memberikan surat penunjukan,” katanya Rabu (24/3/2021) melalui pesan singkatnya.

“Untuk di wilayah kabupaten Sekadau yang bisa mengeluarkan surat hasil swab antigen adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) khusus bagi pegawai pemerintah dan klinik Anugrah khusus masyarakat umum,” kata Henry.(tim)

Check Also

Polda Kalsel Dirikan 6 Posko Check Point Penyekatan Antisipasi Mobilitas Masyarakat Saat Idul Fitri

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Usai mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Pengamanan Hari Raya Idul Fitri …