Korem 101/Ant, Sosialisasi Binkom AGHT Cegah Konflik Sosial

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumberdaya alam yang dapat memberikan kontribusi positif untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat, akan tetapi kondisi tersebut akan dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan nasional apabila terdapat ketimpangan dalam pembangunan, kesenjangan sosial dan perekonomian, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya konflik sosial dimasyarakat.

Guna mengantisipasi terjadinya konflik sosial dimasyarakat maka Korem 101/Antasari melakukan kegiatan tindakan preventif dengan menggelar sosialisasi Pembinaan Komunikasi (Binkom) Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) cegah konflik sosial, yang dilaksanakan di Aula Korem 101/Ant, pada Selasa (6/4/2021)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penyuluh Sintelad Kolonel Inf Agus Bhakti, Pasi Lidpam Sintel rem 101/Ant Mayor Inf Wariyanto, Binda Kalsel Bpk. Basuki, Kesbangpol Kalsel, Drs. Agus Prabowo, M.T. para Toga, Tomas, Toda, Akademisi dan lnsan Pers.

Danrem 101/Ant Brigjen TNI Firmansyah menyampaikan “Diera keterbukaan informasi ini, diharapkan masyarakat mampu menjaring dan mencegah penyebaran paham ideologi, atau gerakan radikalisme yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, dimana dapat mengancam keutuhan NKRI, baik pengaruh dari dalam negeri maupun pengaruh dari luar negeri” dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabintalrem 101/Ant Kapten Inf Hendera, S.E.

Lebih lanjut “Dengan memahami bahaya AGHT Konflik Sosial, maka kita akan dapat menempatkan diri untuk tetap menjaga, mematuhi dan mentaati seluruh aturan yang sudah diterapkan, sehingga tidak terpengaruh untuk melakukan tindakan yang membahayakan keutuhan bangsa dan negara” ucapnya.

“Mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan konflik sosial ditengah-tengah masyarakat dan selalu bekerja sama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di berbagai permasalahan yang terjadi” pungkasnya
Sementara itu sambutan Asintel Kasad yang dibacakan oleh Ketua Tim Kolonel Inf Agus Bhakti menyampaikan bahwa “Kegiatan pembinaan komunikasi AGHT konflik sosial ini merupakan salah satu tindakan preventif untuk mencegah terjadinya konflik sosial yang terkait dengan Ipoleksosbud Hankam” sebutnya

Guna mengantisipasi terjadinya konflik sosial maka perlu adanya tindakan dan langka-langkah diantaranya yaitu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, melaporkan kepada pihak terkait apabila ada indikasi terjadinya konflik, sehingga kejadian tersebut dapat dicegah dan diatasi sebelum berkembang,” pungkasnya. (*/ad)

Check Also

Cegah Pemudik, 6 Titik Posko Dipintu Masuk Bengkayang Disiagakan

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Pemerintah Kabupaten Bengkayang mendirikan enam titik Posko untuk mencegah terjadinya Arus mudik yang …