Dukung Pengetatan PPKM Mikro, Pemprov Lakukan Disinfeksi Massal – SuaraBorneo.com
Connect with us

Kaltara

Dukung Pengetatan PPKM Mikro, Pemprov Lakukan Disinfeksi Massal

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara melakukan penyemprotan disinfeksi massal di sejumlah titik fasilitas umum, Kamis (8/7).

Di antaranya pelabuhan speedboat, pasar, perkantoran dan jalan umum yang kerap dilintasi masyarakat. Penyemprotan yang dilakukan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltara ini dimulai pukul 08.30 Wita.

Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang melalui Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Kaltara Suriansyah mengatakan penyemprotan dilakukan mulai hari ini hingga 20 Juli mendatang.

Jadwal tersebut berdasarkan kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Perekonomian terhadap Pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di 43 kabupaten/kota di Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Bulungan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ini salah satu bentuk dukungan kita (Pemprov, Red) kepada Pemkab Bulungan yang ditetapkan sebagai salah satu daerah pengetatan PPKM Mikro,” jelasnya usai memimpin apel kegiatan penyemprotan di Lapangan Agatis, Tanjung Selor.

Suriansyah selama vaksinasi berlangsung, para petugas diimbau tetap menjaga etika saat melakukan penyemprotan. Misalnya jangan langsung melakukan penyemprotan saat ada kerumunan orang.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap jaga kesehatan. Patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Termasuk yang sudah divaksin, karena tidak ada jaminan bagi yang sudah divaksin,” imbuhnya.

“Saya berharap kegiatan penyemprotan disinfektan mendapat respon positif dan kerja sama yang baik dari masyarakat. Karena ini untuk kepentingan kita bersama, bukan sekelompok orang melainkan untuk kita semua,” pinta Suriansyah. (mnd)

Bagikan ke

Kaltara

Sambut Audiensi Kemenkum HAM, Pemprov Sambut Pembangunan Kanwil Kaltara

Published

on

Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Asisten Administrasi Umum Setda, Pollymaart Sijabat, SKM.,M.AP menerima langsung audiensi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkum HAM RI). (Foto/Ist)

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Asisten Administrasi Umum Setda, Pollymaart Sijabat, SKM.,M.AP menerima langsung audiensi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkum HAM RI) Kantor Wilayah (Kanwil) Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (20/06/24).

Audiensi yang tidak hanya dari Kanwil Kaltim juga dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), dan Kemenkum HAM RI ini adalah dalam rangka persiapan pembentukan Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Kaltara.

Membuka sambutannya, Pollymaart menyambut baik kedatangan rombongan ke Bumi Benuanta. “Atas nama pimpinan kami menyambut baik keinginan untuk membangun kantor Kemenkum HAM di Provinsi Kaltara. Karena dalam urusan produk dalam daerah atau Peraturan Gubernur, kami sangat membutuhkan dukungan,” katanya.

Menurutnya, dengan kehadiran Kanwil Kemenkum HAM di Kaltara ini dapat mempermudah proses pembuatan produk hukum terutama pada efesiensi waktu.

“Kita ketahui bersama, jika mengacu pada peraturan yang ada akan memakan waktu yang begitu banyak. Itu kebiasaan normatif yang biasa kami alami sementara produk-produk itu adalah dasar fundamental yang akan kami lakukan untuk melakukan kebijakan-kebijakan di Kaltara ini,” jelasnya.

Selain itu, selaras dengan kehadiran KIPI di wilayah Tanah Kuning-Mangkupadi yang diketahui sebagai perusahaan terbesar di Asia, baginya tentu membutuhkan produk/ penyangga payung hukum.

“Mudah-mudahan apa yang kita harapkan bersama bisa membuat percepatan di Kaltara. Pada prinsipnya atas nama pimpinan kami sangat mendukung progress untuk pembuatan dimulainya pembangunan Kantor Kemenkum HAM,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, ia juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan langsung Deputi Kelembagaan dan Ketatalaksanaan dari Kemenpan RB, Nani Murwati.
Pollymaart menyampaikan bahwa Kaltara mendapatakan WTP 10 kali berturut-turut dalamhal pengelolaan keuangan. Hal ini tidak terlepas dari pemerintah, OPD, dan masyarakat yang telah bekerjasama dan berkolaborasi.

“Dari awal sejak terbentuk tahun 2013, Kaltara mempunyai keinginan agar permasalahan di wilayah ini cepat terselesaikan. Maka melalui visi Gubenur saat ini yakni Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera, kami segenap ASN berubah dulu. Mulai tata kerjanya, tata Kelola, kapabilitas, kemampuan personalitynya juga berubah supaya kita bisa maju,” terangnya.

Ia juga mengatakan banyak hal terlah ditorehkan Kaltara karena itu ia yakin hal ini akan menjadi hal yang positif bagi semuanya. (mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pemprov Apresiasi Pandangan Fraksi DPRD

Published

on

Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Asisten bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM., M.A.P. (Foto/Ist)

TANJUNG SELOR, SuaraBorneo.com – Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Asisten bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM., M.A.P., menyampaikan secara resmi Nota Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggung Jawaban APBD Tahun Anggaran 2023.

Nota Pengantar Ranperda Pertanggung Jawaban APBD Tahun 2023 disampaikan Pollymaart yang digelar di Ruang Sidang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara, Rabu (19/6).

Dalam rapat paripurna ke 17 masa persidangan ke 2 tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kaltara, Andi Hamzah dan Sekretaris DPRD H. Mohammad Pandi, SH., M.AP., serta anggota DPRD Kaltara.

Pollymaart mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara mengucapakan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak terutama dari unsur pimpinan dan anggota DPRD Kaltara atas pencapaian opini WTP ke 10 kali berturut – turut dari BPK.

Turut hadir dalam sidang paripurna tersebut, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta jajaran, unsur forkopimda, perwakilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan tokoh masyarakat.

Mengenai akses pelayanan umum, kesehatan dan pendidikan, Pemprov Kaltara sadar dan terus berupaya untuk konsisten diberikan kepada masyarakat pra-sejahtera di wilayah Kaltara sebagai bentuk hadirnya negara dalam.

menjamin hak – hak hidup warganya.
“Terkait dengan perhatian pembangunan di wilayah perbatasan akan sekali lagi kami pastikan evaluasi dari masukan fraksi terkait pembangunan infrastruktur,” kata Pollymaart. (mddkisp)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Selesai Sholat Idul Adha, Pj Wali Kota Tarakan Serahkan Sapi Kurban Kepada Pengurus Mesjid Baitul Izzah

Published

on

Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H/ 2024 M di Masjid Baitul Izzah. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H/ 2024 M di Masjid Baitul Izzah, Kota Tarakan, Senin (17/6/2024).

Suasana Sholat Idul Adha di Masjid Baitul Izzah diwarnai dengan lantunan takbir yang menggema, mengajak umat Muslim untuk melakukan refleksi dan mengingat kebesaran Allah SWT.

Dalam momentum ini Pj. Wali Kota menyampaikan bahwa umat Muslim selain dianjurkan melakukan sholat sunnah dua rakaat Idul Adha, juga diajak untuk menyembelih hewan kurban, mengikuti perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya, Ismail, yang kemudian digantikan dengan seekor domba.

“Hikmah dari perayaan ini adalah meneladani ketaatan dan ketakwaan Nabi Ibrahim serta menjadi momen untuk melatih keikhlasan dalam berbagi kebahagiaan dengan sesama,” terang Pj. Wali kota.

Pj. Wali Kota dalam sambutannya juga menyinggung makna Idul Adha sebagai Hari Raya Haji, dimana umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Tahun ini, Kota Tarakan sendiri memberangkatkan 153 jamaah haji reguler. “Melalui kesempatan mari kita mendoakan saudara kita yang sedang melaksanakan haji dapat kembali dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur, serta mendoakan agar mereka yang menunggu giliran untuk berhaji diberikan kesabaran dan kelapangan hati,” ucap Pj. Wali kota.

Di akhir sambutannyan Pj. Wali Kota atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kota Tarakan mengucapkan, “selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H minal aidin wal faizin, taqobbalallohu minna waminkum, mohon maaf lahir dan batin.”

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, Pj. Wali Kota melakukan penyerahan sapi kurban kepada pengurus masjid Baitul Izzah.(mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pengukuhan Guru Angkatan lX di Gedung Serba Guna Pemkot Tarakan

Published

on

Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan IX. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan IX Kota Tarakan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan, Selasa (11/6/2024).

Sebanyak 21 orang Guru Penggerak dikukuhkan dalam acara ini dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan proses dan hasil peserta didik.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota menegaskan bahwa program Merdeka Belajar adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru yang bertujuan menjadikan guru sebagai pemimpin dalam pembelajaran.

“Guru penggerak diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik,” ujar Pj. Wali Kota. Ia juga menambahkan bahwa guru penggerak harus mampu menjadi teladan dengan kemampuan dan daya juang yang tinggi untuk membawa perubahan positif di lingkungan sekolah.

Acara pengukuhan ini juga menambah jumlah guru penggerak di Kota Tarakan dari 50 orang menjadi 78 orang. “Pengukuhan ini bukan hanya sekadar penghargaan atas dedikasi dan kerja keras para guru, tetapi juga merupakan bentuk komitmen pemerintah dan masyarakat Kota Tarakan untuk terus mendukung peran para guru penggerak dalam menginspirasi dan membimbing rekan-rekan sesama pendidik,” kata Pj. Wali Kota.

Ia berharap para guru penggerak yang dikukuhkan dapat terus menjadi teladan dan menjaga semangat serta komitmen mereka dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tarakan. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

3 Bulan Menjabat, Penjabat Wali Kota Tarakan Paparkan Capaian Kinerja

Published

on

Penjabat Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri Evaluasi Kinerja Triwulan 1 Penjabat (Pj) Kepala Daerah. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Penjabat Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri Evaluasi Kinerja Triwulan 1 Penjabat (Pj) Kepala Daerah, Senin (10/6). Bertempat di Gedung Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, PJ Wali Kota menyampaikan paparan terkait pencapaian kinerja periode 1 Maret – 1 Juni 2024.

Di hadapan Inspektur Khusus Inspektorat Jenderal, Dr. Drs. Teguh Narutomo, MM, CRGP, CGCAE, CFrA, serta tim evaluator lainnya , dan juga didampingi pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tarakan, Pj Wali Kota menyampaikan pencapaian kinerja tersebut melalui 10 indikator prioritas atas implementasi arahan Presiden RI, Joko Widodo dan 111 indikator penilaian berdasarkan surat Mendagri nomor 800. 1. 14 / 1212/ IJ tentang Undangan Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah Bulan Juni dan Juli Tahun 2024.

10 indikator tersebut antara lain, aspek inflasi, stunting, BUMD, layanan publik, aspek pengangguran, aspek kemiskinan esktrim, kesehatan, penyerapan anggaran, kegiatan unggulan dan aspek Perizinan.

Sementara 111 indikator merupakan penjabaran secara eksplisit untuk pelaksanaan atas 10 indikator prioritas. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Acara Apel Digelar di Islamic Center Bitul Izzah

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., bertindak selaku Pembina Apel Gelar Pasukan pada Jumat, 7 Juni 2024. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., bertindak selaku Pembina Apel Gelar Pasukan pada Jumat, 7 Juni 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Masjid Islamic Center Baitul Izzah dalam rangka simulasi penanganan keadaan darurat yang meliputi kebakaran, tumpahan minyak, evakuasi masyarakat, dan aksi demonstrasi di area Tarakan Field.

Dalam amanatnya, Pj.Wali Kota menegaskan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan dalam menangani berbagai keadaan darurat. Keamanan dan keselamatan adalah perioritas utama kita bersama, dan melalui latihan ini kita dapat meminimalisir risiko dan dampak yang mungkin timbul dari kejadian darurat ungkap Pj. Wali Kota.

“Saya memberikan apresiasi atas langkah PT Pertamina EP Tarakan Field dan BPBD Tarakan, Satpol PP Tarakan, TNI, Polisi, dan seluruh stakeholder terkait dalam mengadakan kegiatan ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, sebagai bentuk apresiasi terhadap PT. Pertamina Hulu Indonesia Regional 3 Zona 10 Tarakan Field, Pj. Wali Kota menyerahkan piagam penghargaan atas peran aktif dalam mendukung pelestarian keanekaragaman hayati serta penanaman pohon endemik Kalimantan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Balikpapan

Rapat Kerja Nasional XVI Apeksi Dibuka Langsung Presiden RI

Published

on

Pj. Wali Kota Tarakan Dr. Bustan bersama Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud. (Foto/Ist)

BALIK PAPAN, SuaraBorneo.com – Pj. Wali Kota Tarakan Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang berlangsung di BSCC Dome Balikpapan, Selasa (4/6/2024).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, mengucapkan selamat datang kepada para peserta yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Apeksi, Eri Cahyadi.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pada tahun 2045, diperkirakan 70% penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan, yang mengakibatkan beban kota menjadi sangat berat. “Rencana kota secara detail harus dimiliki di seluruh Indonesia sehingga kita tidak memiliki kota yang mencekam karena penganggurannya banyak. Semua kota harus menciptakan kota yang nyaman dan aman untuk ditinggali,” kata Presiden.

Presiden juga menambahkan bahwa kota masa depan haruslah ramah lingkungan, nyaman, serta aman. Kota-kota harus menjadi tempat yang hijau dan ramah untuk pejalan kaki serta pesepeda, sehingga memberikan kenyamanan bagi seluruh warganya.

Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan paparan dari Kementerian Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian. (mdhmd)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Upacara Hari Lahir Pancasila di Pimpin Pj Wali Kota Tarakan

Published

on

Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan pada Sabtu (1/6/2024). Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh masyarakat, termasuk pimpinan perwakilan kementerian dan lembaga negara, Komandan Satuan TNI/Polri tingkat Provinsi Kaltara, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) Kota Tarakan.

Dalam sambutannya, Dr. Bustan menyampaikan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Yudian Wahyudi. Pidato tersebut menyoroti pentingnya Pancasila sebagai dasar negara yang mempersatukan bangsa Indonesia dengan segala keberagamannya. “Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK,” ucap Dr. Bustan.

Tema peringatan tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini menekankan peran Pancasila dalam menyatukan bangsa menuju 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat. Dr. Bustan menekankan bahwa Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang mengandung nilai-nilai luhur seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong yang harus terus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut, Dr. Bustan mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan. “Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja dan dirasakan kehadiran serta manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tegasnya. Ia juga menekankan pentingnya keteladanan dari para pemimpin dan rakyat dalam mencerminkan semangat Pancasila.

Mengakhiri pidatonya, Dr. Bustan mengajak seluruh peserta upacara untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila dan menjaga kerukunan serta keutuhan bangsa. “Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Kaltara

Pelepasan Kafilah MTQ Tingkat Provinsi 2024 Kaltara, Dihadiri Pj Wali Kota Tarakan

Published

on

Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara pelepasan kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Utara ke-IX tahun 2024. (Foto/Ist)

TARAKAN, SuaraBorneo.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., menghadiri acara pelepasan kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Utara ke-IX tahun 2024 yang diadakan di Masjid Baitul Izzah Kota Tarakan pada Sabtu (1/6/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat daerah, termasuk Sekretaris Daerah Kota Tarakan, para Asisten dan Staf Ahli di lingkungan Setda Kota Tarakan, serta Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Tarakan.

Dalam sambutannya, Dr. Bustan mengungkapkan rasa syukur dan apresiasinya kepada para kafilah yang telah melewati tahapan pembinaan dan siap berkompetisi di tingkat provinsi.

“Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Tarakan, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kafilah yang telah mengikuti tahapan pembinaan dan akan melaksanakan perlombaan di Kabupaten Tana Tidung dari tanggal 9 hingga 14 Juni 2024,” ujar Dr. Bustan. Ia berharap para kafilah dapat mempersiapkan diri dengan baik sehingga mampu memberikan hasil terbaik pada pagelaran MTQ tahun ini.

Dr. Bustan juga memberikan ucapan terima kasih kepada para pendamping yang telah membimbing para peserta dengan serius. Ia mengingatkan pentingnya persiapan mental dan fisik yang baik agar mampu melewati perlombaan dengan sukses, serta menekankan pentingnya doa dan restu dari orang tua serta keluarga. “Siapkan mental dan fisik yang baik, manfaatkan MTQ kali ini sebagai batu loncatan untuk naik ke level pencapaian prestasi berikutnya, baik di tingkat nasional maupun internasional,” tegasnya. (mdhms)

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer