Disdukcapil Terima Kunjungan Komisi I DPRD Batola

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka Studi Komparatif tentang Inovasi Pelayanan Publik Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Komisi I DPRD Kabupaten Barito Kuala melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Senin (19/04/2021).

Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kapuas Sipie S. Bungai menyambut baik rombongan yang terdiri dari 1 (satu) orang Pimpinan DPRD dan 9 (sembilan) orang Anggota Komisi I DPRD beserta 2 (dua) orang pendamping dari Sekretariat DPRD Barito Kuala dan didampingi pula oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batola.

Hj. Rusmiati yang merupakan Ketua rombongan juga memperkenalkan setiap anggota rombongan dan menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas.

“Maksud dan tujuan kami berkunjung ke Disdukcapil Kapuas adalah untuk bersilaturahmi sekaligus sharing-sharing terkait program dan kegiatan serta inovasi-inovasi yang dimiliki Disdukcapil Kapuas,”imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Sipie mengutarakan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas memiliki 5 Bidang yaitu Sekretariat, Bidang PIAK, Bidang Dafduk, Bidang Pencapil dan Bidang PDIP. Dalam kesempatan itu juga Sipie memaparkan program dan kegiatan Disdukcapil Kapuas serta target dan realisasi program kegiatan yang sudah dilaksanakan sampai dengan 31 Maret 2021.

“Adapun jenis-jenis inovasi yang dimiliki yaitu Pelayanan Keliling Langsung Cetak, GEBER KIA TAKEL (Gerakan Bersama Kartu Identitas Anak dan Akta Kelahiran), Strategi Percepatan Cakupan Kepemilikan KIA, Layanan Terintegritas, Website Data Kependudukan, Mampajeleng Pelayanan dan Buka Sabtu Minggu dan Hari Libur,”terangnya.

Kemudian pelayanan berikutnya meliputi Siaga Pelayanan, Sinegritas Data Kepemilikan Akta Kematian Penduduk, ADA PASUS (Ada Pelayanan Khusus), Disdukcapil Ramah Anak, Hapakat Maubah Status Perkawinan, Hadiah Perkawinan dari Disdukcapil, KIA KU BAWA DISKON KU DAPAT, SIMPUN (Sinde Muhun Pelayanan Uras Dinun), Hadiah Kelahiran dan TRC PAMASI (Tim Reaksi Cepat Penyelesaian Dokumen Kependudukan Untuk Masyarakat yang Mengalami Musibah).

“Sebagai Informasi Kabupaten Kapuas memiliki jumlah penduduk 417.403 jiwa dan 132.661 jumlah kepala keluarga yang tersebar di 17 kecamatan, 214 desa dan 17 kelurahan sesuai Data Agregat Semester II 2020, dengan luas wilayah dan banyaknya jumlah penduduk tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas berinovasi langsung Jemput Bola Pelayanan Perekaman KTP Elektronik serta dokumen-dokumen kependudukan lainnya,”ucap Sipie.

Sipie juga menyampaikan bahwa mulai Tahun 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas melaksanakan Inovasi SIMPUN yang dalam Bahasa Dayak nya disebut Sinde Muhun Pelayanan Uras Dinun yang artinya Sekali Turun Disdukcapil ke Desa-Desa, Masyarakat mendapatkan semua Dokumen Kependudukan.

“Kegiatan ini melibatkan 2 (dua) bidang sekaligus yaitu bidang Dafduk dan Pencapil, dimana masyarakat selain melakukan perekaman KTP EL, pembuatan serta pencetakan Kartu Keluarga, masyarakat juga bisa mendapatkan akta-akta pencatatan sipil mulai dari akta kelahiran, perkawinan sampai akta kematian, dan ini kita langsung cetak di tempat,”tambah Sipie.

Kegiatan kunjungan ini dilanjutkan dengan peninjauan ruangan pelayanan, pojok bermain anak, ruang operator dan ruang perekaman KTP Elektronik serta ruang Laktasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas dan diakhiri dengan foto bersama. (dukcapil/hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Cegah Pemudik, 6 Titik Posko Dipintu Masuk Bengkayang Disiagakan

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Pemerintah Kabupaten Bengkayang mendirikan enam titik Posko untuk mencegah terjadinya Arus mudik yang …