MTQ Tingkat Kabupaten Kapuas Akan Digelar Pada Bulan Juni Mendatang

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Kapuas ke-45 Tahun 2021 pada mulanya akan dilaksanakan di Kecamatan Pulau Petak. Akan tetapi karena situasi dan kondisi sekarang yang masih adanya penyebaran Covid-19, tidak memungkinkan untuk dilaksanakan. Oleh karena itu, lokasi dan tanggal kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kapuas pun dipindahkan ke Kota Kuala Kapuas pada tanggal 5 sampai dengan 8 Juni 2021 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh KH Muchtar Ruslan selaku Ketua Pengurus LPTQ Kabupaten Kapuas, Sabtu (17/4/2021) yang lebih lanjut menerangkan bahwa mekanisme kegiatan nantinya diselenggarakan pada siang hari dan tidak ada kegiatan pada malam hari. Kemudian, acara pembukaan dan acara penutupan tidak digelar dan acara nantinya dilakukan secara tertutup dan terbatas.

“Peserta datang langsung tampil dan selesai tampil mereka diperkenankan untuk pulang dan tidak diinapkan namun, hanya Dewan Hakim dari luar kota saja yang diinapkan. Adapaun nomor maqra dan nomor giliran tampil diambilkan oleh Tim Musabaqah dan disampaikan kepada para peserta dimasing-masing Kecamatan,”ungkap KH Muchtar Ruslan.

Lalu, kata Ketua Pengurus LPTQ Kabupaten Kapuas itu menjelaskan telah merencanakan untuk kegiatan penampilan hanya dilakukan oleh dua atau tiga kecamatan saja per tiap harinya. Diperkirakan acara lomba akan selesai dalam tempo empat hari sesuai jadwal yang telah diatur.

“Ada sejumlah cabang yang dilombakan nantinya yaitu Tilawah Dewasa, Qiraat Sab’ah Dewasa dan Remaja, Tilawah Remaja dan Anak-Anak, Tartil, Tahfizh 1-5 Jus bersama tilawah dan terakhir Tahfizh 10 20 30 Juz,”jelas KH Muchtar Ruslan.

Dirinya pun berharap, rencana penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Kapuas yang telah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan 5M ini dapat dilaksanakan dan nantinya berjalan baik dan lancar. Apalagi, dijelaskan oleh KH Muchtar Ruslan bahwa kegiatan ini sebagai persiapan menjelang perhelatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Provinsi Kalteng dan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

“Peserta terbaik akan diikutkan ke STQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2021 di Kota Palangka Raya dan MTQ Tingkat Provinsi Kalteng bulan November 2021 mendatang di Kota Palangka Raya,”terang Ketua Pengurus LPTQ Kabupaten Kapuas itu.

Untuk menyukseskan kegiatan MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Kapuas, KH Muchtar Ruslan yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas itu menjelaskan bahwa kepengurusan LPTQ Kabupaten Kapuas akan melakukan rapat koordinasi secara terbatas dengan seluruh pengurus LPTQ di Kecamatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas dan Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas pada bulan Mei mendatang untuk membahas lebih lanjut terkait pelaksanaan MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Kapuas tersebut.

“Sebelumnya, semua rencana ini sudah kami sampaikan ke Bupati Kapuas, Sekda, Kepala Bagian Kemas Kesra dan juga Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas, semoga nantinya rapat koordinasi berjalan dengan baik dan lancar sesuai rencana,”pungkas KH Muchtar Ruslan yang juga dipercaya sebagai Ketua FKUB ini. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Cegah Pemudik, 6 Titik Posko Dipintu Masuk Bengkayang Disiagakan

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Pemerintah Kabupaten Bengkayang mendirikan enam titik Posko untuk mencegah terjadinya Arus mudik yang …