Bupati : Atasi Karhutla, Presiden Dan Menteri Tertarik Inovasi SPA

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT menyampaikan inovasi Sistem Penyediaan Air (SPA) kepada Presiden RI Joko Widodo dan menteri ketika melakukan peninjauan lahan Food Estate di Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas Kalteng Kamis (9/7/2020).

“Intinya inovasi SPA ini penanggulangan Karhutla karena kita memiliki lahan gambut yang rentan Karhutla,”kata Ben Brahim kepada wartawan usai makan siang bersama presiden dan menteri di RM Buli Lewu Jalan Jepang Kuala Kapuas.

Didampingi istri Ary Egahni yang juga anggota DPR RI dapil Kalteng Bupati mengatakan SPA sangat berguna dan multi fungsi tidak hanya untuk kepentingan penanggulangan Karhutla melainkan juga pengairan lahan pertanian kolam ikan serta rekreasi.

“Presiden dan menteri apresiasi dan tertarik adanya SPA ini untuk penanggulangan Karhutla,”terangnya.

Lebih jauh dikatakan SPA berfungsi memadamkan Karhutla di lahan gambut artinya yang tidak dapat dijangkau atau dipadamkan mobil pemadam.

“Bahkan water bombing pun tidak efektif. Namun begitu dengan SPA ini justru paling efektif dan efisien dalam penyediaan air penanggulangan Karhutla itu,”jelas Bupati dua periode ini. (ujang/ery-SB).

Check Also

RS KBJ Nanga Pinoh Bagikan 40 Paket Sembako ke Warga Kurang Mampu

MELAWI, suaraborneo.com – Rumah Sakit Kasih Bunda Jaya (RS KBJ) Nanga Pinoh menggelar bakti sosial …