Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kalteng

Wabup Kapuas Apresiasi Webinar Literasi Digital Program Kemenkominfo

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor mengapresiasi dan mendukung program Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mitra jejaring Gerakan Nasional literasi Digital (GNLD) SiBerkreasi untuk menyelenggarakan Webinar Literasi Digital bagi masyarakat Kabupaten Kapuas, dalam rangka meningkatkan partisipasi digital masyarakat dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan digital.

Hal tersebut ia sampaikan, Kamis (8/7/2021) yang mana lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa hal ini sesuai dengan arahan visi Presiden Republik Indonesia untuk juga mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru. Dirumuskan juga dalam empat karangka dalam menyusun kurikulum literasi yaitu digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture.

“Ini merupakan hal baik bagi masyarakat Kabupaten Kapuas dalam meningkatkan pengetahuan dan kecakapan dalam menggunakan dan memanfaatkan media digital secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum,”ungkap Nafiah.

HM Nafiah Ibnor yang juga Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kuala Kapuas itu pun mengajak masyarakat untuk mengikuti Webinar Literasi Digital dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menanggulangi penggunaan teknologi digital oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kapuas.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas H Junaidi mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan mengingat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta internet saat ini sudah semakin masif.

“Pentingnya peningkatan kemampuan dan pemahaman masyarakat dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta internet yang benar melalui implementasi program webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo RI, khusus untuk masyarakat Kabupaten Kapuas ini,” terang H Junaidi.

Kemudian, Kadis Kominfo Kapuas itu mengatakan bahwa kegiatan acara webinar literasi digital itu sendiri akan dilaksanakan secara serentak selama 7 bulan pada tahun ini dengan jumlah pelaksanaan sebanyak 25 kali dengan target sasaran adalah kaum milenial. Adapun waktu penyelenggaraan sampai saat ini masih menunggu informasi dari penyelenggara dan akan disampaikan nantinya kepada masyarakat Kabupaten Kapuas melalui kanal milik Kominfo. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalteng

Dinas Pertanian Gerak Cepat Tangani Kematian Puluhan Ekor Sapi

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) telah melakukan upaya gerak cepat penanganan, kematian puluhan ekor sapi di Kecamatan Mantangai.

“Kami telah melakukan uji laboratorium. Dari hasil sampel uji, kematian puluhan ekor sapi disebabkan virus jembrana dan diare akut,”kata Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Yaya SP kepada wartawan, Jum’at (22/10/2021).

Dikatakan, peristiwa kematian puluhan ekor sapi terjadi dalam seminggu terakhir dan pihaknya sudah turun kelapangan untuk itu.

“Kami sudah melakukan penanganan intensif, dengan cara menguburkan puluhan ekor sapi yang mati tersebut.

Oleh karena itu, dalam hal ini untuk memastikan sapi lainnya agar tak mengalami kematian, pihaknya telah memberikan vitamin, obat-obatan, vaksin guna mempekuat imun tubuh sapi,”jelasnya.

Mantan Camat Basarang ini, pada kesempatan tersebut sekaligus menghimbau, kepada masyarakat mendengar adanya kematian puluhan ekor sapi ini agar tak panik, mengingat tak menular kepada manusia.

Kemudian, tambahnya, para peternak supaya tetap menjaga kebersihan kandang ternak sapi sehingga, nyamuk dan lalat supaya tak berkembang biak. Selanjutnya, memberikan larutan gula merah kepada hewan ternak sapi agar tetap sehat. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Pemkab Kapuas Berikan Kartu BPJS Daerah, Pengobatan Anak Bahagianor

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) memberikan bantuan, kartu BPJS daerah untuk pengobatan anak Bahagianor warga Jalan Kapuas, RW 3 RT 1 Gang 1 Kelurahan Selat Tengah Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas Sabtu (23/10/2021)

Penyerahan kartu BPJS daerah tersebut secara langsung oleh Sekda Kapuas Septedy mewakili Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan Camat Selat, Yaya Setiabudi.

Sekda Kapuas, Septedy menyampaikan, penyerahan kartu BPJS daerah sebagai untuk pengobatan anak Bahagianor saat ini tengah menderita sakit.

Continue Reading

Kalteng

Bupati Kapuas Lantik 29 Pejabat Administrator Dan Pengawas di Lingkup Pemkab Kapuas Dua Camat Definitif

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Sebanyak 29 pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas resmi diambil sumpahnya oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT pada pelantikan yang berlangsung di Aula Bappeda Kapuas Kamis (21/10/2021).

Pelantikan itu dihadiri Sekda Kapuas Drs Septedy M.Si Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas Drs Aswan M.Si OPD serta para pejabat yang dilantik.

Tercatat dari 29 pejabat tersebut baik pejabat admistrator dan pengawas diantaranya dua orang camat yakni Camat Mandau Talawang dan Camat Kapuas Murung yang sebelumnya menjabat pelaksana tugas Plt.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menekankan kepada pejabat yang baru dilantik agar bekerja dengan cepat dalam rangka mempercepat pelayanan masyarakat.

“Bekerjalah dengan penuh tanggung jawab sesuai ketentuan ikhlas tepat waktu dan cerdas sehingga tugas-tugas dapat diselesaikan secara baik,”kata orang nomor satu di Kapuas ini.(ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

DPRD Kapuas Ikuti Bimtek Pedoman Penyusunan APBD 2022 di Bandung

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kapuas mengikuti kegiatan bimbingan tekhnis (Bimtek) sinkronisasi kebijakan perencanaan dan penganggaran serta pendapatan belanja daerah berdasarkan Permendagri nomor 27 tahun 2021 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2022.

Penyelenggaraan Bimtek oleh Universitas Islam 45 Bekasi Provinsi Jawa Barat. Bimtek dibuka secara resmi, di Arya Duta Hotel, Bandung Jawa Barat Kamis (21/10/2021).

Ketua DPRD Kapuas Ardiansah S.Hut melalui rilis resmi yang diterima media menyampaikan sesuai tufoksi DPRD dalam legislasi penganggaran dan pengawasan maka dipandang perlu mengikuti kegiatan Bimtek tersebut

“Bimtek yang kita ikuti ini bertujuan untuk memperdalam dan mempertajam wawasan dan pengetahuan untuk pimpinan dan anggota DPRD” kata Ardiansah.

Menurut Politisi Partai Golkar ini, dari kegiatan Bimtek tersebut tentunya bekal pengetahuan yang didapat bermanfaat dalam tupoksi legislasi pimpinan dan anggota DPRD Kapuas

Ditambahkah Waket I DPRD Kabupaten Kapuas Yohanes ST kegiatan Bimtek yang diikuti agar terlaksana dengan baik dan lancar

“Bekal ilmu yang didapat nantinya bisa diaplikasikan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat serta membawa lembaga DPRD ini menjadi lebih baik.

Plt Sekretaris DPRD Kapuas Drs Yunabut yang turut mendampingi rombongan menyampaikan kegiatan Bimtek ikuti 24 anggota DPRD Kapuas.

“Bimtek dibuka pemateri Profesor Fernandes Simangunsong dan
dihadiri Wakil Rektor Universitas Islam Bekasi, bapak Dr Muhammad Harun Al Rasyid,”katanya. (ujang/ery-SB)

Continue Reading

Kalteng

Perkuat Media Partner, UMPR Sepakat Kerja Sama dengan TVRI Kalteng

Published

on

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Sebagai Kampus terkemuka di Provinsi Kalimantan Tengah tentunya Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) terus bergerak maju untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Terbaru, UMPR sepakat menjalin kerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) Kalimantan Tengah.

Kerjasama ini ditandai dengan adanya penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. dengan Plt. Kepala TVRI Kalteng, Yuliyus Andriansyah, S.E. Kegiatan penandatanganan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Rektorat UMPR pada Kamis (21/10/2021).

Yuliyus Andriansyah, S.E. mengungkapkan bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) ini dilakukan dalam upaya menjalin kemitraan dengan kalangan akademisi, “Adanya penandantanganan ini sebagai bentuk sinergitas kebersamaan, publikasi tidak hanya dilakukan dalam bentuk pemberitaan namun juga mengakomodir kegiatan magang mahasiswa ataupun menjadi narasumber pada beberapa program siaran di TVRI Kalimantan Tengah,”imbuhnya.

Plt. Kepala Stasiun TVRI Kalteng ini berujar bahwa TVRI selaku Lembaga Penyiaran Publik bertugas bukan hanya menyediakan informasi, tapi juga memiliki tugas untuk mendidik masyarakat umum khususnya yang berada di wilayah Kalimantan Tengah.

“Oleh karena itu kami menggandeng UMPR untuk membantu kami dalam memberikan narasi yang positif ke masyarakat. Selain itu, melalui TVRI ini juga kami mewadahi pihak Universitas untuk menyampaikan materi pembelajaran jadi tidak hanya mahasiswa saja yang teredukasi tapi juga masyarakat umum juga,”katanya.

Dr. Sonedi, M.Pd selaku Rektor UMPR mengatakan bahwa MoU yang dilakukan ini merupakan payung hukum untuk kerjasama-kerjasama yang akan dilakukan kedepannya.

“Ada banyak program yang dapat dilakukan oleh universitas untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Sehingga dengan adanya kerjasama ini maka dapat menjadi salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan para akademisi khususnya mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya agar ketika lulus nanti mereka sudah siap bersaing di dunia kerja,”ujar Dr. Sonedi, M.Pd., Kamis (21/10/2021).

Lebih lanjut Dr. Sonedi, M.Pd akan menginstruksikan kepada seluruh Dekan dari 6 Fakultas yang ada di UMPR untuk menindaklanjuti MoU ini dengan melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS).

“Para Dekan tentunya dapat menawarkan kepada para mahasiswa untuk magang ataupun melakukan penelitian di TVRI Kalteng sebagai salah satu contoh kegiatan kerjasama. Adanya kerjasama yang dilakukan tersebut tentunya dapat menjadi nilai tambah bagi Program Studi yang ada di UMPR,”sambungnya.

Di akhir sambutannya, Rektor UMPR Dr. Sonedi, M.Pd tentunya berharap TVRI bisa menjadi media partner dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat di seluruh pelosok Kalimantan Tengah, mengingat luasnya jaringan yang dimiliki TVRI yang mampu menjangkau seluruh penjuru Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah.

“Kita harapkan TVRI menjadi mitra utama kita untuk menyampaikan informasi informasi kepada masyarakat, kita tahu bahwa luas kalimantan tengah adalah satu setengah kali pulau Jawa,”tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan Penandatanganan ini antara lain Plt. Kepala TVRI Kalteng, Yuliyus Andriansyah, S.E. beserta jajarannya, Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd., Dekan FISIP, Irwani, S.Sos., M.A.P., Kaprodi Analis Kesehatan yang mewakili Dekan FIK, Dwi Purbayanti, S.T., M.Si. Kabiro BTIK, Misyanto, M.Pd. dan Kabag KUI, Apt. Evi Mulyani, M.Farm. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

JOTA JOTI Akses Komunikasi Efektif Pramuka

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ada hal menarik dalam kegiatan Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun sebagai kesempatan bagi Pramuka di seluruh dunia untuk berkomunikasi walaupun berada di lokasi geografis yang berbeda-beda.

Pada tahun ini, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas kembali menggelar kegiatan JOTA dan JOTI bagi Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega, yang pelaksanaanya selama tiga hari, dimulai tanggal 15, 16 dan 17 Oktober 2021 di kawasan Sanggar Pramuka Kapuas.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas, H Suwarno Muriyat saat membuka kegiatan tersebut, Jumat (15/10/2021), mengatakan terdapat beberapa tujuan dalam pelaksanaan jambore ini, pertama yakni memperkenalkan kepada anak-anak akan pemanfaatan internet melalui JOTI, sebagai media komunikasi, tidak hanya sesama Pramuka di Indonesia, bahkan diseluruh dunia.

“Harapan kedepan tentunya melalui JOTA dan JOTI ini, Pramuka semakin bagus dalam memanfaatkan internet, etika dalam memanfaatkan media radio amatir sebagai media komunikasi, media informasi dan juga berkreasi,”katanya.

Sementara Orari Lokal Kapuas melalui Bidang Pembinaan, Hj Rietna mengungkapkan, Jambore ini digelar dalam rangka acara tahunan, yang mana Kabupaten Kapuas juga mengikuti setiap tahunnya melalui Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas.

Ketua Panitia Pelaksana, Nathan Satyawada menjelaskan, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan JOTA dan JOTI ini sebanyak 57 peserta yang terdiri dari 27 Pramuka Putra dan 30 Pramuka Putri dari berbagai Kwartir Cabang terdekat. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Pinjol Ilegal, MES Kalteng Dorong Adanya Unit Usaha Syariah

Published

on

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Direktur Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Ir. Edy Setiadi, M.Sc yang juga sebagai Wakil Sekretaris Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pusat ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah mendapat sambutan dari jajaran Pengurus Wilayah MES Kalteng, Selasa (19/10/2021).

Bertempat di Hotel Swiss Bel Danum, Palangka Raya, pihak MES Kalteng yang dihadiri oleh Ketua l, Hj. Norhani, S.Sos, M.AP, Sekretaris Umum, H. Heru Hidayat, ST, Ketua Departemen Humas dan Media, Mohammad Ismail, SE dan kesekretariatan, Dedy Irawan, SH.

Sementara Edy yang pernah menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) MES Pusat didampingi oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Rihando dan Deputi Perwakilan Bank Indonesia, Yudo Herlambang.

Pada kesempatan tersebut, Edy menyampaikan bahwa perkembangan MES dan ekonomi syariah semakin optimis dan diterima banyak kalangan. Hal ini dengan semakin banyak pihak bekerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk kehadiran MES di 15 Negara saat ini.

Karenanya Edy berpesan agar terus membangun sinergi dengan berbagai pihak dan termasuk dengan MES di Provinsi lainnya untuk saling mendukungan program dan kontribusi MES di masyarakat.

“Dalam hal ini mendorong agar Unit Usaha Syariah, Koperasi Syariah, Bank Wakaf, Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) dan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) bisa tumbuh di Kalimantan Tengah sehingga menjadi bagian dari solusi riil di masyarakat dalam mengatasi permodalan dan beredarnya pinjaman online yang saat ini marak, ilegal dan membuat sebagian masyarakat terbebani,”ungkap Edy.

Senada Edy, dalam kesempatan tersebut, Heru menyampaikan sangat mendukung terobosan tersebut dan menjadi masukan berharga yang harus dilakukan di Kalimantan Tengah serta kesiapannya untuk bersinergi dengan berbagai pihak dalam upaya menerapkan sistem ekonomi syariah di masyarakat.

Sementara itu, Rihando memyampaikan bahwa Bank Indonesia sangat mendukung keberadaan dan program MES Kalteng dan terus berupaya untuk melakukan terobosan dan kolaborasi terutama dalam literasi dan edukasi ekonomi dan keuangan syariah. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Anggota Komisi VII DPRD RI Dorong Percepatan Program Penerangan Listrik 60 Desa di Kapuas

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Anggota Komisi VII DPR RI fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) daerah pemilihan Kalimantan Tengah Willy M Yosep berkomitmen mendorong percepatan program penerangan listrik di 60 desa wilayah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal ini disampaikannya usai pertemuan dalam rangka kunjungan kerja reses ke daerah pemilihan bersama Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Wakil Ketua DPRD Kapuas Yohanes Sekda Septedy dihadiri OPD lingkup Pemkab Kapuas sejumlah Camat organisasi masyarakat di Aula Bappeda Kapuas Selasa (19/10/2021).

“Kita dorong percepatan terkait listrik. Karena sejauh ini masyarakat Kalteng masih banyak belum menikmati listrik seperti di wilayah Kabupaten Kapuas,”ujar Willy W Yosep yang membidangi energi tambang pertamina dan PLN ini.

Dikatakan politisi PDIP ini Pemerintah Kabupaten seperti penyampaian Bupati Kapuas terkait program tersebut siap melakukan penyiapan infrastruktur.

Oleh karena itu sebagai tindak lanjut DPR terus mendorong PLN dan pertamina pada tahun 2024 sudah terpasang listrik untuk masyarakat.

Namun terkait ini juga lanjutnya sudah ada 50 desa sudah menikmati listrik tenaga surya baik rumah dan PJU. Harapannya percepatan program 2022 dapat terealisasi.

“Sedangkan kebutuhan BBM sejauh ini Willy tak menjadi masalah karena telah berjalan sesuai ketentuan pemerintah,”ujarnya seraya menambahkan Kalteng terang tercapai dan masyarakat berkecukupan penerangan listirik 24 jam.

Bupati Kapuas Ben Brahim menyampaikan ada 60 desa di wilayah hulu Kabupaten Kapuas yang akan masuk program kelistrikan ini.

Pemerintah Kabupaten Kapuas tentunya berupaya menyiapkan infrastruktur sebagai sarana penunjang sehingga dapat terealisasi dengan cepat. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Kalteng

Bupati Terima Penghargaan Dari Perpustakaan Nasional RI

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando, berikan penghargaan Kepada Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat atas dedikasinya membina dan mengembangankan perpustakaan Gemar Membaca di wilayah kerjanya.

Adapun penghargaan tersebut diserahkan melalui Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas Komari, kepada Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, bertempat di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas. Kamis (16/9/2021).

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengucapkan syukur dan terima kasih atas penghargaan boleh yang diterimanya.

“Saya ucapkan terimakasih atas pengahargaan yang di berikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando kepada saya,”ungkap Ben.

Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas Komari mengungkapkan rasa syukurnya karena pada tahun ini Kabupaten Kapuas di bawah Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas menerima penghargaan tersebut dari Kepala Perpustakaan Nasional RI.

“Penghargaan ini akan memacu dan memberikan semangat kepada kami untuk menjalankan tugas dan fungsi Disarpustaka dalam melaksanakan pelayanan dan pengembangan Perpustakaaan, baik perpustakaan umum daerah maupun desa atau pun kelurahan di wilayah Kabupaten Kapuas dan menjadikan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran sepanjang hayat, tempat berkegitan dan rekreasi masyarakat. Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi,”pungkas Komari. (ujang/ery-SB).

Continue Reading

Populer