TMMD Ke-110 di HSS 2021 Resmi Dibuka

KANDANGAN, suaraborneo.com– Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Tahun 2021, Kodim 1003/Kandangan di wilayah Kab. HSS, bertempat di Makodim 1003/Kandangan, Selasa 02 Maret 2021.

Acara ini dirangkai dengan penandatangan dan penyerahan berita acara serah terima program TMMD ke-110 dengan mengusung tema ”TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” dari Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.ap Kepada Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm. Dedy Soehartono, S.IP dengan di saksikan oleh Danrem 101/Antasari Brigjend TNI Firmansyah.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan dan penyerahan naskah perjanjian hibah daerah antara Pemerintah Prov. Kalsel yang diwakili oleh Kepala Dinas PMD Prov. Kalsel Zulkifli dengan Dandim 1003/Kandangan dengan disaksikan Bupati HSS Danrem 101/Antasari.

Kegiatan TMMD ini nantinya akan dilaksanakan di Dusun Pariangan, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung.

Dalam kegiatannya sendiri akan dilakukan kegiatan pada sasaran fisik dengan memprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana, fasilitas umum yang diantaranya rehabilitasi badan jalan penghubung dusun pariangan dan dusun malilingin sepanjang 1300 meter dengan lebar 6 meter, pembuatan satu jembatan gelagar baja ukuran 5×6 meter serta rehabilitasi musholla dan bedah rumah warga.

Sedangkan pada sasaran non-fisik antara lain penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, pertanian, perikanan, penanggulangan bencana, desa pariwisata, tertib lalu lintas, KB kesehatan dan dampak pernikahan dini, serta bakti sosial untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas kehidupan sosial yang lebih maju.

Dalam sambutannya Bupati HSS mengapresiasi kegiatan TMMD karena merupakan suatu kegiatan yang positif dalam membangkitkan semangat gotong royong masyarakat.

“Program TMMD selama ini telah banyak membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata beliau.

Bupati juga dalam sambutannya mengajak masyarakat yang menjadi bagian dari TMMD tidak hanya menjadi bagian, namun juga membantu kelancaran dari kegiatan tersebut.

“Pentingnya keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan bertujuan agar masyarakat merasa bertanggung jawab dan dan merasa memiliki pembangunan itu sendiri,” jelas Bupati.

Dalam wawancaranya Danrem 101/Antasari menjelaskan bahwa di wilayah Kalimantan Selatan yang melaksanakan kegiatan TMMD ada 2 kabupaten, yakni Kab. HSS dan Kab. Tabalong.

“TMMD ini harus mempunyai nilai guna yang memang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Danrem.

Menurut Danrem 101/Antasari TMMD tentunya harus memiliki sifat bottom-up dari bawah ke atas sesuai dengan usulan dari masyarakat yang ada.

“Dari masyarakat kita bantu pembangunannya dan masyarakat pula yang akan merasakan pembangunan itu sendiri,” ucapnya kepada awak media.

Dengan kegiatan TMMD Danrem berharap agar dapat membuka daerah yang terisolir sehingga bisa meningkatkan percepatan kesejahteraan masyarakat.

Usai acara pembukaan TMMD, Bupati HSS lanjut meninjau ke lokasi pelaksanaan TMMD di Dusun Pariangan bersama Danrem 101/Antasari, Wakil Bupati HSS, Forkopimda, Kadis Prov PMD serta Kepala SKPD terkait.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan paket budidaya ikan lele dalam ember.(Ari-SB)

Check Also

Sosialisasi Perda Nomor 02 Tahun 2016 Kepemudaan, Anggota DPRD Fraksi Partai PSI Komisi 10, Eneng Malianasari

JAKARTA, suaraborneo.com – Anggota DPRD Fraksi partai PSI Komisi 10, Eneng Malianasari, S. Sos. terus …

//chooxaur.com/4/4267251
error: Off