Athaillah Hasbi Sosialisasikan Perda Kalsel Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Daerah

Athaillah Hasbi Sosialisasikan Perda Kalsel Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan

Published

on

BARABAI, suaraborneo.com – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Athaillah Hasbi, S.Sos, SH fraksi Par2tai Golkar menggelar sosialiasi Peraturan (Sosper) Peraturan Daerah Kalsel Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan

Bertempat di Balai Desa Ayuang KM 5 Barabai Hulu Sungai Tengah pada Senin 05 Juli 2021.

Sosper adalah kegiatan rutin kedewanan di DPRD Kalsel dengan menghadirkan Narasumber Taufik Rahman, M.Pd ( Pendidik ) Fahriansyah, S.Pdi ( Pendidik ) dan dimoderatori oleh Muhammad Aini, S.Sos

Dalam kegiatan ini Athaillah Hasbi Anggota DPRD Kalsel yang juga terpilih dari dapil Kalimantan Selatan IV meliputi : Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan Tapin ini menyampaikan Sebagai berikut :
Sosialisasi Perda ini merupakan program pemerintah dan penting diketahui seluruh masyarakat karena bingung terkait aturan.

Asas hukum itu jelas, segala sesuatu produku hukum masyarakat wajib tahu dan terikat pada aturan itu makanya kita lakukan sosper agar masyarakat bisa tahu.

Melalui Sosialiasi Perda Kalsel Nomor 3 tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan ini kami mengajak kepada pemerintah dan masyarakat saling mendukung demi terciptanya peserta didik yang unggul dalam menempuh pendidikan ditingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Hadirnya Perda ini bertujuan meningkatkan kompetensi belajar secara mandiri, menciptakan peserta didik yang unggul dalam persaingan baik regional, nasional maupun global.

Sementara dua orang nara sumber memaparkan sebagai berikut :
Pendidikan merupakan salah satu urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, dan diselenggarakan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan untuk mewujudkan sistem Pendidikan. Oleh karena itu Perda pendidikan tersebut harus bersifat komprehensif dimana isinya mencakup berbagai hal dan harus menyesuaikan dengan kondisi local serta sejalan dengan visi dan misi RPJMD yaitu memasukkan ciri khas daerah didalamnya serta lebih memperhatikan pendidikan agama, perguruan tinggi, muatan lokal.

Disamping itu Penyelenggaraan Pendidikan di Wilayah Provensi Kalimantan Selatan hendaknya harus ada aturan mengikat sehingga pendidikan bisa lebih teratur dan lebih baik lagi.

Lembaga Pendidikan juga wajib mengutamakan keamanan, kebersihan, kesehatan, kepedulian, berbudaya lingkungan hidup, memberikan jaminan, memenuhi, menghargai akan hak-hak anak serta melindungi anak dari kekerasan, diskriminasi, bullying, dan tindakan salah lain.

Sekolah sebagai Lembaga penyelenggara Pendidikan harus mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak serta dapat mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati, bekerjasama untuk kemajuan dan semangat perdamaian.

Harapan kita dengan adanya Perda Nomor 3 Tahun 2017 Tentang penyelenggaraan Pendidikan ini nantinya sasaran dan tujuan anggota DPRD untuk bisa membantu pendidikan di Provinsi Kalimantan Selatan menjadikan pendidikan yang lebih berkualitas dan terjangkau untuk semua kalangan bisa tercapai, hak-hak anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak bisa sama rata baik sekolah negeri dan swasta.

Pemerintah daerah kabupaten/kota hendaknya betul-betul serius melakukan persiapan dan pembinaan terhadap Sekolah Ramah Anak (SRA), Sekolah Adiwiyata maupun Sekolah Sehat baik yang di kementerian Pendidikan maupun Madrasah yang berada dibawah binaan kementerian agama.
Kegiatan ini dilaksanakan prokes yang ketat. (hrs-sb)

Bagikan ke

Daerah

Truk Batu Bara Terbalik di Jalan Lingkar Tol Kapar-Walangsi Barabai

Published

on

Satu Unit Truk Batu Bara Terbalik. (Foto/Ist)

BARABAI, SuaraBorneo – Satu unit truk bermuatan batu bara kembali terbalik di Barabai tepatnya di Jalan Lingkar Tol Kapar-Walangsi pada Jumat (05/04) sekitar pukul 18.25 WITA.

Insiden ini menggegerkan warga sekitar karena kejadian itu terjadi di jalan provinsi yang cukup Rame Arus lalu lintasnya.

Hingga saat ini, truk batubara yang terbalik masih berada di badan jalan dan batu bara yang dimuat tumpah di bahu jalan, menyebabkan arus lalu lintas di Jalan Walangsi-Kapar mengalami kemacetan.

Pengakuan dari warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkapkan bahwa mereka kaget mendengar suara benturan keras, tetapi tidak mengetahui penyebab pasti kejadian tersebut.

“Tidak tahu persis, hanya mendengar bunyi benturan cukup keras,” ujar saksi mata (warga).

Warga juga menyatakan bahwa saat truk tersebut terbalik, sopirnya berada di dalam truk, tetapi saat ini tidak terlihat lagi. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.
‘Mobilnya dari arah Tanjung menuju ke arah Banjarmasin, tapi tidak tahu pasti kemana,” ungkap seorang warga (nama tidak mau disebutkan).

Hingga berita ini diturunkan, unit truk tersebut masih belum dievakuasi, dan penyebab pasti terjadinya kecelakaan tersebut belum diketahui. Pihak berwenang sedang melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengungkap kejadian ini. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Teror! Buaya Kembali Muncul di Dekat Dermaga Wisata Pantai Batakan Baru Tanah Laut

Published

on

Penampakan buaya di sekitar dermaga wisata di Pantai Batakan Baru beberapa waktu lalu. (Foto/Ist)

PELAIHARI, SuaraBorneo.com – Lebaran atau Idul Fitri 1445 H hanya menyisakan waktu beberapa hari lagi. Pada libur lebaran nanti terutama hari kedua diprediksi bakal banyak wisatawan yang rekreasi di Pantai Batakan Baru sebagaimana pengalaman tahun-tahun sebelumnya

Namun sejak kabar kemunculan buaya buaya di perairan sungai dan laut di Desa Batakan dan Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan “teror” hewan predator itu menghantui warga dan wisatawan.

Kebijakan cepat langsung diambil Pemkab Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), menyikapi kemunculan buaya tersebut .

Mencegah hal tak diinginkan, pengunjung di pantai tersebut dilarang berenang.”Kalau cuma bermain di pesisirnya saja tidak apa-apa. Kalau berenang tidak kami izinkan,” ucap Pj Bupati Tala H Syamsir Rahman, kepada wartawan beberapa waktu lalu. (Sumber: Baritopost)

Ia menegaskan hal itu seusai memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pam Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah di halaman Stadion Pertasi Kencana di kawasan Jalan A Syairani, Pelaihari.

Syamsir mengatakan pelarangan tersebut diberlakukan demi keselamatan pengunjung pantai di Batakan.

Pasalnya, baru-baru ini dirinya mendapat laporan ada kemunculan sembilan ekor buaya di wilayah setempat.

Biasanya sebagian wisatawan berenang. Mengingat adanya kemunculan buaya dua hari lalu dan pekan lalu juga ada nelayan yang disambar buaya di Sungai Tanjung-Batakan, maka pihaknya pada momen libur lebaran nanti melarang wisatawan berenang.

“Supaya jangan sampai berulang kejadian seperti itu, ada korban yang diserang buaya,” tandas Syamsir.

Lebih lanjut ia mengatakan terkait pemusnahan buaya tidak bisa dilakukan sembarangan.

Ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan bersama BKSDA dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Langkah awal yang dapat dilakukan yakni menghindarkan pengunjung dari risiko negatif serangan buaya yakni melalui pelarangan berenang.

Dikatakannya, nanti juga ada petugas yang ditempatkan di Pantai Batakan untuk memastikan tidak ada pengunjung yang berenang.

Kemunculan buaya di perairan laut Pantai Batakan dan sekitarnya di Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), merisaukan banyak pihak.

Apalagi Pj Bupati Tala H Syamsir Rahman mengatakan mendapat informasi yang menyebutkan baru-baru ini terpantau kemunculan sembilan ekor buaya di perairan Batakan.

Namun menurut pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel, jumlah buaya yang terpantau belakangan ini di perairan Batakan dan sekitarnya tak sebanyak itu.”Berdasarkan pemantauan tim di tempat yang sama dan waktu yang sama, (hanya) dijumpai dua ekor,” sebut Plh Kasi Konservasi Wilayah I Pelaihari Debi Imam Saputra

Ia mengatakan jenis buaya tersebut yakni buaya muara yang berada di sekitaran muara Sungai Tanjungdewa-Batakan.

Ukurannya ia katakan sekitar dua hingga tiga meter. Sedangkan satu ekor lainnya berukuran sekitar dua hingga dua setengah meter

“Perjumpaan (buaya) terlihat sorotan dua pasang mata pada malam hari sekitar 23.00 Wita,” papar Debi

Terkait kemunculan buaya pada Senin sore hingga petang di sekitar dermaga Pantai Batakan Baru, Debi menduga buaya tersebut adalah buaya yang sebelumnya terpantau berada di Sungai Tanjungdewa-Batakan.

Sebagai informasi, jarak dermaga Pantai Batakan Baru dengan muara Sungai Tanjungdewa-Batakan memang tak begitu jauh, hanya sekitar 250 meter.

Kemunculan buaya di pesisir Pantai Batakan Baru di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, pun tak lantas disikapi secara berlebihan seperti penutupan objek wisata berjarak 40 kilometer dari Kota Pelaihari tersebut.

“Nanti pengunjung libur lebaran tetap diperkenankan masuk objek wisata (Pantai Batakan Baru). Hanya tidak dibolehkan berenang,” tegas Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Tala Muhammad Syahid

Tak cuma itu, pihaknya juga melarang pengunjung menjamah air di pesisir pantai milik Pemkab Tala tersebut. Pasalnya, hal tersebut juga tetap berisiko terhadap serangan buaya.

Dengan kata lain meski pengunjung tidak berenang, tetap tak dibolehkan bermain hingga memasuki perairan di pesisir pantai setempat.

Teknisnya, jelas Syahid, nanti pihaknya akan memberi batasan di bibir Pantai Batakan Baru. “Akan ada tanda-tanda peringatan dan petugas yang menjaga di dekat batasan tersebut,” tandas Syahid.

Pejabat eselon II ini mengatakan itulah langkah yang akan diterapkan di Pantai Batakan Baru menyikapi kemunculan buaya di perairan setempat dua hari lalu.”Kalau di Pantai Takisung akan kami lihat dan analisa lagi,” tandas Syahid.

Sebagai informasi, Pantai Batakan Baru dan Takisung adalah objek wisata milik Pemkab Tala. Namun letak kedua pantai ini cukup jauh, sementara hingga saat ini tidak pernah ada kabar kemunculan buaya di Pantai Takisung.

Bagaimana dengan wisata pantai milik swasta/warga? “Himbauan dan pemberitahuan juga kami sampaikan agar masing-masing waspada,” pungkas Syahid. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

BRI Gunungsitoli Berikan Bingkisan Lebaran Kepada PNS dan Prajurit Lantamal TNI AL Nias

Published

on

BRI Gunungsitoli memberikan paket Lebaran kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan TNI AL. (Foto/Ist)

GUNUNGSITOLI, SuaraBorneo.com – BRI Gunungsitoli memberikan paket Lebaran kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan TNI AL yang berlokasi di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan pada Rabu (3/4/2024).

Kegiatan ini juga di adakan di seluruh Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Jedwal Sabah selaku Pemimpin Cabang Pembantu BRI Teluk Dalam menyerahkan secara simbolis bingkisan lebaran berupa sembako tersebut kepada DanLanal TNI AL Nias, Kolonel Laut Wishnu Ardiansyah, S.E.,M.Tr.Hanla.,M.M.,CHRMP

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan kesejahteraan Prajurit dan PNS, terlebih dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI AL serta TNI, kepada bangsa dan negara”, ujar Jedwal Sabah, Pincapem SBO Teluk Dalam dalam sambutannya.

Sementara DanLanal TNI AL Nias, Kolonel Laut Wishnu Ardiansyah, S.E.,M.Tr.Hanla.,M.M.,CHRMP juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada BRI yang telah memberikan bingkisan untuk PNS dan prajurit Lantamal TNI AL Nias.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BRI Gunungsitoli atas pemberian bingkisan berupa sembako ramadhan kepada PNS dan prajurit TNI AL Nias. Semoga kerjasama antara TNI AL dan BRI semakin erat dan bermanfaat bagi kesejahteraan prajurit TNI AL.,” tutupnya. (red)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Perempuan Lansia Tewas Diterkam Buaya

Published

on

Mengangkatan korban saat dievakuasi dalam keadaan tewas diterkam buaya karena ada bekas luka gigitan. (Foto/Dok.Polres)

KOTABARU, SuaraBorneo.com – Perempuan lanjut usia yang hilang saat berada di bantaran sungai Desa Bangkalaan Melayu, Kelumpang Hulu, 30 Maret 2024, ditemukan kondisinya dalam keadaan sudah tak bernyawa. Korban ditemukan sekitar jam 07.30 wita. Dugaan kuat korban diterkam buaya. Karena ada bekas luka gigitan.

Kapolsek Kelumpang Hulu, Ipda Agus Setiawan menyampaikan perihal perempuan menjadi korban itu bernama Radiah (67), alamat Bangkalaan Melayu, Rt 001, Rw 001.

Korban dilaporkan hilang sekitar jam 06.00 wita pagi saat beraktifitas di sungai belakang rumah korban.

“Nah sekitar jam. 06.15 wita, saksi AN, ketika akan pergi ke warung tidak melihat keberadaan korban dan hanya melihat cucian piring berada dititian kayu,” kata Agus.

Saksi curiga bahwa korban terjatuh ke sungai, namun tetap berusaha mencari korban ke bantaran sungai, rumah dan warung namun korban tidak ada.

Saksi lain KA, ternyata mendengar bunyi suara sesuatu tercebur ke sungai yang mana keberadaan saksi berada sekitar 30 meter dari lokasi kejadian.

Peristiwa ini pun dilaporkan ke pihak desa dan pihak berwajib. Dilakukan pencarian dengan penyusiran sungai menggunakan perahu ketinting dibantu warga.

Sekitar jam 17.28 wita pencarian membuahkan hasil, korban ditemukan sekitar 2 KM dari TKP.

“Saat ditemukan korban dalam keadaan meninggal dunia serta ditemukan beberapa mata luka terbuka yaitu pada bagian lutut kaki kanan, bagian paha kaki kiri dan pada bagian betis kaki kiri, kuat dugaan akibat digigit atau diterkam Buaya,” Agus menerangkan. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

BRI Kisaran Gelar Syukuran Selesainya Renovasi Banking Hall

Published

on

Branch Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran, Fajrul Haq. (Foto/Ist)

KISARAN, SuaraBorneo.com – Bank BRI Branch Office Kisaran senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh nasabah. Dalam rangka Ramadhan serta menyambut Idul Fitri 1445 H, kami telah mengantisipasi berbagai kebutuhan transaksi nasabah melalui Banking Hall yang baru selesai direnovasi dan diresmikan kemarin, bertepatan dengan acara Buka Puasa Bersama Branh Office Kisaran bersama Anak Yatim dan Kaum Dhuafa.

Demikian disampaikan Branch Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran, Fajrul Haq kepada awak media di Kisaran, Selasa (2/4/2024).

Fajrul Haq menambahkan, melalui banking hall yang lebih luas dan nyaman tersebut nantinya akan mampu mengantisipasi kebutuhan layanan perbankan menjelang dan saat masa lebaran.

“Alhamdulillah, dengan Banking Hall yang lebih luas dan nyaman ini nantinya dapat mempermudah pelayanan prima kepada nasabah, sebab transaksi dalam periode ramadan hingga menjelang lebaran ini diprediksi akan mengalami peningkatan seiring mobilitas masyarakat yang membutuhkan layanan perbankan,” terangnya.

Di samping itu, Fajrul Haq juga menyebut antisipasi lonjakan transaksi dilakukan pada layanan e-channel seperti EDC, ATM, dan CRM BRI. Selain itu, nasabah juga dapat menikmati layanan keuangan digital Agen BRILink yang tersebar di seluruh wilayah supervisi Bank BRI Branch Office Kisaran.

“BRI terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas jaringan IT dan memastikan tidak ada gangguan saat terjadi lonjakan transaksi. Jaringan IT BRI telah disiapkan semaksimal mungkin guna meminimalisir gangguan yang ada. Seluruh layanan electronic banking dapat diakses secara normal oleh nasabah di momen Ramadhan dan Idul Fitri nanti. BRI Kisaran juga mengimbau nasabah agar dapat bertransaksi secara cashless dan memaksimalkan transaksi perbankan secara digital,” pungkas Fajrul Haq.

Seremoni peresmian selesainya renovasi Banking Hall Bank BRI Branch Office Kisaran dilakukan oleh Branch Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran, Fajrul Haq dilakukan dengan pengguntingan pita. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Gelar Buka Puasa Bersama, BRI Kisaran Santuni Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Published

on

Buka Puasa Bersama yang dihadiri anak-anak Yatim dan kaum dhuafa ini, mereka disambut dengan hangat oleh Branch Office Head dan seluruh pekerja Bank BRI Branch Office Kisaran beserta supervisinya. (Foto/Ist)

KISARAN, SuaraBorneo.com – Dalam suasana bulan suci Ramadhan yang penuh berkah serta semangat kebersamaan dan peduli sesama, Bank BRI Branch Office Kisaran menggelar acara Buka Puasa Bersama dengan anak-anak Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa, bertempat di kantor Bank BRI Branch Office Kisaran di Kisaran, Senin (1/4/2024) sore.

Pada acara Buka Puasa Bersama yang dihadiri anak-anak Yatim dan kaum dhuafa ini, mereka disambut dengan hangat oleh Branch Office Head dan seluruh pekerja Bank BRI Branch Office Kisaran beserta supervisinya dengan menyiapkan hidangan berbuka untuk dinikmati bersama.

Branch Office Head Bank BRI Branch Office Kisaran, Fajrul Haq menyampaikan, selain fokus pada pelayanan nasabah, BRI juga berkomitmen untuk selalu berbagi dan peduli terhadap masyarakat, terutama anak-anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan bantuan, perhatian dan kasih sayang.

“Alhamdulillah, dengan berbagai macam hal yang kami alami dalam melayani nasabah, tetapi kami juga harus menyeimbangkan diri dengan kerohanian. Jadi di bulan Ramadhan yang suci dan penuh berkah ini, BRI Kisaran ingin berbagi kepada anak yatim dan dhuafa serta memperkuat silaturahmi dengan berbuka puasa bersama, ” ujar Fajrul Haq.

Lanjut Fajrul lagi, dalam kegiatan buka puasa bersama ini, seluruh pekerja Bank BRI Branch Office Kisaran selain ingin meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, juga menumbuhkan empati kepada sesama. Sehingga dengan beriman, akan meningkatkan integritas pekerja dalam bekerja melayani nasabah.

“Pada hari ini yang merupakan momen buka puasa bersama BRI Branch Office Kisaran bersama anak yatim dan kaum dhuafa ini terasa sangat istimewa dan membahagiakan, karena kita dapat berbagi serta memberikan santunan kepada mereka yang membutuhkan ” ungkap pria yang akrab disapa Pak Pinca ini.

Fajrul Haq berharap dengan kegiatan buka puasa bersama ini dapat semakin meningkatkan kualitas keimanan dan memperkuat tali sialturahmi antar insan BRIlian.

“Puasa Ramadhan yang dijalankan ini semoga bisa lebih meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Buka puasa bersama ini juga untuk memperkuat tali silaturahmi dan persaudaraan seluruh insan BRIlian Cabang Kisaran,” pungkasnya.

Kegiatan buka puasa bersama diisi dengan tausiyah, doa, pemberian santunan serta ditutup dengan buka puasa bersama. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Di Kotabaru, Hj Raudatul Jannah Berbagi Kebahagiaan Paket Bantuan Safari Ramadhan 1445 H

Published

on

Aksi sosial ini dipimpin langsung Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor. (Foto/Adpim)

KOTABARU, SuaraBorneo.com – Bertepatan hari ke-7 Ramadhan 1445 Hijriah, TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan menggelar sunatan massal, pemberian paket sembako, dan bantuan untuk anak remaja dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Safari Ramadhan, Senin (18/03/2024) di Gedung Dojo Lemkari Kodim 1004/KTB di Kotabaru.

Aksi sosial ini dipimpin langsung Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Kalsel.

Turut hadir, Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Fatma Idiana dan jajarannya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1004/KTB, dan pejabat terkait lingkup Pemkab Kotabaru.

Hj. Raudatul Jannah menyebutkan, safari ramadhan dijadwalkan berlangsung di 13 kabupaten kota secara bergiliran bersinergi dengan pemerintah kabupaten kota.

Tahun ini, dilakukan pada lima daerah yakni  setelah di Kabupaten Kotabaru, akan berlanjut ke Tabalong Rabu (27/03/2024), Hulu Sungai Selatan Kamis (28/03/2024), Barito Kuala pada Selasa (02/04/2024), dan diakhiri di Tanah Laut, (03/04/2024).

“Kegiatan ini merupakan wujud kasih sayang TP PKK terhadap  masyarakat Kalsel, termasuk masyarakat di Kabupaten Kotabaru,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan berupa paket untuk kader PKK, untuk tumbuh kembang anak dalam rangka mewujudkan provinsi layak anak (provila) dan program kabupaten kota layak anak (KLA), ditambah paket untuk peserta sunatan gratis berupa sarung, peci dan makanan ringan dan susu.

“Terima kasih atas dukungan dinas terkait dan TP PKK Kabupaten Kotabaru yang memfasilitasi kegiatan sehingga bisa terselenggara dengan lancar,” ujar Raudatul Jannah.

Pada kesempatan itu, masyarakat Kotabaru diingatkan juga agar warga waspada DBD, apalagi saat ini tengah musim hujan yang berpotensi meluasnya perkembangan biakan nyamuk penyebab penyakit ini.

Pencegahan ujarnya dapat dilakukan dengan tindakan 3 M plus yakni Menguras tempat penampungan air,  Menutup tempat-tempat penampungan air, dan Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

“Diperiksa juga jika ada jentik di genangan air, dan melakukan tindakan pencegahan seperti pemberian bubuk abate pada bak mandi dan lainnya,” pesan istri Gubernur Kalsel ini.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Fatma Idiana menyampaikan terima kasih, yang menjadikan daerahnya sebagai kegiatan perdana Safari Ramadhan TP PKK Kalsel tahun ini.

Kegiatan yang dilaksanakan ini ujarnya, merupakan wujud nyata kepedulian TP PKK Kalsel  kepada masyarakat Kabupaten Kotabaru yang membutuhkan perhatian bersama.

Selain itu, kegiatan juga merupakan momentum yang sangat baik untuk menjalin dan mempererat silaturrahmi antara pengurus  TP PKK provinsi dengan kabupaten.

“Tingkatkan terus kebersamaan dan kolaborasi di antara kita, serta untuk dapat memberikan energi positif dan semangat bagi kita dalam menjalankan tugas pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat,” ajaknya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Di Ponpes Nurul Hijrah Jorong, Gubernur Kalsel Sahur Bersama Guru Mukri Yunus

Published

on

Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong Pimpinan KH. M. Mukri Yunus menyambut hangat kedatangan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor. (Foto/Adpim)

PELAIHARI, SuaraBorneo.com – Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hijrah Jorong Pimpinan KH. M. Mukri Yunus menyambut hangat kedatangan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin saat berkunjung ke ponpes pada Kamis (14/3) dinihari.

Kedatangan Paman Birin itu, selain untuk bersilaturahmi sekaligus untuk sahur bersama hari ke-3 Ramadan 1445 H.

Setibanya di kediaman Guru Mukri yang menjadi kesatuan dengan Ponpes Nurul Hijrah, Paman Birin didampingi Sekda Tanah Laut Danial Kifli menuju ke ruang tengah kediaman Guru Mukri.

Sebelum sahur bersama, baik Paman Birin dan Guru Mukri pun berbincang hangat.

Pada kesempatan itu, Paman Birin secara khusus menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan dan doa para ulama Banua, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 dan kondisi Kalsel secara umum aman.

“Alhamdulilah, dinihari ini Ulun bisa bersilaturahmi sekaligus sahur bersama Guru Mukri. Ulun sampaikan terimakasih kepada Guru Mukri dan para ulama Banua, atas peran dan doanya, Banua kita terjaga, aman dan tentram,” kata Paman Birin.

Pada kesempatan itu pula, Paman Birin mendoakan kepada warga Banua yang menjalankan ibadah puasa senantiasa diberikan kesehatan dan lancar berpuasa hingga akhir Ramadan.

Mendapat kunjungan dari Paman Birin untuk silaturahmi sekaligus sahur bersama, Guru Mukri juga sampaikan rasa terimakasih.

“Kami sampaikan juga rasa terimakasihbatas kedatangan Bapak Gubernur. Semoga Paman Birin selalu sehat, panjang umur serta terus bisa berbuat baik untuk Banua,” sampai Guru Mukri.

Sahur dengan penuh kesederhanaan itu menyajikan menu lalapan, dengan ikan dan ayam goreng dengan sambal terasi menjadi hidangan sahur Guru Mukri dan Paman Birin. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Daerah

Panti di Tala Ini Mulai Tertatih Ayomi Anak Yatim

Published

on

Habib Said Jafar Assegaf menunjukkan nomor telepon panti asuhan yang ia kelola. (Foto/Ist)

PELAIHARI, Suaraborneo.com – Sejak berdiri puluhan tahun silam, Panti Asuhan Tuntung Pandang di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), tetap survive hingga sekarang.

Namun sejak beberapa tahun terakhir kemampuan finansial lembaga sosial ini terus mengalami penurunan. Pihak pengelola panti itu pun kini mulai tertatih mengayomi anak-anak asuhnya.

Informasi dihimpun Senin (4/3/2024), uang yang mengalir dari donasi dermawan mulai sering tak mampu menutupi biaya operasional.

Pada sisi lain, keperluan tak pernah berkurang. Bahkan cenderung naik seiring bertambahnya usia anak asuh yang juga makin banyak kebutuhannya.

Saat ini tercatat sebanyak 23 anak asuh yang diayomi panti asuhan yang berada di Desa Atuatu, Kecamatan Pelaihari, tersebut.

Tujuh orang anak asuh tinggal di asrama panti. Sedangkan 16 orang lainnya di luar asrama panti atau tinggal di rumah keluarga.

Dari tujuh anak asuh yang tinggal di asrama tersebut, dua di antaranya merupakan anak fakir miskin yang dititipkan oleh orangtua lantaran tak sanggup menghidupi.

“Saat ini memang kondisinya sedang turun. Mudah-mudahan kami masih mampu bertahan mengayomi anak-anak asuh,” ucap Habib Said Jafar Assegaf, pengelola Panti Asuhan Tuntung Pandang.

Ia menuturkan kondisi serupa juga dialami rekannya sesama pengelola panti asuhan di luar Tala. Bahkan kemudian akhirnya tutup karena kian seretnya dana.

Lelaki tua ini menyebutkan kas yang ada saat ini di Panti Asuhan Tuntung Pandang juga bisa dibilang kritis karena cuma tersisa Rp 500 ribu.

Jafar menuturkan dalam sebulan biaya operasional yang diperlukan sebesar Rp 10 juta. Namun kadang donasi yang didapat dari dermawan minim.

Contohnya pada Februari hanya ada donasi senilai Rp 4 juta. Untung masih ada tabungan Rp 7 juta sehingga bisa untuk menutupi kekurangan.

Karena itulah kondisi kas atau keuangan saat ini benar-benar dalam keadaan minim. Namun Jafar meyakini rezeki dari Allah SWT selalu ada yang kadang datang secara tak terduga.

Jafar mengatakan bantuan tersebut cukup bermanfaat. Termasuk buku tulis yang memang diperlukan anak-anak asuhnya.

Dikatakannya, juga telah ada dua perusahaan yang menghubungi dan meminta data jumlah anak asuhnya. Mereka berencana akan memberi bantuan pada bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah nanti.

Satu perusahaan tambang dari wilayah Kintap dan satunya lagi perusahaan dari Banjarmasin. Jafar mengatakan pihak yang sering membantu justru lebih banyak dari luar Tala.

Lebih lanjut Jafar mengatakan luas lahan panti asuhan yang ia kelola lumayan luas yakni hampir empat hektare. Jika ada dana, dirinya ingin kembali berkebun maupun beternak. [*]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer