Dispenda Terus Optimalkan Penerimaan Pajak Daerah

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) terus berupaya mengoptimalisasi pendapatan daerah melalui sektor perpajakan. Salah satunya dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik dan mudah kepada para wajib pajak.

Kepala Dispenda Provinsi Kalteng Kaspinor mengatakan, optimaliasi penerimaan pendapatan dari pajak ini terdiri dari sejumlah langkah dilakukan langkah.

“Pertama, dasar hukumnya harus sesuai perundang-undangan. Bentuknya bisa Perda, Pergub, dan lainnya,” kata Kaspinor kepada wartawan di Palangka Raya, Rabu (17/2/2021).

Langkah kedua, pihaknya terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) agar optimalisasi penerimaan pajak dari masyarakat ini dapat dilaksanakan secara efektif.

“Ini sudah kita lakukan dengan membentuk tim gabungan perangkat daerah sesuai sektor. Ada dari pertambangan, perkebunan, kehutanan, pariwisata, pertanian,” jelasnya.

Ketiga, lanjut Kaspinor, pihaknya juga terus melihat kondisi di daerah-daerah yang memiliki potensi peningkatan penerimaan pajak.

“Daerah-daerah yang potensial menambah pemasukan daerah dari pajak ini sudah kita petakan. Tinggal disinergikan dalam penerapannya di lapangan,” ujarnya.

Di samping langkah-langkah tersebut, Dispenda Kalteng juga terus berinovasi dalam memberikan pelayanan pembayaran pajak yang mudah dari masyarakat, baik secara manual maupun digital bekerja sama dengan pihak perbankan.

“Kita juga mencermati perubahan kondisi sosial masyarakat. Misalnya, pada akhir pekan masyarakat banyak beraktivitas di satu tempat, di situ kita membuka layanan pembayaran pajak, selain yang dilaksanakan di Samsat pada hari kerja,”tandas Kaspinor.

Dia berharap, upaya-upaya memberikan kemudahan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya membayar pajak.

“Kita menanamkan kesedaran bahwa pajak dari kita dan untuk kita. Pajak inilah sumber pendapatan kita untuk memajukan daerah, baik untuk membangun infrastruktur, layanan kesehatan, pendidikan, dan lain-lain,” pungkasnya. (ujang/ery-SB).

Check Also

LPFK Banjarbaru Inspeksi Listrik Medik Di RSUD Kapuas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI melalui Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan (LPFK) …

//usounoul.com/4/4267251
error: Off