Warga Marangkayu Ancam Sweeping Pekerja Pendatang Chevron Indonesia | www.suaraborneo.com

Warga Marangkayu Ancam Sweeping Pekerja Pendatang Chevron Indonesia

Kutai Kartanegara. Ratusan warga Marangkayu Kutai Kartanegara Rabu (29/3) kemarin melakukan aksi demo didepan pintu masuk lokasi pengolahan migas Chevron Indonesia. Warga memblokir jalan masuk dengan menutup pintu utama ke lokasi pengolahan migas tersebut dengan puluhan truk dan kendaraan umum. Selain memblokir jalan, warga juga melakukan aksi bakar ban bekas.
Warga Marangkayu memprotes sikap perusahan penghasil migas itu untuk lebih memperhatikan kondisi sosial masyarakat di kecamatan tersebut. Warga menuntut kepada Chevron untuk segera memulangkan sejumlah pekerja pendatang yang bekerja di lokasi tersebut.
Aksi demo ini dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Marangkayu (HIPMA), karena selama perusahaan ini berada di lokasi tersebut, sangat minim memperkejakan putra daerah setempat.Warga menuntut diberikannya peluang untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut.
Perwakilan warga dan manajemen perusahaan yang juga dihadiri muspika Kecamatan Marangkayu, akhirnya bertemu untuk melakukan perundingan. Perundingan sendiri berlangsung alot karena sejumlah tuntutan warga sulit untuk dipenuhi oleh manajemen Cheveron. Bahkan pimpinan tertinggi Chevron di lokasi itu menolak salah satu butir tuntutan warga, yang meminta kepada Chevron untuk memulangkan pekerja asal luar dari Marangkayu. Meski sejumlah tuntutan telah dipenuhi oleh Chevron namun warga tetap bersikeras agar perusahaan tersebut segera memulangkan pekerja luar daerah.
Setelah berlangsung lama hingga menjelang sore tidak juga ada kata sepakat, akhirnya manajemen meminta waktu selama satu minggu untuk memberikan jawaban terhadap salah satu tuntutan demonstran.
Warga mengancam jika tidak disetujui oleh perusahaan mereka akan melakukan aksi sweping dengan cara memaksa masuk dan mencari pekerja-pekerja luar daerah. Aksi masa Marangkayu ini juga diikuti aksi mogok beberapa pekerja diperusahaan yang berasal dari daerah setempat. (SB)

No comments yet

Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>