Buku Saku Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Kalsel Resmi Dilaunching

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. Selasa (6/4/2021) pukul 08.00 Wita di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri me-launching Buku Saku Bhabinkamtibmas.

Launching Buku Saku Bhabinkamtibmas ditandai dengan penyerahan simbolis oleh Kapolda Kalsel kepada perwakilan Bhabinkamtibmas yang disaksikan Wakapolda Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, Direktur Binmas beserta Pejabat Utama Polda Kalsel, Kasat Binmas dan Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Kalsel.

Direktur Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Widiatmoko, S.H., S.I.K. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dibuatnya Buku Saku Bhabinkamtibmas ini sebagai wujud Direktorat Binmas Polda Kalsel dalam mendukung dan melaksanakan Program Prioritas Kapolri yakni Pemantapan Kinerja Harkamtibmas dengan menjadikan Bhabinkamtibmas sebagai sahabat masyarakat dan pusat informasi tentang bahaya radikalisme dan terorisme.

Bagi masyarakat, Buku Saku Bhabinkamtibmas ini merupakan pedoman untuk Polsek yang dulunya melakukan penyidikan dan saat ini menjadi Polsek Harkamtibmas.

Dijelaskan oleh Dir Binmas, Buku Saku Bhabinkamtibmas yang dilaunching saat ini berisikan pengetahuan kemampuan Bhabinkamtibmas sebagai Pembina Kamtibmas di Desa.

Untuk itu, dengan berbekal Buku Saku ini, Bhabinkamtibmas mampu untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan wawasan sehingga tidak tertinggal informasi dan berbagai dinamika yang terjadi pada masyarakat mengingat perkembangan ke depan masyarakat yang semakin cerdas.

Sementara itu Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum., dalam arahannya menyampaikan bahwa program 100 hari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Bhabinkamtibmas diarahkan menjadi polisi yang benar-benar mendarmabaktikan dirinya kepada masyarakat.

Menurutnya, dengan Launching Buku Saku Bhabhinkamtibmas Jajaran Polda Kalsel, Bhabinkamtibmas dapat belajar dalam penanganan kasus yang mengedepankan restorative justice. Sebab restorative justice merupakan langkah mengikuti dinamika perkembangan dunia hukum, yang mulai bergeser dari positivisme ke progresif untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat.

Kasus yang dapat diselesaikan dengan restorative justice tidak perlu lagi masuk proses persidangan.

Oleh karena itu, Kapolda Kalsel berharap dengan dilaunchingnya Buku Saku Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Kalsel ini dapat memberikan bekal kepada seluruh personel Polri khususnya para Bhabinkamtibmas dalam pengabdian kepada masyarakat.

“Bhabinkamtibmas menjadi etalase kepolisian, setelah Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mencanangkan Polsek-Polsek yang ditugaskan khusus melayani masyarakat,” ucap Kapolda Kalsel.

Usai Launching Buku Saku Bhabinkamtibmas, kegiatan dilanjutkan dengan Rakernis Fungsi Binmas Jajaran Polda Kalsel yang dibuka langsung oleh Direktur Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Widiatmoko, S.H., S.I.K. dengan menghadirkan Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Nanang Masbudi, S.I.K., M.Si. sebagai pemberi materi. (*/ad)

Check Also

Turunkan Stunting, 3 OPD Bentuk Kawasan Rumah Pangan Lestari

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka menurunkan angka stunting di Kabupaten Kapuas, Dinas Ketahanan Pangan …