Food Estate, Dinas Perikanan Kapuas Salurkan Benih Dan Pakan Ikan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka mendukung Food Estate di Kabupaten Kapuas Pemerintah Kabupaten Kapuas Melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas salurkan sarana prasarana benih ikan patin dan pakannya kepada 3 pokdakan di Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, beberapa waktu lalu.

Kelompok yang menerima bantuan benih Ikan Patin tersebut yaitu, pokdakan Sumber Harapan Abadi Desa Terusan Raya Barat, pokdakan Karya Makmur Desa Tamban Luar dan pokdakan Jaya Sakti Desa Sei Lunuk di Kecamatan Bataguh.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Ir. Darmawan melalui Kepala Bagian Pemberdayaan Pembudidaya ikan Fatmawati, S.Pi menyampaikan untuk penyaluran benih dan pakan ikan bertujuan untuk mendukung Food Estate di Kabupaten Kapuas, dengan menyalurkan benih ikan patin sebanyak 21.000 ekor untuk pokdaka Karya Makmur Desa Tamban Luar dan pokdakan lainnya masing-masing mendapatkan benih ikan patin sebanyak 15.000 ekor yang siap di tebarkan di kolam-kolam.

“Penyaluran benih dan pakan ikan ini guna mendukung Food Estate di Kabupaten Kapuas dengan memberikan 21.000 ekor benih ikan patin yang kami salurkan untuk pokdakan Karya Makmur Desa Tamban Luar, kemudian 15.000 ekor benih ikan patin di berikan kepada pokdakan Sumber Harapan Abadi Desa Terusan Raya Barat dan pokdakan Jaya Sakti desa Sei Lunuk di Kecamatan Bataguh” jelas Fatmawati saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/4/2021).

Kemudian dirinya mengatakan untuk pakan ikan disalurkan bertahap sesuai dengan ukuran ikan tersebut, yakni untuk tahap pertama pakan ikan ini yang diberikan dengan ukuran 1 mm sebanyak 300 Kg dan ukuran pakan ikan 2 mm sebanyak 600 Kg dengan protein yang tinggi di atas 30 persen. Sedangkan untuk tahap kedua memberikan ukuran pakan yang lebih besar yaitu 2.200 Kg untuk ukuran 3 mm sampai 4 mm serta kandungan protein lebih besar di atas 20 persen agar menghasilkan ikan yang baik ketika di panen.

Fatmawati mengatakan dengan adanya bantuan benih dan pakan ikan di daerah Food Estate di harapkan dapat menunjang ketahanan pangan di daerah tersebut dan bisa menajdi modal awal bagi masyarakat dalam melakukan usaha di bidang perikanan.

“Hasil dari usaha tersebut bisa menunjang perekonomian masyarakat dengan mempunyai usaha budidaya ikan sendiri secara tidak langsung, masyarakat dapat mengonsumsi makanan yang bergizi karena ikan mengandung protein tinggi untuk menunjang pertumbuhan tubuh,”pungkasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

RS KBJ Nanga Pinoh Bagikan 40 Paket Sembako ke Warga Kurang Mampu

MELAWI, suaraborneo.com – Rumah Sakit Kasih Bunda Jaya (RS KBJ) Nanga Pinoh menggelar bakti sosial …