MUI Kapuas Sholat Gerhana Bulan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kapuas bersama Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Kapuas dan Badan Pengelola Masjid Agung Al Mukarram Kuala Kapuas menggelar pelaksanaan Sholat Gerhana Bulan Berjamaah, Rabu (26/5/2021).

Pelaksanaan sholat yang berlangsung di Masjid Agung Al Mukarram JalanTambun Bungai ini, di pimpin oleh Rois Syuriah NU KH Muchtar Ruslan, S.Pdselaku Imam Sholat dengan Khatib yakni KH Nurani Sarji yang juga Ketua Umum MUI Kabupaten Kapuas. Tampak hadir pula mengikuti rangkaian pelaksanaan sholat, Sekretaris Umum MUI yang juga Ketua ICMI Kapuas Dr H Junaidi, M.AP, M.Kes, Plt Kepala Kemenag Kapuas H Hamidan, MA dan jamaah Masjid.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum MUI Kapuas KH Nurani Sarji menyebutkan tujuan pelaksanana sholat gerhana bulan kali ini untuk mengikuti syariat Islam yang diberikan petunjuk dari Rasulullah SAW.

“Bahwa apabila telah terjadi gerhana, baik itu gerhana matahari maupun gerhana bulan, maka kita disunatkan untuk melaksanakan sholat gerhana. Ini menandakan bahwa semua yang ada dialam semesta ini sudah diatur oleh Allah SWT,” ucapnya.

Ia pun mengingatkan akan pentingnya kesadaran diri bahwa kita semua ini adalah makhluk Allah SWT. “Yang mana memang kita harus banyak meminta ampun dan memuji akan kebesaran Allah SWT,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Rois Syuriah NU KH Muchtar Ruslan mengapresiasi akan antusias masyarakat, khususnya jamaah yang ikut pelaksanaan sholat gerhana bulan ini. “Alhamdulillah, dalam menyambut gerhana bulan ini, kita bersama-sama melaksanakan sholat gerhana bulan, mendengarkan khutbah dan membaca doa-doa dengan baik dan penuh khidmat,” bebernya.

Dengan harapan lanjutnya, semoga semua masyarakat Kabupaten Kapuas diberikan rahmat dan pertolongan serta terhindar dari segala macam bala dan musibah, khususnya pandemi yang hingga saat ini masih belum berakhir.

“Mudah-mudahan semua amal ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT dan dosa-dosa kita diampuni, dan semoga Kabupaten Kapuas selalu aman, indah dan ramah sehingga kehidupan kta dapat berjalan dengan baik,” ujar KH Muchtar Ruslan.

Pelaksanana sholat gerhana bulan ini juga sudah dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan, dimana jamaah yang ikut sholat, harus memakai masker, menjaga jarak dan mematuhi aturan-aturan lainnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Sosialisasi Perda Nomor 02 Tahun 2016 Kepemudaan, Anggota DPRD Fraksi Partai PSI Komisi 10, Eneng Malianasari

JAKARTA, suaraborneo.com – Anggota DPRD Fraksi partai PSI Komisi 10, Eneng Malianasari, S. Sos. terus …

//dooloust.net/4/4267251
error: Off