Bupati Dan Kapolres Kapuas Canangkan Desa Kampung Tangguh Nusantara

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas bersama Polres Kapuas mencanangkan Desa Kampung Tangguh Nusantara yang kali ini dicanangkan di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas Kamis (11/2/2021).

Pencanangan ditandai,
dengan dilakukannya penandatanganan bersama secara langsung antara pihak Pemkab Kapuas yang dalam hal ini Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat MM MT dan Kapolres Kapuas, AKBP Manang Soebeti serta perwakilan Kodim 1011/KLK.

Hadir dalam kegiatan pencanangan ini, Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat, Sekretaris Daerah Kapuas Septedy, unsur Forkopimda, jajaran Kepala Perangkat Daerah Kapuas, Camat Basarang Yaya, para Kepala Desa se-Kecamatan Basarang dan para tokoh masyarakat setempat.

Ben Brahim mengapresiasi, atas inisiasi dari Kapolres Kapuas, sehingga desa Kampung Tangguh Nusantara ini dapat dicanangkan di Desa Bungai Jaya. “Saya harapkan juga desa-desa lain di Kabupaten Kapuas, dapat juga dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara,” ucapnya.

Menanggapi terkait perihal sebagian wilayah di Kecamatan Basarang yang masuk dalam kawasan hutan lindung, Ben mengatakan, apabila kawasan tersebut masuk kedalam area Food Estate atau kawasan desa, maka status kawasan hutan lindung itu dapat diurus, untuk selanjutnya dijadikan sebagai kawasan Areal Penggunaan Lain (APL).

“Statusnya dapat kita urus untuk menjadi Kawasan APL karena dinilai dapat berpotensi untuk dijadikan sebagai lahan pertanian masyarakat,”jelasnya.

Bupati juga Kapuas meminta, kepada seluruh jajarannya agar bersama-sama berkomitmen dalam membangun Kabupaten Kapuas sehingga dapat semakin lebih baik lagi kedepannya.

Anggota DPR RI Dapil Kalteng, Ary Egahni Ben Bahat yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, apresiasinya kepada pihak Polres dan Pemkab Kapuas, karena sudah ada 45 desa di Kabupaten Kapuas yang dicanangkan sebagai Desa Kampung Tangguh Nusantara.

“Harapan kita, Pemerintah ditingkat desa dapat menjalankan program tersebut sehingga masyarakatnya menjadi tangguh dalam meminimalkan penyebaran Covid-19, mulai dari tingkat desa bahkan RT/RW agar selalu bekerja sama dengan konsisten dalam mensukseskan program ini,”kata Ary Egahni.

Sementara itu, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti menyampaikan, wilayah Kabupaten Kapuas sudah ada sebanyak 45 desa yang dicanangkan sebagai Desa Kampung Tangguh Nusantara.

“Ada 3 hal untuk suatu desa dapat dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara diantaranya tangguh terhadap pandemi Covid-19, tangguh dalam hal penanganan Karhutla dan yang ketiga yaitu tangguh dalam hal ketahanan pangan,”kata Kapolres. (ujang/ery-SB).

Check Also

Pemerintah Kaltara Memperkuat Desa Untuk Maju Dan Sejahtera

KALTARA, SuaraBorneo.com – Mewakili Gubernur Kaltara membuka kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Dinas Pemberdayaan Masyarakat …

//soaheeme.net/4/4267251
error: Off