Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kalteng

Pemkab Kapuas Persiapkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

Published

on

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Zona Integritas merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada K/L dan Pemda yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Maka dalam rangka percepatan implementasi reformasi birokrasi melalui zona integritas di perangkat daerah diadakanlah rapat koordinasi yang dilaksanakan belum lama ini bertempat di ruang rapat Bupati Kapuas, Jalan Pemuda Km. 5,5 No. 1 Kuala Kapuas.

Agenda yang dibahas di dalam rapat tersebut yakni terdapat 2 poin yaitu Penunjukan Piloting Zona Integritas di Perangkat Daerah dan penyampaian tata cara pembangunan Zona Integritas dan pengusulan predikat WBK.

Acara tersebut di buka oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Drs. Septedy, M.Si, selaku pimpinan rapat tersebut yang dalam sambutannya meminta agar setiap perangkat daerah yang diusulkan dalam penilaian zona integritas dapat terus melakukan perbaikan secara berkelanjutan, sebagai niat dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Dalam acara tersebut juga disampaikan beberapa kriteria atau indikator-indikator penilaian Zona Integritas di perangkat daerah yang di sampaikan oleh Ir. Hery Setiawan selaku Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah.

Dirinya menjelaskan ada 7 tahapan-tahapan pembangunan Zona Integritas di Perangkat Daerah seperti Asistensi Pembangunan Zona Integritas, Perangkat Daerah melakukan pengisian LKE Zona Integritas, Inspektorat melakukan reviu dan penilaian serta rekomendasi perbaikan yang dilakukan, Perangkat Daerah melakukan perbaikan hasil rekomendasi, Bagian Organisasi membuat Surat Pengusulan Perangkat Daerah untuk mengikuti Penilaian Zona Integritas, Bagian Organisasi menginput hasil penilaian ke dalam aplikasi shprbzi.menpan.go.id,dan tahapan terakhir yaitu mengikuti tahapan penilaian dari Kementerian PANRB.

Di dalam rapat tersebut juga di hadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Idie I Gaman, SH dan beberapa perwakilan dari perangkat daerah yaitu Disdukcapil, DPUPRPKP, DPMPTSP, BPPRD, BKPSDM, Disarpustaka, dan Inspektorat. (Setda/hmskmf/ujang/ery-SB).

 127 kali dilihat

Umum

Populer