Ribuan Personel Polisi Dikerahkan Amankan Pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2021, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Apel Kesiapan Pengamanan PSU, bertempat di Lapangan Mapolda Kalsel, Kamis (3/6/2021) pukul 09.00 Wita.

Apel tersebut dipimpin oleh Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Moch. Noor Subchan, S.I.K., M.H., Direktur Intelkam Polda Kalsel Kombes Pol Nur Romdhoni, S.I.K., M.H., dan Kabid Propam Polda Kalsel Kombes Pol. Dudy Iskandar, S.I.K., M.H.

“Guna menjamin stabilitas Kamtibmas selama proses PSU, maka Polri siap mengamankan dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelejen maupun penegakkan hukum, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kontijensi,” Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. melalui Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Moch. Noor Subchan, S.I.K., M.H.

Karo Ops menyampaikan bahwa Apel yang dilaksanakan ini untuk mengecek kesiapan personel yang akan melaksanakan pengamanan PSU pada 9 Juni 2021 sesuai dengan jadwal dari KPUD setempat.

Dalam kegiatan ini para Pejabat Utama Polda Kalsel menekankan kepada setiap personel Polri untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya yaitu, menyiapkan mental dan fisik, memetakan setiap kerawanan serta lakukan deteksi dini, tingkatkan hubungan yang baik dengan KPUD, Bawaslu serta unsur lainnya, tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman yang memanfaatkan pelaksanaan PSU.

Kemudian lakukan pengawasan serta pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan pengamanan PSU dan tentunya selalu menerapkan protokol kesehatan karena mengingat situasi masih dalam Pandemi Covid-19.

“Kepada seluruh personel Polri, saya menekankan dan mengingatkan untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan pengamanan PSU,” tandas Karo Ops.

Dia juga mengajak, seluruh personel agar menjadikan Apel ini untuk membangun kerja sama Polri bersama unsur stakeholder terkait dalam menyukseskan PSU yang jujur, adil, bebas dan rahasia guna memilih pemimpin yang terbaik dan tidak KKN.

Untuk mengamankan pelaksanaan PSU Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2021 yang akan berlangsung di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, Kecamatan Sambungmakmur, Kecamatan Alu, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar, serta Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Polda Kalsel mengerahkan sebanyak 2.281 personel. (*/ad)

Check Also

DKI Jakarta Alami Lonjakan Covid-19, Anies Baswedan Peringatkan Agar Tidak Ada Kerumunan Di Wilayahnya

JAKARTA, suaraborneo.com – DKI Jakarta mengalami lonjakan kasus virus Corona (COVID-19). Gubernur Anies Baswedan memperingatkan …

//naucaish.net/4/4267251
error: Off