Bantu Korban Banjir Dan Longsor Di Kalsel, Relawan Asal Bontang Ini Prioritaskan Bantuan Sandang

KALIMANTAN SELATAN, SuaraBorneo.com – Bantuan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan terus didistribusikan. Medan yang berat tak menyurutkan semangat relawan mendistribusikan bantuan.

Sejak pekan kedua Januari 2021, ribuan jiwa kehilangan tempat tinggal atau tenggelam dalam ketinggian air mencapai sekitar 2 meter. Lahan pertanian terendam dan ribuan warga dalam pengungsian. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan status Tanggap Darurat Bencana Banjir sejak tanggal 14-27 Januari 2021. Di Kabupaten HST, Tanggap Darurat diperpanjang 7 hari lagi.

Aliansi Kalimantan kota Bontang Kalimantan Timur turut serta dalam membantu korban banjir dan longsor di Kalimantan Selatan.

Sekretaris Aliansi Kalimantan kota Bontang Sri Supiana atau yang akrab disapa Nana kepada suaraborneo.com berharap bantuan dari “Aliansi Kalimantan” yang disalurkan sejak hari Jum’at (29/01) hingga hari ini Minggu (31/01) dapat meringankan beban warga korban banjir tersebut.

” Untuk di HST kami menyalurkan bantuan berupa sembako namun lebih kepada bantuan berupa perlengkapan dapur, selimut, terpal, kasur,peralatan pertukangan dan peralatan lainnya,” ujar Nana

Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Aliansi Kalimantan Kota Bontang yang diketuai oleh H. Jarkani tersebut telah menyalurkan bantuan di Desa Alat RT 1 dan RT 4, Arangani, dan Rantau Parupuk.
Di Kabupaten Banjar bantuan berupa sembako,popok,susu formula,alat dapur,dan lainnya ada dibeberapa lokasi diantaranya, Kampung Jawa, Sungai Tabuk Keramat, dan pengungsi di Bincau, dan Keraton.
Selanjutnya, Desa Sungai Pinang Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan Desa Bina Harapan Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut. Aliansi Kalimantan mengevakuasi satu jenazah korban kesetrum yang berada di Desa Cahaya Baru Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala, tambah Nana.

Donasi yang dititipkan ke Aliansi Kalimantan Kota Bontang pertanggal (31/01) mencapai Rp 116.110.000. Rinciannya, dari hasil penggalangan dana sebesar Rp 50.536.000, donasi dari Persatuan Bibinian Bubuhan Banjar Kaltim Bontang sebesar Rp 21.560.000, donasi dari Pengurus Daerah Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltim Bontang sebanyak Rp 21.450.000, donasi dari komunitas Kail Pancing, Feppo Fishing, serta All Angler and Stark Angler Bontang sebesar Rp1.850.000.

Kemudian donasi Pemuda Pancasila dan IPLB Bontang sebesar Rp 9.210.000, donasi Kerukunan Wanita Sempekat Keroan Kutai Kota Bontang (KWSKKB) sebanyak Rp 1.050.000, hasil bazar pakaian layak pakai sebanyak Rp 7.604.000, donasi RT 54 Kelurahan Berebas Tengah sebesar Rp 350.000, donasi dari PAMMI Bontang sebanyak Rp 2.000.000, serta MT Muslimat Al Istiqamah sebesar Rp 500.000.

Sebelumnya, rombongan dari Aliansi Kalimantan Kota Bontang Dilepas secara resmi oleh Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Pemkot Bontang, Zulkifli, di depan Gedung Ganesha Operation Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Bontang Utara rombongan relawan dari Aliansi Kalimantan Kota Bontang Peduli Kalimantan Selatan bertolak menuju Provinsi tetangganya Kalimantan Selatan Rabu (27/1/21). Wawali kota Bontang terpilih Najirah, berhalangan hadir karena dadakan harus pergi ke luar kota.

Rombongan berjumlah 10 orang relawan tiba di Hulu Sungai Tengah pada hari Kamis (28/01) dan disambut oleh M. Reza Fahlipi beserta tim selaku perwakilan dari DPP Aliansi Banjar Kutai Dayak (BAKUDA) Kota Bontang yang ada di Kalsel serta anggota DPRD HST, H. Mulyadi. (rf)

Check Also

Pemerintah Kaltara Memperkuat Desa Untuk Maju Dan Sejahtera

KALTARA, SuaraBorneo.com – Mewakili Gubernur Kaltara membuka kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Dinas Pemberdayaan Masyarakat …

//soaheeme.net/4/4267251
error: Off