Peniadaan Mudik Lebaran, Bupati Kapuas Minta Perketat Wilayah Perbatasan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT meminta, kepada jajarannya memperketat pos penjagaan wilayah perbatasan.

Permintaan ini disampaikan, dalam rapat koordinasi melalui zoom meeting bersama OPD stake holder sejumlah camat dan lurah di Aula Bappeda Kapuas terkait peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 hijriah Kamis (29/4/2021).

Dikatakan, terkait penanganan di masa pandemi Covid-19 wilayah Kabupaten Kapuas sudah menyiapkan pos-pos di jalur utama perbatasan antar provinsi Kalteng-Kalsel Kecamatan Kapuas Timur.

Kemudian, juga imbuh mantan Kadis PU Provinsi Kalteng itu, pentingnya memperketat jalur-jalur tikus antar kecamatan di Kabupaten Kapuas yang berbatasan langsung dengan kabupaten tetangga.

“Oleh karenanya, perketat wilayah perbatasan dan fungsikan secara efektif Posko PPKM. Tujuannya menekan dan melindungi masyarakat dari penyerbaran Covid-19,”imbuhnya.

Selain itu, lanjut Bupati Kapuas dua periode itu, kepada seluruh jajarannya agar memperketat pemeriksaan terhadap orang luar yang masuk wilayah Kabupaten Kapuas dan sebaliknya.

Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas, Ilham Anwar usai rapat menyampaikan, rapat meeting zoom dengan Bupati Kapuas tersebut agar memastikan pencegahan dan penanganan Covid-19 ini berjalan baik.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengatakan pemberlakuan peniadaan mudik menjelang lebaran Idul Fitri 1442 hijriah sudah mulai sosialiasi.

“Pos-Pos di perbatasan antar provinsi Kalteng-Kalsel Kecamatan Kapuas Timur kini sudah ditempatkan petugas meski kini arus orang dari luar daerah diperbolehkan masuk. Efektif pelarangan berlaku mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021,”jelasnya.

Meski.begitu, yang sifatnya darurat seperti distribusi barang-barang kebutuhan masyarakat (Sembako), orang berobat, ibu hamil dan perjalanan dinas masih diperbolehkan,”katanya. (ujang/ery-SB).

Check Also

RS KBJ Nanga Pinoh Bagikan 40 Paket Sembako ke Warga Kurang Mampu

MELAWI, suaraborneo.com – Rumah Sakit Kasih Bunda Jaya (RS KBJ) Nanga Pinoh menggelar bakti sosial …