Tak Kantongi Hasil Rapid, Disuruh Pulang Di Perbatasan TTS dan Kupang

NTT, suaraborneo.com – Pelaku perjalanan dari Kupang menuju kabupaten Soe, TTS (, TTU, Beli dan Malaka maupun sebaliknya wajib membawa serta hasil Rapid test antigen. Pasalnya, tepat perbatasan antara kabupaten TTS (Timur Tengah Selatan) dan Kupang dilakukan operasi gabungan guna menekan penyebaran covid-19.

Danramil 1621-01 TTS, Kapten Arah Octovianus Diwi, kepada media ini, menandaskan, operasi ini adalah gabungan antara TNI, Polri, Pol PP, BNPB serta pihak kesehatan. Ini sudah dimulai sejak Jumat, (7/5) hingga selesai perayaan Idul Fitri.

“Tidak memandang siapa siapa yang hendak lewat, bagi yang tidak memiliki surat Rapid test antigen maka disuruh pulang atau putar balik. Rapid test antigen tersebut juga hanya berlaku satu hari,” tandasnya.

Dijelaskannya, operasi ini berlaku 24 jam tanpa jeda, selalu ada anggota yang bertugas bergantian dalam operasi ini.
Sementara itu, Sonet Y. Tode, kepala puskesmas Batu putih, menjelaskan bahwa bagi pelaku perjalanan dari luar yang ingin melakukan perjalanan ke TTS wajib Rapid test antigen.

“Pihak puskesmas Natu Putih juga stand by bergantian menjaga pos perbatasan tersebut. Karena persyaratan mutlak masuk TTS adalah KTP dan hasil Rapid test antigen,” katanya.

Salah satu pelaku perjalanan yang tidak ingin namanya ditulis mengatakan, ia sama sekali tidak mengetahui informasi yang mengharuskan adanya Rapid test antigen menuju TTS.

“Saya terkejut dan kecewa dengan situasi ini karena yang saya tahu itu hanya cek suhu dan masker,” keluhnya.

Pantauan media ini, di lokasi operasi gabungan tersebut, para petugas gabungan tersebut sangat ketat dan tidak membiarkan satu penumpang pun bisa lewat tanpa membawa surat keterangan negatif hasil Rapid test antigen. Banyak kendaraan yang terpaksa putar balik dan tidak bisa melanjutkan perjalanan baik dari Kupang ke Soe maupun sebaliknya. (Albert Baunsele)

Check Also

Pemerintah Kaltara Memperkuat Desa Untuk Maju Dan Sejahtera

KALTARA, SuaraBorneo.com – Mewakili Gubernur Kaltara membuka kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Dinas Pemberdayaan Masyarakat …

//oagnatch.com/4/4267251
error: Off