Ketua Kwarcab Lantik Mabiran Dan KMD Kecamatan Kapuas Kuala – SuaraBorneo.com
Connect with us

Kalteng

Ketua Kwarcab Lantik Mabiran Dan KMD Kecamatan Kapuas Kuala

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas H. Suwarno Muriyat melantik Camat Kapuas Kuala Inop menjadi Kamabiran Kecamatan paling hilir/pesisir laut, Senin (28/6/2021) pagi di lapangan SMKN 1 Kapuas Kuala di Lupak Dalam.

Upacara dan kursus yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 serta melibatkan taruna maritim SMKN 1 Kapuas Kuala, turut pula dilantik Korwil Bidang Pendidikan Ibramsyah jabat Ketua Harian Mabiran, Danramil, Kapolsek, Kepala KUA dan tokoh masyarakat selaku Anggota Mabiran dan Badransyah menjabat Ketua Kwaran berikut Andalan Ranting setempat untuk masa bakti 2021 – 2024.

Prosesi pelantikan yang ditandai dengan tanya jawab, pengucapan Trisatya, Ikrar dan penyematan tanda jabatan, dirangkai pula dengan pembukaan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka yang diikuti 42 Kepala Sekolah dan Guru SD, SMP dan SMA/SMK sederajat se Kecamatan Kapuas Kuala.

Kakwarcab dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan bimbingan Camat Kapuas Kuala, serta ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana dari seluruh Pelatih dan Pembina Pramuka sebagai cerminan Trisatya dan Dasadarma demi suksesnya KMD yang akan berlangsung selama sepekan.

“Berdasarkan Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 bahwa Pendidikan Kepramukaan merupakan Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) merupakan penanggungjawab kegiatan dan dibantu Pembina Pramuka yang telah memperoleh Sertifikat paling rendah Kursus Mahir Dasar,”tegas H Suwarno Muriyat.

Sementara itu Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kader Pramuka Cabang (Kapusdiklatcab) Gerakan Pramuka Kapuas Sri Candra Nilawati, S.Pd utarakan jika KMD kali ini dirinya didampingi para pelatih Mulyadi, S.Pd, MA, Radiansyah,M.Ag. Drs. Haris Fadilah, M.Pd, Puji Nurwidayati, S.Pd, Ratu MW, S.Pd, Anang Fairuzy, Ketut Witra, Saladri, Gunawan dan H. Agon Ilas, M.Pd selaku Pimpinan Kursus telah membagi tugas para pelatih berkualifikasi dasar dan lanjutan selaku pemateri KMD.

“Pusdiklatcab Kapuas telah merencanakan juga pelaksanaan KMD untuk 15 dari 17 Kwaran menyusul 2 Kecamatan telah melaksanakan yakni Mandau Talawang dan kini di Kapuas Kuala. Semoga KMD melahirkan para Pembina Mahir Dasar yang handal dalam membina Pramuka, serta nantinya berlanjut ke jenjang Kursur Mahir Lanjutan (KML),” jelas wanita berhijab dihadapan peserta kursus,”jelasnya.

Terpisah, Camat Kapuas Kuala Inop selaku Kamabiran usai dilantik menyatakan rasa gembiranya dan selalu siap mendukung kegiatan kepramukaan demi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan saya agar Pengurus Kwaran, Gudep dan Pembina Pramuka se Kecamatan Kapuas Kuala senantiasa meningkatkan peran sesuai tugas pokok dan fungsi sehingga bidang kesehatan, pendidikan, pertanian dan perikanan di kecamatan ini semakin maju dan berkembang,” pungkasnya. (hmsddk/hmskmf/ujang/ery-SB).

Bagikan ke

Kalteng

DPMD Laksanakan Penandatanganan Kerjasama Lounching CMS Dengan PT Bank Kalteng Cabang Kuala Kapuas

Published

on

Penandatanganan perjanjian Lounching Cash Management System (CMS) Pemkab Kapuas melalui DPMD dengan PT Bank Kalteng Cabang Kuala Kapuas. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan penandatangan perjanjian kerja sama Lounching Cash Management System (CMS) dengan PT Bank Kalteng Cabang Kuala Kapuas.

Kegiatan bertempat di Hall Rujab Bupati Kapuas Kamis (18/7/2024) dihadiri Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi diwakili Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Romulus sekaligus melakukan Lounching CMS Kadis PMD Kapuas Budi Kurniawan Pimpinan PT Bank Kalteng Cabang Kuala Kapuas Muhammad Rifai dan jajaran sejumlah OPD lingkup Pemkab Kapuas camat serta kades dan perangkat desa se Kabupaten Kapuas.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam sambutannya dibacakan Asisten I Setda Kapuas Romulus mengatakan menjadi sebuah dukungan berharga dengan meningkatnya tranformasi dan akuntabilitas transparansi keuangan desa.

“Karenanya menjadi harapan kita bersama akan mendorong terwujudnya pembangunan desa yang lebih maju,” katanya.

Dikatakan kegiatan ini juga menjadi suntikan semangat tersendiri bagi pemerintah desa dalam membangun desa guna meningkatkan kesejahteraan desa melalui pengelolaan keuangan desa yang profesional efisien dan akuntabel.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan mengatakan kegiatan ini sesuai amanat Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Pasal 2 Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang tata kelola keuangan desa yang mewajibkan transparan dan akuntabel.

“Alhamdulillah kita di Kabupaten Kapuas pada tahun 2024 ini sudah menerapkan berbasis online di seluruh desa. Hari ini Kita sudah lounching untuk seluruh desa di kabupaten Kapuas. Jadi sudah wajib melaksanakan ketika sudah melaksanakan Lounching CMS, ” katanya.

Harapannya lanjut Budi melalui CMS desa – desa menjadi penyelenggara pemerintahan yang profesional lebih transparan disamping juga lebih mudah pertanggungjawaban karena diawasi bersama oleh pemerintah dan masyarakat.

Sementara itu Pimpinan PT Bank Kalteng Cabang Kuala Kapuas Muhammad Rifai mengatakan kegiatan sebagai tindak lanjut dukungan pihak Bank Kalteng berdasar instruksi Pj Bupati Nomor : 400 10.2.2/1478/DPMD/XI/2023 tanggal 14 November 2023 tentang petunjuk pelaksanaan implementasi non tunai di Kabupaten Kapuas.

Dijelaskan layanan produk CMS coporate serta implementasi sistem transaksi non tunai melalui aplikasi tersebut. “Ini sejalan dengan visi misi Bank Kalteng yang selalu mendukung Pemerintah Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah. Oleh karena itu melalui CMS harapannya memberikan kemudahan bagi Pemerintah Desa terkait pengelolaan belanja pada desa di wilayah Kabupaten Kapuas,” tutupnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Paripurna DPRD Kapuas Pendapat Akhir Fraksi Pertanggungjawaban APBD TA 2023 Disetujui

Published

on

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah bersama Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi pada rapat paripurna DPRD Kapuas Senin (15/7/2024). (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas menggelar rapat paripurna ke-9 masa persidangan II tahun sidang 2024 bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Kapuas, Senin (15/7/2024).

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kapuas Ardiansyah didampingi Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes dihadiri Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Forkopimda OPD lingkup Pemkab Kapuas para anggota dewan serta undangan lainnya.

“Agenda rapat paripurna kali ini mendengarkan penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi pendukung Dewan terhadap rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban APBD TA 2023 serta penandatanganan persetujuan bersama terhadap Raperda pertanggungjawaban APBD TA 2023,” kata Ketua DPRD Kapuas Ardiansah.

Sementara itu Pj Bupati Kapuas mengatakan setiap dalam tahapan pembahasan tentunya banyak saran dan pendapat serta masukan-masukan dari anggota dewan yang terhormat demi perbaikan kinerja Pemerintah Daerah dimasa yang akan datang.

Dikatakannya rancangan program daerah tentang pertanggungjawaban anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2023 telah disampaikan Pemerintah Daerah kepada DPRD Kabupaten Kapuas.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Kapuas yang akhirnya menyetujui rancangan peraturan Daerah Kabupaten Kapuas tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2023,” katanya.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menambahkan untuk tahap selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur Kalimantan Tengah untuk di evaluasi sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Kepengurusan DPC LPK-RI Kapuas Masa Bakti 2024-2029 Resmi Dilantik

Published

on

Sekda Kapuas Septedy bersama DPC LPKRI Kabupaten Kapuas. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia (LPK-RI) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah masa bakti 2024-2029 resmi dilantik, Selasa (26/7/2024).

Pelantikan dan pengukuhan bertempat di Aula Ruang Rapat Rujab Bupati Kapuas oleh Ketua DPD LPK-RI Provinsi Kalimantan Tengah Abd T Jahari.

Hadir Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy unsur forkopimda OPD tokoh agama tokoh ada tokoh masyarakat serta para pengurus DPC LPK-RI Kabupaten Kapuas.

Sekda Kabupaten Kapuas Septedy mengatakan suatu lembaga atau organisasi harus jelas fungsi dan manfaatnya agar masyarakat bisa merasakan fungsi dan manfaat dari lembaga itu.

“Kami pemerintah daerah tentu mensupport apa yang menjadi tugas LPK dalam rangka melindungi konsumen juga bagian dari kegiatan nanti yang mensupport pemerintah.

Oleh karena itu dalam hal ini penting perlu dibangun dari LPK ini yaitu melakukan tindakan pencegahan agar produsen baik layanan jasa maupun layanan barang tidak merugikan konsumen,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya atas nama pemerintah mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus DPC LPK-RI Kabupaten Kapuas yang telah dilantik dan dikukuhkan.

Ketua DPD LPK-RI Provinsi Kalimantan Tengah Abd T Jahari menuturkan LPK-RI merupakan lembaga nasional yang sudah berdiri di seluruh Indonesia.

“Lembaga nasional ini dibangun untuk menanggulangi keluhan-keluhan konsumen yang diharapkan dapat menjadi mitra pemerintah dalam hal perlindungan konsumen,” katanya.

Sementara itu Ketua LPK-RI Kabupaten Kapuas Gatner Eka Tarung mengatakan LPK-RI Kabupaten Kapuas siap bekerja sama dengan pemerintah.

“Kalau ada keluhan dari konsumen sampaikan ke LPK-RI kami siap memberikan perlindungan untuk itu,” ujarnya.

Adapun jumlah pengurus DPC LPK-RI Kabupaten Kapuas yang dilantik dan dikukuhkan sebanyak 30 orang dengan Ketua DPC LPK-RI Kapuas Gatner Eka Tarung Wakil Ketua 1 Junaidi L Gaol Wakil Ketua 2 Tommy Saputra dan Sekretaris Aprianus. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pj Bupati Kapuas Hadiri Zoom Meeting Peringatan Hari Anak Yatim

Published

on

Pj Bupati Kapuas Elrin Hardi pada zoom meeting peringatan Hari Anak Yatim. (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri Zoom Meeting peringatan Hari Anak Yatim 10 Muharram 1446 H/2024 M Rabu (17/7/2024).

Zoom Meeting bertempat di Aula Ruang Rapat Rujab Bupati Kapuas diselenggarakan oleh Pemprov Kalteng langsung dari Aula Jayang Tingang (AJT) LT II Kantor Gubernur Kalteng.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Asisten Administrasi Umum Sekda Kapuas Ahmad M Saribi Kepala Kementerian Agama Kapuas H Hamidhan Kabag Kesra Setda Kapuas Mujiono dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan Peringatan Hari Anak Yatim Provinsi Kalteng menyebutkan Bulan Muharam memiliki makna yang sangat mendalam.

“Diman kita diajarkan untuk meningkatkan amal ibadah dan berbuat kebajikan terutama kepada mereka yang membutuhkan seperti
halnya anak-anak yatim dan piatu,” katanya.

Dikatakan umat Islam memperingati Hari Anak Yatim pada tanggal 10 Muharam 1446 Hijriyah untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Tengah untuk terus memupuk rasa persaudaraan dan gotong royong sehingga kita dapat membangun Kalteng yang lebih maju dan sejahtera.

Pada kesempatan itu Pemprov Kalteng memberikan santunan serta paket sembako kepada anak yatim piatu se – Kalteng sebagai wujud nyata kepedulian Pemerintah Provinsi. Pemkab Kapuas pun juga ikut dalam penyaluran bantuan. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Wakili Pj Bupati, Asisten III Setda Kapuas Hadiri Lebaran Anak Yatim

Published

on

Kegiatan Lebaran Anak Yatim 2024 (foto/hmskmf)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi diwakili oleh Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Sekda Kabupaten Kapuas Ahmad M Saribi hadiri Lebaran Anak Yatim 2024 yang mana bertepatan pada 10 Muharram 1446 Hijriah.

Kegiatan bertempat di Aula Rujab Bupati Kapuas Selasa (16/07/2024) tersebut juga dihadiri Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi Kakemenag H Hamidhan
Ketua Baznas Kapuas H Ahmad Bahruni dan jajarannya.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan penguatan kelembagaan dan ekosistem zakat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat dan meningkatkan kolaborasi dan sinergitas antara lembaga zakat di Indonesia.

Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Kapuas Ahmad M Saribi mengharapkan kegiatan tersebut menjadi agenda tetap dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas yang bekerja sama dengan Kementerian Agama dan Baznas.

Dikatakan terkait kegiatan ini kalau bisa ada penguatan regulasi karena pemerintah sifatnya regulator. “Jadi kita berharap sudah ada Baznas dikuatkan lagi nanti semacam Peraturan Bupati (Perbup),” katanya.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kapuas H Hamidhan menyampaikan pada hari ini lebaran anak yatim yang dilakukan serentak oleh Kementerian Agama dan stakeholder terkait secara nasional berjumlah 2.077.000 anak yatim yang diberikan santunan.

Dikatakan adapun anak yatim yang diambil dari beberapa sekolah dan hampir keterwakilan dari semua sekolah yang ada di Kabupaten Kapuas khususnya
di perkotaan. “Jumlahnya sebanyak 300 anak yatim,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Pilkada Damai, Kesbangpol PWI dan Ormas Gelar Coffe Morning

Published

on

Pelaksanaan Coffe Morning Kesbangpol PWI dan Ormas. (foto/istimewa)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kapuas menggelar Coffe Morning bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kapuas dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) se Kabupaten Kapuas, Selasa (26/7/2024).

Kegiatan bertempat di Rumah Makan Buli Lewu Jalan Jepang Kuala Kapuas dalam rangka menjalin silaturahmi dan memperkuat sinergisitas dalam berperan menuju sukses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai serentak 2024 Kabupaten Kapuas.

Hadir mewakili Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Sekretaris Daerah Kapuas Septedy Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Sekda Kapuas Romulus Dandim 1011/klk Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto Kepala Badan Kesbangpol Kapuas Yunabut dan Ketua PWI Kapuas Sri Hayati beserta pengurus anggota serta Ormas.

Sekretaris Daerah Kapuas Septedy dalam sambutannya mengatakan terjaganya keamanan dan kondusifitas menjelang Pilkada nantinya merupakan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kapuas.

“Melalui kegiatan ini kita bersepakat agar penyampaian informasi kepada masyarakat dapat selalu bersifat positif, sehingga pastisipasi masyarakat untuk memilih nanti meningkat dan tidak menimbulkan gejolak maupun perpecahan,” katanya.

Kepala Badan Kesbangpol Kapuas Yunabut mengatakan tujuan digelarnya kegiatan Coffe Morning ini selain untuk bertemu langsung dengan ormas-ormas juga untuk menyatukan sinergisitas suksesnya Pilkada.

Sementara itu Ketua PWI Kapuas Sri Hayati mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Kesbangpol sebagai tindak lanjut surat Mendagri terhadap PWI terkait stabilitas pelaksanaan Pilkada serentak dan peran pers itu. (Ujg/SB).

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Sebagai Penjabat Bupati, Erlin Hardi Sampaikan Surat Usulan Pengunduran Diri

Published

on

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi. (foto/Suhaili)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Teka teki Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi akan maju sebagai bakal calon bupati dalam pemilihan Pilkada serentak Kabupaten Kapuas tahun 2024 kini terjawab sudah.

“Iya benar kalau surat usulan pengunduran diri sudah saya sampaikan ke Pemprov Kalteng dan Kemendagri sesuai batas akhir tanggal 17 Juli ini untuk kemudian menunggu proses selanjutnya,” katanya ketika dikonfirmasi wartawan Rabu (17/7/2024).

Dikatakan terkait usulan pengunduran dirinya sebagai Penjabat Bupati Kapuas untuk siap maju berkontestasi dalam Pilkada Kabupaten Kapuas.

Meski begitu sebut Erlin Hardi semuanya kini tengah berproses sesuai ketentuan perundangan berlaku karena pada prinsipnya mengikuti mekanisme itu.

Lebih lanjut dikatakan terkait pelaksanaan pemerintahan tentu terus berjalan. “Oleh karena itu akan ada Penjabat Bupati Kapuas yang baru nantinya meneruskan,” ujarnya.

Seperti diketahui Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah mengeluarkan surat pengantar Nomor/ND/II.I/PEM- OTDA terkait sejumlah Penjabat Bupati di Kalteng yang akan maju dalam Pilkada serentak tahun 2024.

Ini menindak lanjuti Surat Menteri Dalam Negeri tanggal 16 Mei 2024 Nomor 100.2.1.3/2314/SJ Hal Pengunduran Diri Penjabat Gubernur Penjabat Bupati/Penjabat Walikota Yang Akan Maju Dalam Pilkada Serentak Nasional Tahun 2024.

Adapun yang mengajukan surat usulan pengunduran diri sebagai Pj Bupati di Kalteng yakni Penjabat Bupati Lamandau Lilis Suryani Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Pj Bupati Katingan Saiful dan Pj Bupati Sukamara Kaspinor. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Komisi II DPRD Konsultasi ke DPRD Kalsel Terkait Pengelolaan Pasar

Published

on

Komisi II DPRD Kapuas saat konsultasi ke DPRD Provinsi Kalsel. (foto/hmsdprdkps)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Komisi II DPRD Kapuas melaksanakan konsultasi dan koordinasi ke DPRD Provinsi Kalsel terkait pengelolaan pasar, Kamis (11/7/2024).

Dalam kegiatan ini Komisi II diketuai H Ahmad Baihaqi beserta anggota diterima
Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian Penelaah Teknik Kebijakan DPRD Provinsi Kalsel Siti Aminah.

Menurut Ketua Komisi II DPRD Kapuas H Ahmad Baihaqi dari hasil di dapat setelah melaksanakan konsultasi dan koordinasi pasar yang paling populer di Kalimantan Selatan adalah Pasar Apung di Banjarmasin.

“Pasar Apung menjadi salah satu ikon pariwisata di Banjarmasin. Pasar Apung mampu bertahan dari tahun 1526 sampai
sekarang,” katanya

Lanjutnya ini karena pelestarian budaya dari daerah tersebut jadi di Kalimantan Selatan tidak meninggalkan keberadaan pasar budaya kuno walaupun dengan semakin berkembangnya keberadaan pasar moderen di Kalimantan Selatan.

“Keuntungan yang didapat ada dua yakni pertama beraneka macamnya perkembangan pasar tradisional dan pasar moderen. Kedua bertumbuhnya perkembangan pariwisata di Kalimantan Selatan terutama Banjarmasin,” katanya menambahkan. (Ujg-SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Kalteng

Komisi II DPRD Kapuas Konsultasi Pengelolaan Pasar ke Kota Banjarbaru

Published

on

Komisi II DPRD Kapuas pada konsultasi ke Kota Banjarbaru Kalsel. (foto/hmsdprdkps)

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Komisi II DPRD Kapuas melaksanakan konsultasi dan koordinasi terkait pengelolaan pasar ke Dinas perdagangan Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (12/7/2024).

Ketua Komisi II DPRD Kapuas H Ahmad Baihaqi beserta anggota diterima UPT Pengelola Pasar Banjarbaru Abdul Malik Iberahim.

Ketua Komisi II DPRD Kapuas H Ahmad Baihaqi menjelaskan dalam pertemuan ini pasar di daerah Kota Banjarbaru merupakan bagian dari Disperindag selain itu juga termasuk bidang pasar perindustrian dan metrologi.

“Sedangkan pengadaan pasar murah masuk ke bidang perdagangan barang-barang
dari hasil industri lokal namun diseleksi dan akan ditempatkan atau dijual di galeri pusat oleh- oleh di Banjarbaru,” katanya.

Dikatakan pula produk unggulan di Banjarbaru ada bermacam-macam seperti sasirangan tas rajut kerajinan purun kayu ulin dll.

Kemudian produk dari Kayu Ulin bisa dibuat menjadi berbagai macam hal diantaranya sendok wancuh dapat dibeli di galeri milik Dinas Perdagangan.

Dia melanjutkan dari hasil peninjauan langsung keadaan Pasar Bauntung di Kota Banjarbaru terdapat keseimbangan penjualan yang merata seperti penjualan bahan pangan sembako dan industri lokal.

Ditambahkan terkait keadaan harga barang di pasar terbilang cukup stabil tidak mahal dan tidak terlalu murah.

“Hal ini dikarenakan lancarnya pemasok produk dari berbagai daerah termasuk beras anjir dari Kuala Kapuas sayur dari Banjarbaru ikan segar dan ternak dari berbagai daerah termasuk kain tas baju celana dari berbagai daerah,” ujarnya. (Ujg/SB)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer