Walikota Minta Menara Suar Di Tanjung Batu Menjadi Wisata

KALTARA, suaraborneo.com – Pemerintah Kota Tarakan menyambut baik hadirnya menara suar Tanjung Batu di Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur.

Menara suar Tanjung Batu diresmikan pemanfaatannya oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H. Purnomo, Jumat (2/4/2021).

Menara suar dengan panjang 43 meter dan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya dibangun sejak tahun 2020 melalui DIPA Kantor Navigasi Kelas III Tarakan yang dibiayai lewat Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul M.Kes ikut menyaksikan menyaksikan peresmian, bersama Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri, Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang dan pejabat lainnya di lingkungan Kementerian Perhubungan serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Tarakan.

Wali kota Tarakan dalam arahannya menyambut antusias dengan hadirnya menara suar di Tanjung Batu. Bahkan berharap menara suar bisa menjadi salah satu destinasi pariwisata baru di Tarakan, selain fungsi utamanya sebagai alat keamanan dan keselamatan pelayaran.

“Harapan kami mudah-mudahan kegiatan yang ada di sini, pembangunan ini, mercusuar ini juga, diskusi-diskusi kami dengan Kepala Navigasi termasuk dengan pak Dirjen tadi, sebenarnya sangat pantas dan patut dijadikan sebagai tempat wisata. Kami terima kasih banyak pak dirjen sudah membangun di kota ini,” harap wali kota.

Menurut wali kota, sebelum diresmikan, sudah banyak masyarakat yang datang untuk menikmati keindahan menara suar termasuk melihat pantai. Di antaranya sejumlah komunitas sepeda.(MD)

Check Also

MA Menangkan Gugatan Pemprov Kaltara atas PT Inhutani II sebesar 35 M

KALTARA, SuaraBorneo.com – Pelanggaran ekspolitasi hutan, oleh anak perusahaan PT Inhutani II Unit Semamu Kab …