Kapuas Percepat Imunitas Melalui Vaksinasi Massal

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Vaksinasi massal merupakan arahan langsung dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dalam rangka mempercepat terbentuknya imunitas secara massal di seluruh masyarakat Indonesia.

Belum lama ini kegiatan vaksinasi Massal Covid-19 untuk Lanjut Usia (lansia) telah dilaksanakan di Aula Tingang Menteng Panunjung Tarung Polres Kapuas, dimana pemberian vaksin pada kelompok lansia diharapkan dapat mencegah terjadinya infeksi dan penularan atau mencegah gejala berat yang berakibat fatal, karena lansia termasuk kelompok rentan yang diprioritaskan mendapatkan vaksin Covid-19.

Kegiatan tersebut juga ditinjau langsung Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kasrem 102/Pjg Palangka Raya Kolonel Czi Wakhyono, Kepala Kejaksaan Tinggi (kajati) Provinsi Kalteng Iman Wijaya, Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu Indriaty, Kepala Dinas Kesehatan Apendi, Kepala BPBD Kapuas Panahatan Sinaga, Instansi terkait serta lansia dan pelayan publik di Kabupaten kapuas.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi yang hadir dalam kegiatan itu menjelaskan bahwa sasaran kegiatan vaksinasi ini untuk lansia dan layanan publik yang mana bekerja sama dengan beberapa Puskesmas dalam kota, seperti Pulau Telo, Panamas, Selat serta RSUD untuk turun membantu jalannya kegiatan vaksinasi tersebut.

“Pada kegiatan ini ada 400 orang sasaran yang kita vaksinasi yaitu lansia ada 100 orang, Kementrian Agama (Kemenag) 100 orang, kemudian 100 orang dari Diknas dan 100 orang dari layanan publik dan fungsi dari vaksin ini sendiri untuk membantu masyarakat agar mempunyai daya tahan tubuh terhadap Virus Covid-19,”katanya.

Dirinya pun juga berharap kepada pihak terkait dan masyarakat agar ikut bersama-sama dalam mesosialisasikan vaksinasi ini, sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar bahwa pentingnya vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, ditempat terpisah Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Tri Setya Utami menyebutkan berdasarkan laporan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kapuas per tanggal 30 Mei 2021, lansia yang telah divaksin untuk dosis pertama sudah sebanyak 1165 orang dari jumlah sasaran yakni 30.191 lansia atau telah mencakup 3,86 persen.

“Sedangkan untuk dosis kedua, baru 559 lansia yang sudah mendapatkan vaksinasi atau kisaran 1,98 persen,”tuturnya.

Menurut dr Tri, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan lambatnya program vaksinasi untuk lansia ini, salah satunya masih ada lansia yang takut untuk divaksin akibat termakan berita-berita hoax seputar efek vaksin.(hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Sosialisasi Perda Nomor 02 Tahun 2016 Kepemudaan, Anggota DPRD Fraksi Partai PSI Komisi 10, Eneng Malianasari

JAKARTA, suaraborneo.com – Anggota DPRD Fraksi partai PSI Komisi 10, Eneng Malianasari, S. Sos. terus …

//phaurtuh.net/4/4267251
error: Off