Pramuka Kapuas Bagi Masker dan Takjil Untuk Pedagang Dan Tukang Becak

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ratusan masker dan Paket Takjil buka puasa dibagikan langsung oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Kapuas kepada para pengayuh becak, pedagang asongan disekitar Kota Kuala Kapuas. Hal serupa diberikan pula kepada masyarakat yang melintasi simpang jalan Jawa-Patih Rumbih-Keruing dan simpang Adipura sebagai lokasi pembagian, beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya, bertempat di halaman Sanggar Pramuka Kapuas saat melepas keberangkatan DKC Kapuas melaksanakan aksi sosial, Dr H Suwarno Muriyat selaku Kakwarcab menegaskan, Gerakan Pramuka adalah Duta Perubahan Perilaku Ditengah Pandemi Covid-19.

“Segala aktifitas yang kita lakukan dimana saja senantiasa wajib menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi sebagai protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19. Saya mengajak seluruh Anggota dan Pembina Pramuka menjadi teladan dalam berperilaku sebagai Adaptasi Kebiasaan Baru,” tegas Suwarno.

Suwarno Muriyat yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas menambahkan sejumlah kegiatan rutin diantaranya Gesang Merapi (Gelar Senja Sang Merah Putih), latihan gabungan di Sanggar Pramuka Kapuas maupun latihan di Gugusdepan dan Satuan Karya masing-masing yang selama ini dilaksanakan, ditiadakan karena kondisi pandemi. “Namun demikian pengamalan Try Satya dan Dasa Darma Pramuka sebagai kode kehormatan dan moral tetap mewarnai dalam kehidupan sehari-hari,”ungkapnya.

Masih ditempat yang sama, Zihan Akbar selaku Ketua Panitia Pelaksana didampingi Ketua DKC Naufal melaporkan, pembagian masker dan takjil menggunakan dana yang bersumber dari donasi/sumbangan sukarela dari para Andalan Cabang dan DKC Kapuas.

“Hasil sumbangan dari Kakak-kakak kami belikan alat pelindung diri (APD) masker, sarung tangan, handsanitizer dan takjil berjumlah 200 paket. Adapun tiap paket takjil buka puasa terdiri dari kolak, kurma, roti, agar-agar, dan air mineral dan masker. Disaat pembagian APD dan takjil kami lakukan pula edukasi 5M kepada masyarakat penerima paket bantuan,”terangnya. (hmsddk/hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

DKI Jakarta Alami Lonjakan Covid-19, Anies Baswedan Peringatkan Agar Tidak Ada Kerumunan Di Wilayahnya

JAKARTA, suaraborneo.com – DKI Jakarta mengalami lonjakan kasus virus Corona (COVID-19). Gubernur Anies Baswedan memperingatkan …

//dooloust.net/4/4267251
error: Off