Bupati Kapuas Pimpin Rakor Rencana Aksi Pencegahan Korupsi

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat pimpin Rapat Koordinasi Pembahasan Capaian Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2020 dan Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2021, bertempat di Aula Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kapuas, Rabu (7/4/2021).

Rapat tersebut digelar untuk menindaklanjuti Surat Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nomor : B/1447/KSP.00/70-73/03/2021 tanggal 01 Maret 2021 perihal pedoman pengisian dokumen kelengkapan capaian aksi pencegahan korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2021.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Sekretaris Daerah Kapuas Septedy, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Bardiansyah dan sejumlah Kepala Perangkat terkait di Lingkup Pemkab Kapuas.

Pada tahun 2020 lalu, nilai capaian pelaksanaan aksi Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi berdasarkan hasil Monitoring Center For Prevention (MCP) sampai dengan tanggal 31 Desember 2020 adalah 63,14 persen.

Berdasarkan hal tersebut Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat meminta kepada jajarannya untuk selalu bekerja keras membenahi kekurangan yang ada agar bisa mencapai angka 100 persen. “Agar kita mendapat nilai terbaik di Provinsi Kalimantan Tengah, ini harus menjadi perhatian semua kepala OPD,”ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan dalam mencegah korupsi harus adanya deteksi dan edukasi dengan identifikasi/pemetaan, review, evaluasi, monitoring, inspeksi rutin. “Serta yang tidak kalah pentingnya adalah penguatan moral, etika, perilaku dan integritas,”tuturnya.

Lebih lanjut, ia berharap kepada seluruh yang hadir untuk laporan-laporan terkait hal tersebut dikerjakan dengan sebaik-baiknya agar nilai Kabupaten Kapuas nantinya bisa menjadi lebih baik bahkan bisa yang terbaik di Provinsi Kalteng. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Ramadhan, Disdukcapil Kapuas Tetap Layani Masyarakat

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas tetap melaksanakan pelayanan …