Positif Terkonfirmasi, Keluarga Sempat Menolak Pemakaman Prokes Covid-19

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Keluarga salah satu jenazah yang meninggal dunia di RSUD dr Sumarmo Sosroatmodjo Kapuas Ny J (60) warga Kecamatan Selat positif terkonfirmasi sempat bersitegang dengan petugas dari Dinas Sosial Kabupaten Kapuas menolak pemakaman prokes Covid-19.

Namun setelah diberikan pengertian dari tim gabungan pihak Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas TNI Polri Satpol PP akhirnya pihak keluarga memahami harus memakai protokol Covid-19.

“Kita berikan pengertian pihak keluarga memahami namun dimakamkan di Alkah Keluarga. Kami persilahkan,”kata Ketua Harian Satgas Covid-19 Panahatan Sinaga dikonfirmasi wartawan Kamis (8/4/2021).

Dikatakan peristiwa penolakan itu sendiri terjadi di RSUD Kapuas sesaat setelah pemulasaran oleh petugas pemulasaran jenazah RSUD Kapuas sekitar pukul 12.30 Wib Kamis (8/4).

Saat ini ujar Sinaga suami dari almarhum terkonfirmasi positif Covid masih dalam perawatan. Saya tegaskan tidak ada tawar menawar untuk jenazah terkonfirmasi Covid di bawa pulang ke rumah. Pasalnya sudah disiapkan oleh Tim Covid 19 sarana prasarana hingga pemakaman.

“Oleh karena itu
mari kita patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M sesuai anjuran pemerintah yang tujuannya memutus rantai penyebaran Covid-19,”ujar Panahatan Sinaga yang juga Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas ini. (ujang/ery-SB).

Check Also

Cegah Pemudik, 6 Titik Posko Dipintu Masuk Bengkayang Disiagakan

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Pemerintah Kabupaten Bengkayang mendirikan enam titik Posko untuk mencegah terjadinya Arus mudik yang …