Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kaltara

Wagub Inginkan ASN Pahami Instrumen Negara

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Dalam rangka meningkatkan kinerja perangkat daerah dalam penerapan budaya kerja, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Biro Organisasi mengadakan kegiatan Sosialisasi Penilaian Awal Budaya Kerja, Penilaian Kinerja Perangkat Daerah dan Kinerja Individu di lingkungan Pemprov Kaltara pada Kamis, 1-7-2021

Kegiatan Sosialisasi ini diselenggarakan di Ruang Serbaguna Gedung Gadis dan diikuti oleh peserta dari seluruh instansi di wilayah Bulungan. Tampak hadir pada acara ini Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah Provinsi, Inspektur Provinsi Kaltara, dan Kepala Biro Organisasi. Mewakili Gubernur Kaltara, Wakil Gubernur Yansen TP, memberikan arahannya kepada para peserta.

Dalam arahannya, Yansen meminta kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik. Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai penyelenggara negara memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menggerakkan esensi kelembagaan di Provinsi Kaltara. dan “Kita (ASN) ini adalah penyelenggara negara, kita ini adalah unsur negara, kita ini adalah representasi daripada negara,” jelasnya.

Sehingga baginya, seluruh ASN memiliki peran penting dalam menggerakkan roda pemerintahan. Oleh karena itu ia berharap ASN harus dapat memahami makna dari pemerintah yang ideal yakni ASN yang siap melayani, bekerja secara efektif dan efisien serta mendorong pemberdayaan masyarakat.

“Ketika Provinsi Kaltara ini terbentuk, visinya adalah bagaimana masyarakat Kalimantan Utara dapat merasakan nikmatnya pembangunan daerah ini,” ujarnya.

Karena itu, Wagub berharap semua komponen pemerintahan harus bersinergi atau tidak berjalan sendiri serta harus memiliki semangat bekerja sama supaya roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan. Caranya, dengan melaksanakan pola kerja yang benar untuk mengimpelementasikan fungsi yang tersirat dalam undang-undang (UU) maupun peraturan,.“Seperti halnya, Gubernur dan Bupati adalah satu kesatuan, untuk bersama-sama membangun Provinsi Kaltara,”jelasnya.

Oleh sebab itu, Wagub meminta agar ASN dapat berlari lebih kencang, dengan membangun semangat kerja tim, Pelaksanaan penilaian kinerja perangkat daerah dan kinerja individu ini diharapkan dapat menjadi sebuah evaluasi bagi perangkat daerah dan juga ASN khususnya terhadap budaya kerja yang baik ketika melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di lingkungan Pemprov Kaltara.

“Sangat penting dan sangat mendasar bagi kita untuk membentuk dan melakukan budaya kerja ini agar kita (ASN) betul-betul fokus menjalankan fungsi dan peran kita dengan baik,” paparnya.

Mantan Bupati Malinau ini juga mengatakan bahwa budaya kerja yang baik ini merupakan sebuah model yang jika dikembangkan akan menjadi sebuah inovasi pemerintah dalam membentuk budaya kerja yang positif, maka “Kerjakan dengan sebaik-baiknya, kerjakan dengan motivasi, kerjakan dengan yakin, pasti akan ada pencapaian,” pesannya.

Mengakhiri arahannya, ia pun berpesan untuk bersama-sama berjuang membangun budaya kerja dengan output yang dapat berdampak pada masyarakat. Dengan begitu potensi yang ada di Kaltara pun dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

“Karena ini merupakan strategi yang kita harapkan menjadi pondasi perjalanan pemerintah Provinsi Kalimantan Utara kedepan, bukan sekedar temporer,” tutupnya. (mnd)

 111 kali dilihat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Umum

Populer