Kapuas Optimis Food Estate Berhasil

KUALA KAPUAS, suaraborneo.com – Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah menyatakan optimis program food estate yang dicanangkan pemerintah pusat untuk ketahanan pangan nasional di daerah itu berhasil.

Hal ini disampaikan Plt Kadis Pertanian Kabupaten Kapuas Drs Aswan MSi kepada wartawan Rabu (31/3/2021).

Menurutnya saat ini progress rata-rata tanam padi sudah mencapai 94 persen sehingga secara bertahap sudah mulai persiapan panen.

“Kita optimis food estate di Kapuas berhasil,”kata Aswan yang juga Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas ini.

Dikatakan dari luasan lahan pertanian 20 ribu hektar setidaknya dapat memproduksi hasil pangan padi. Seperti salah satunya di Kecamatan Dadahup A-5 mengingat sejak dulu kawasan tersebut adalah lumbung padi di Kalteng.

Menyniggung kendala mantan Camat Basarang ini menyatakan hanya masalah tingginya debit air karena musim.penghujan. “Namun saat ini telah dikerjakan pembangunan drainase saluran air,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan sejauh ini masih ada empat kecamatan yang belum panen padi tetapi secara bertahap nantinya akan persiapan panen.

“Dalam beberapa.hari ke depan pihak kementerian terkait akan meninjau kawasan food estate di Kabupaten Kapuas,”ujar Aswan.(ujang/ery-SB).

Check Also

Polda Kalsel Dirikan 6 Posko Check Point Penyekatan Antisipasi Mobilitas Masyarakat Saat Idul Fitri

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Usai mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Pengamanan Hari Raya Idul Fitri …