Komisi KPA BAN Paud & PNF Kalteng Sosialisasi Akreditasi

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pendidikan mendorong seluruh jenjang Satuan Pendidikan (TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, SKB dan PKBM) dalam wilayah Kabupaten Kapuas terakreditasi A. Salahsatu upaya dalam peningkatan akreditasi dan kualitas pendidikan diwujudkan dalam sosialisasi yang digelar, Kamis (3/6/2021) pagi di Aula Disdik Kapuas

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat dihadapan asesor, narasumber dan puluhan peserta sosialisasi dari lembaga TK/PAUD, PKBM dan SKB saat membuka kegiatan menegaskan jika akreditasi sekolah bertujuan untuk memperolah gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu serta menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan.

“Saya harapkan agar pimpinan masing-masing lembaga pendidikan mengikuti secara cermat dan seksama sosialisasi ini. Berbagai instrumen akreditasi, petunjuk teknis, instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung, teknik penskoran dan pemeringkatan hasil akreditasi agar nanti saat divisitasi oleh asesor sekolah/madrasah telah siap” jelas H Suwarno Muriyat.

Hal senada dinyatakan pula oleh Kepala BP Paud dan Dikmas Provinsi Kalimantan Tengah Santoso, datang secara khusus dari Palangka Raya ingin agar lembaga pendidikan di Kabupaten Kapuas semakin berkualitas. “Kami siap memberi bimbingan dan pendampingan kapan saja. Kami ingin lembaga/satuan pendidikan yang Bapak dan Ibu pimpin memiliki akrediasi A,”tegas Santoso.

Masih ditempat yang sama, Hj. Atikah, S.Ag. M.Pd selaku Komisi KPA BAN PAUD dan PNF Provinsi Kalimantan Tengah yang didampingi sejumlah asesor dan narasumber menguraikan kriteria dan perangkat akreditasi. Saat sosilisasi diberikan pula pemahaman yang tepat kepada peserta tentang penggunaan Aplikasi Sispena 2.0 (Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF) yang berbasis web.

Terpisah Kabid Paud dan Dikmas Marce melaporkan, sejak tahun 2015 telah terakreditasi sebanyak 11 lembaga TK, PAUD, PKBM dan LKP selanjutnya di tahun 2016 berjumlah 14 lembaga. “Sepanjang tahun 2018 dalam tahap 1 dan 2 telah terakreditasi sebanyak 71 lembaga serta tahun 2019 sebanyak 86 lembaga namun kebanyakan terakreditasi C dan B hanya ada dua lembaga yang berstatus akreditasi A yakni TK Islam Al Abror dan Pusat Kegiatan Masyarakat (PKBM) Sumber Sejahtera.

“Harapan kami melalui sosialisasi, bimbingan dan pendampingan kepada 80 Satuan PAUD yang merupakan calon sasaran program bantuan penyiapan lembaga untuk pemenuhan Standar Nasional Perndidikan (SNP) Tahun 2020 di Kabupaten Kapuas akan semakin bertambah lembaga yang terakreditasi A,”pungkasnya. (hmsddk/hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

DKI Jakarta Alami Lonjakan Covid-19, Anies Baswedan Peringatkan Agar Tidak Ada Kerumunan Di Wilayahnya

JAKARTA, suaraborneo.com – DKI Jakarta mengalami lonjakan kasus virus Corona (COVID-19). Gubernur Anies Baswedan memperingatkan …

//soaheeme.net/4/4267251
error: Off