Sosialisasi Kepesertaan Ketenagakerjaan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian Bagi Non ASN/Honorer di Pemkab HSS

KANDANGAN, Suaraborneo.com – Selasa 26 Januari 2021 yang bertempat di Gedung Pramuka Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kab. HSS melalui Bidang Tenaga Kerja bersama Kantor BPJS Ketenagakerjaan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Jaminan Kecelakaan dan Jaminan Kematian bagi Non ASN/Honorer di lingkup Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Dalam pembukaan kegiatan sosialisasi ini Kadis Nakerkop-UKMP Kab. HSS Drs. Hendro Martono, MT sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan Dasar Pelaksanaan terdiri dari Undan-Undang RI No. 40 Tahun 2004 tentang Iuran Jaminan Sosial Nasional pasal 13 menyebutkan pemberi kerja secara bertahap mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Perjanjian Kerjasama (MoU) dan Surat Kepala Dinas Nakerkop-UKMP kab. HSS,

Maksud dan tujuan adalah para peserta mengetahui manfaat dari Asuransi JKK/JKM dan pada akhirnya peserta merasa terlindungi dalam melaksanakan tugas bila terjadi kecelakaan kerja dan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta kualitas para tenaga honorer. Peserta diikuti 38 orang Sekretaris Badan/Dinas/Kantor secara langsung di Gedung Pramuka dan tenaga honorer secara daring dikantor masing-masing.


Dilanjutkan sambutan dari Bapak Opik Taufik. S.Sos, M.M sebagai Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab. HSS atas kepercayaan kepada BP Jamsostek khususnya BP Jamsostek Kantor Cabang Kandangan dalam rangka Perlindungan/Jaminan Sosial Ketengakerjaan bagi seluruh Non ASN di Kab. HSS.

Sebelum kegiatan ini kita ketahui bersama pada tanggal 30 Desember 2020 dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) antara Pemkab. HSS yang diwakili Sekda HSS dengan BP Ketenagakerjaan dan tanggal 17 Januari 2020 perihal Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa juga telah ditandatangani langsung oleh Bapak Bupati HSS.

Dari 2 peristiwa tersebut disimpulan betapa perhatiannya Pemerintah Daerah sangat besar dan berkomitmen ingin memberikan kesejahteraan kepada masyarakat khususnya para pekerja/aparat yang berada dilingkungan Pemerintah Daerah Kab. HSS

Sedangkan sambutan Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP. menyampaikan bahwa dengan terfasilitasinya tenaga Non-ASN/Honorer dilingkup Pemkab. HSS melaui program Jaminan Kecelakaan dan Jaminan Kematian agar tenaga Non-ASN/Honorer mengetahui manfaat dari Asuransi tersebut. Inilah wujud pemerintah daerah memfasilitasinya melalui BPJS Ketenagakerjaan, kalau ASN sudah ada aturannya sedangkan Tenaga Non-ASN/Honorer belum ada. Ucapnya”

Maka dengan kerjasama BPJS Ketenagakerjaan mudah-mudahan dapat mendorong tenaga honorer bisa bekerja lebih maksimal lagi. Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan Simbolis Kartu Ketenagakerjaan kepada perwakilan 3 tenaga Non-ASN/Honorer dan meresmikan pembukaan secara langsung kegiatan Sosialisasi tersebut. Tidak ketinggalan juga selalu menghimbau agar selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.(Dinaskominfohss/Ari)

Check Also

Sosialisasi Perda Nomor 02 Tahun 2016 Kepemudaan, Anggota DPRD Fraksi Partai PSI Komisi 10, Eneng Malianasari

JAKARTA, suaraborneo.com – Anggota DPRD Fraksi partai PSI Komisi 10, Eneng Malianasari, S. Sos. terus …

//stawhoph.com/4/4267251
error: Off