Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kalteng

Peringati Hari Donor Darah, RSUD Kapuas Gelar Donor Darah Massal

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kapuas melaksanakan Kegiatan Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati pada tanggal 14 Juni setiap tahunnya.

Pada kesempatan itu, Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dr. Agus Waluyo, MM, melalui Kepala Unit Tansfusi Darah Rumah Sakit dr. Erny Indrawati beserta Tim Kesehatan Donor Darah, yang mana kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan dari UTD RS dan dilaksanakan pada hari, Sabtu (19/06/2021).

Pada kesempatan tersebut dr. Erny menerangkan bahwa peringatan ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan bagi para pendonor di seluruh dunia yang secara sukarela membantu menyelamatkan banyak nyawa yang membutuhkan darah terutama bagi pasien sakit yang sedang dirawat di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo.

Adapun tujuan ditetapkannya Hari Donor Darah Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah dan untuk memberikan apresiasi bagi pendonor darah sukarela yang tidak dibayar atas jasanya menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kesehatan orang lain di seluruh dunia. Selain itu, peringatan ini dilakukan untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya ketersediaan dan penggunaan darah dan produk darah yang aman.

Dijelaskannya pula untuk tahun ini, Hari Donor Darah Sedunia mengusung tema “Give The Blood and Keep The World Beating” yang berarti Donorkan Darahmu Agar Kehidupan Dunia Terjaga. Tema tersebut menyoroti kontribusi penting yang dilakukan pendonor darah untuk menjaga dunia dengan menyelamatkan nyawa dan kesehatan orang lain, khususnya di masa pandemi COVID-19. Tema ini juga merupakan bentuk seruan agar lebih banyak orang di seluruh dunia mendonorkan darah secara teratur, terlebih untuk generasi muda.

“Dari pelaksanaan kegiatan ini, diperoleh 50 kantong darah dengan rincian Golongan Darah A sebanyak 9 kantong, Golongan Darah B sebanyak 18 kantong, Golongan Darah O sebanyak 17 kantong, dan Golongan Darah AB sebanyak 6 kantong. Tema ini juga merupakan bentuk seruan agar lebih banyak orang di seluruh dunia mendonorkan darah secara teratur, terlebih untuk generasi muda,”pungkas dr. Erny. (PromkesRSUDKps/hmskmf/ujang/ery-SB).

 180 kali dilihat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Umum

Populer