UMPR Jalin Kerjasama dengan Tiga Perguruan Tinggi dan LPP RRI

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya menandatangani naskah kerjasama dengan 3 (tiga) Perguruan Tinggi dan 1 (satu) Lembaga Penyiaran Publik. Penandatanganan naskah kerjasama itu berlangsung pada Kamis (22/4) di Gedung Rektorat Lt. 3 Kampus Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR). Tiga Perguruan Tinggi itu antara lain Universitas Kristen Palangka Raya (UNKRIP), Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP), dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Palangkaraya. Adapun Lembaga Penyiaran Publik yang diajak bekerjasama pada kesempatan ini adalah Radio Republik Indonesia (RRI) Palangka Raya.

Rektor UMPR Dr. Sonedi, M.Pd, yang didampingi oleh Wakil Rektor II Ika Safitri Windiarti, S.T., M.Eng., Ph.D, mengatakan penandatanganan MoU ini menandai awal kerjasama diantara kelima Institusi tersebut.

“Hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi kesemua pihak untuk mengembangkan dan memajukan institusi dan lembaga masing-masing,” ujar Dr. Sonedi, M.Pd pada Kamis (22/4).

Lebih lanjut Dr. Sonedi, M.Pd mengemukakan bahwa bentuk kerjasama ini didasari oleh keinginan saling menunjang dan membantu dalam meningkatkan kualitas sumber daya, kelembagaan, dan pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi serta kegiatan penyiaran di lingkup LPP RRI Palangka Raya, sehingga dilakukan kerjasama atau MoU. Rektor berharap kerjasama ini bermanfaat dan terus berlanjut.

“Semoga dengan kerjasama ini dapat memperkuat silaturrahmi dan membawa kemajuan serta peningkatan mutu bagi kesemua pihak,”tutur Rektor UMPR.

Dalam kerjasama ini, terdapat beberapa poin yang disepakati salah satunya adalah pelaksanaan program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

“Dalam merealisasikan program khusus Kemendikbud Merdeka Belajar, Kampus Merdeka itu salah satunya harus ada MoU baik itu antar perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Yang pada dasarnya nanti bisa dimanfaatkan untuk melakukan baik itu magang, PKL dan seterusnnya. Sehingga, mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih dalam di bidang yang digelutinya,”jelas Dr. Sonedi, M.Pd.

Lebih lanjut, Ia juga mengharapkan agar kerjasama yang dilaksanakan tidak hanya sebatas MoU saja, bahkan terus berlanjut hingga ke perjanjian Kerja Sama.

“Yang dilaksanakan kita pada hari ini adalah bagian dari momentum untuk bisa melaksanakan kerjasama ini, walaupun kerja sama ini hanya sebagai payung besarnya saja tetapi yang menjadi penggerak dari kerjasama ini adalah PKS. Inilah mudah-mudahan apa yang kita tandatangani ini tidak hanya sebatas kita menandatangani MoU saja, tetapi sampai mengarah kepada tindak lanjut itu yaitu dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS),”harapnya.

Dr. Benius, MM. Rektor UNKRIP mengatakan, tujuan dari dilakukannya kerjasama ini adalah untuk mempererat hubungan antar perguruan Tinggi dan LPP dengan menyertakan beberapa program untuk meningkatkan mutu dan mengembangkan serta memajukan institusi kesemua pihak khususnya terkait pengembangan Program Catur Dharma Perguruan Tinggi dan Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar.

Budhi Widodo, SH., M.H selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya dalam sambutannya, sangat menyambut positif dengan adanya jalinan kerja sama ini.

“Sekali lagi kami menyambut baik, terus terang ini juga bentuk anjuran Kementerian Agama sebenarnya, untuk bisa selalu bersama-sama dalam rangka mewujudkan moderasi beragama juga kemudian yang tidak kalah penting adalah bagaimana mewujudkan tugas pokok perguruan tinggi, yaitu Tridharma Perguruan Tinggi dan tadi terkait dengan bagaimana program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, itu juga perlu kita persiapkan,” ungkap Budhi Widodo, SH., M.H., Kamis (22/4/2021).
Sementara itu Suparno, M,Kom, yang saat diwawancarai mengucapkan terima kasih atas adanya kerjasama tersebut. Disebutkannya, dipilihnya UMPR menjadi mitra karena UMPR adalah Universitas yang terbaik di Kalimantan Tengah.

“Tujuan dari MoU ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya, kelembagaan sesuai fungsi dan wewenang kesemua belah pihak,”ujar Suparno, M.Kom.

Sementara, Kepala LPP RRI Palangka Raya, Ida Ayu Evi Handayani, SH, MH mengapresiasi UMPR yang mau bekerjasama dengan RRI sebagai Media Patner. “Saya berterimakasih kepada Rektor UMPR, Dr.Sonedi, M.Pd yang mau melibatkan RRI sebagai media patner, Kita siap dukung sepenuhnya,”tutur Evi.

Turut hadir dalam acara Penandatanganan MoU tersebut antara lain Rektor UMPR (Dr. Sonedi, M.Pd.),Wakil Rektor II UMPR (Ika Safitri Windiarti, S.T., M.Eng., Ph.D.), Rektor IAHN-TP yang diwakili oleh Wakil Rektor III (Budi Widodo, S.H., M.H.), Rektor UNKRIP (Dr. Benius, MM), Wakil Rektor I UNKRIP (Dr. Bambang S.), Wakil Rektor III UNKRIP (Miming Virganinda, M.T.), Ketua STMIK Palangkaraya (Suparno, M.Kom.), Kasubag Humas dan Kerja sama STMIK Palangkaraya (Catharina Elmayantie, M.Pd.), dan Kepala LPP RRI (Ida Ayu Evi Handayani, S.H., M.H.). (ujang/ery-SB).

Check Also

DKI Jakarta Alami Lonjakan Covid-19, Anies Baswedan Peringatkan Agar Tidak Ada Kerumunan Di Wilayahnya

JAKARTA, suaraborneo.com – DKI Jakarta mengalami lonjakan kasus virus Corona (COVID-19). Gubernur Anies Baswedan memperingatkan …

//phaurtuh.net/4/4267251
error: Off