Perkebunan Kelapa Sawit Merupakan Industri Ramah Lingkungan | www.suaraborneo.com

Perkebunan Kelapa Sawit Merupakan Industri Ramah Lingkungan

Balikpapan. (7/5). Sebanyak 15 wartawan mengikuti Workshop “Kontribusi dan Tantangan Industri Kelapa Sawit” yang diselenggarakan PT. Astra Argo Lestari Tbk di lingkungan kerjanya di wilayah Kaltim atau yang lebih dikenal dengan sebutan Borneo 3.
Acara workshop satu hari ini berlangsung di Hotel Menara Bahtera Balikpapan, pada hari Selasa (7/5). Salah satu isu yang menjadi pembahasan media, adalah adanya isu yang menuding Perkebunan Kelapa Sawit merupakan industry yang tidak ramah lingkungan bahkan cenderung merusak terhadap lingkungan.
Seperti yang dituturkan Topan Mahdi Head Of Public Relation PT. Astra Agro Lestari, “ Media cenderung memberitakan sebuah berita yang tidak berimbang, “
Sementara Budi Utarto Direktur Area Borneo 3, menegaskan, “bahwa sebagian masarakat masih menganggap Industri perkebunan kelapa sawit di nilai negatif. Hal ini tidak lebih dari sekedar politik dagang antar negara,”
“ Salah satu pesaing kita adalah minyak-minyak nabati seperti minyak bunga matahari yang banyak dihasilkan negara-neagra Amerika, yang memang produksinya sangat kecil dibanding dengan minyak sawit. Apalagi dalam persaingan minyak nabati dunia, minyak sawit Indonesia makin mendominasi. “ tegas Budi Untarto.
Ditegaskan Budi, “Industri kelapa sawit sudah menyumbang devisa yang sangat besar bagi negara, selain dari pajak ekspor sawit. industri sawit juga menyerap tenaga kerja hingga 5 juta orang. “
Sementara Dr. Bandung mengatakan “ bahwa tidak ada industri selain industri kelapa sawit yang tingkat keterlibatannya masyarakat sangat tinggi. Dalam mata rantai bisnis kelapa sawit, masyarakat disekitar perkebunan, adalah pihak pertama di luar perusahaan yang dilibatkan secara langsung dalam mata rantai tersebut. “
“ Keberadaan perkebunan kelapa sawit benar benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Berbicara masalah tanggung jawab sosial di perkebunan kelapa sawit,semua aspek dilakukan, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat, “ tegas Bandung.
Pemerhati lingkungan dari Universitas Mulawarman, Ir Zulkarnain, bahwa tidak seharusnya industri kelapa sawit dikesampingkan. Karena sudah terbukti industri sawit memberikan dampak ekonomi yang sangat besar dan hampir semua kajian ilmiah membuktikan bahwa industri sawit sangat ramah lingkungan.
”Sawit adalah satu satunya industri berbasis sumber daya alam yang bisa menjadi sebuah industri yang berkelanjutan,”kata Ir Zukarnaen (katono).

No comments yet

Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>