DPC BAGUNA Banjarbaru Berbagi

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Rabu 5 Mei 2021 Jam 17.30 Wita, Pengurus Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) DPC Kota Banjarbaru Bersama Seluruh Anggota, mengadakan Bagi-Bagi Takjil berbuka puasa untuk pengguna jalan.

Didi Ijadul Mujadidi Ketua Baguna DPC Kota Banjarbaru menyampaikan, Kegiatan Bagi-Bagi Takjil itu diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar yang sedang diperjalanan menjelang waktu berbuka puasa, baik yang pulang kerja atau sedang dalam perjalanan jauh. Pelaksanaan bagi-bagi takjil hari ini kurang lebih terbagikan 120 paket takjil dan dibagikan di sekitar Jl. A. Yani dan Jl. STM Kota Banjarbaru, melihat banyak pengendara dan masyarakat yang belum sampai rumah diwaktu jam hampir buka puasa.

Secara gramatika Arab, “takjil” adalah yang berarti “segera”. Kata ini ditransliterasi dari perintah Nabi SAW untuk menyegerakan berbuka puasa (takjil).

Nabi SAW bersabda, “Manusia senantiasa berada di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim). Terlepas dari persoalan itu, berbagi takjil buka puasa di tengah bahaya Corona yang belum berakhir berbuah pahala. Terkait pahala berbagi takjil buka puasa, Nabi SAW bersabda

“Barangsiapa yang membukakan orang yang berpuasa, ia mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.” (HR. Turmudzi). Jadi ada peluang beroleh pahala ganda, yakni pahala puasa sendiri dan membukakan orang berpuasa.

Dikatakan Dwi Purwanty Ningtyas Sekretaris Baguna DPC Banjarbaru, salah satu isi takjil yang dibagikan hari ini adalah Bubur Kacang Ijo yang identik dengan rasa manis serta ditambah Kurma matang, dan makanan manis lainnyan, sesuai dengan yang disebutkan dalam hadist Nabi Muhammad SAW. Berbuka dengan yang manis seperti yang dikatakan didalam Hadist Nabi Muhammad SAW.

“Biasanya Rasulullah SAW berbuka dengan kurma muda sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada, dengan kurma matang. Jika tidak ada, dengan meneguk beberapa teguk air.” (HR. Abu Daud). Di Indonesia yang manis tidak hanya korma tentunya. Kita bisa memilih berbagi takjil berbuka puasa.

Ketika kita berbagi takjil berbuka puasa, sejatinya kita tidak saja akan mendapatkan pahala ganda. Namun lebih dari itu kita juga berbagi rasa gembira dan suka cita terhadap sesama muslim. Nabi SAW bersabda, “Bagi orang yang berpuasa ada dua kebahagiaan, yakni kebahagiaan ketika berbuka dan ketika berjumpa dengan Tuhannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits ini memberi kita sejumlah informasi. orang yang berbuka puasa memperoleh rasa gembira. Secara manusiawi, kita bergembira karena boleh menikmati makanan dan minuman yang enak dan lezat. Lebih dari itu, bagi orang yang berbagi takjil buka puasa, dia bukan hanya beroleh suka cita saat berbuka puasa, tapi membagi-bagikannya kepada orang lain.
Berbagi takjil berbuka puasa merupakan salah satu ibadah sosial. Dalam ibadah puasa, kita tidak hanya diminta untuk menengadahkan tangan secara spiritual-vertikal ke langit, namun juga membentangkan tangan secara sosial-horisontal di bumi.

Bagi-Bagi Takjil yang dilaksanakan oleh Baguna DPC Kota Banjarbaru (5 Mei 2021) didukung penuh oleh Pengurus DPC Pdi Perjuangan Kota Banjarbaru, yang mana BAGUNA adalah salah satu Badan Partai PDI Perjuangan. (ikhsan/SB)

Check Also

Polwan Polda Kalsel Peringati Hari Jadi Polwan Ke-73

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia ke-73 Tahun …

//stawhoph.com/4/4267251
error: Off