Sukseskan Program Vaksinasi, 130 Gerai Vaksin Presisi Dibuka Polda Kalsel – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-12

Banjarmasin

Sukseskan Program Vaksinasi, 130 Gerai Vaksin Presisi Dibuka Polda Kalsel

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Untuk menyukseskan salah satu program Pemerintah yakni vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) dan jajarannya membuka gerai untuk pelayanan vaksin.

Sebanyak 130 Gerai Vaksin Presisi dibuka Polda Kalsel sebagai langkah untuk mendukung program Pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 melalui percepatan vaksinasi massal.

“Gerai vaksin ini untuk memfasilitasi masyarakat yang belum disuntik vaksin Covid-19. Gerai dibuka setiap hari kerja dan gratis,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. melalui Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Ubaidillah dalam keterangannya, Senin (19/7/2021).

Berikut jumlah Gerai Vaksin Presisi tersebut : Polda Kalsel 3 Gerai, Polresta Banjarmasin 7 Gerai, Polres Banjarbaru 6 Gerai, Polres Banjar 15 Gerai, Polres Tapin 13 Gerai, Polres HSS 11 Gerai, Polres HST 5 Gerai, Polres HSU 8 Gerai, Polres Balangan 7 Gerai, Polres Tabalong 13 Gerai, Polres Tala 10 Gerai, Polres Tanbu 11 Gerai, Polres Kotabaru 7 Gerai dan Polres Batola 14 Gerai.

“Untuk Polda Kalsel, Gerai Vaksin Presisi bertempat di Bid Dokkes Polda Kalsel, RS Bhayangkara dan Mako Sat Brimob Polda Kalsel,” terang Kabid Dokkes.

Warga bisa memanfaatkan Gerai Vaksin Presisi ini, dengan mendaftar terlebih dahulu melalui online ataupun datang langsung ke lokasi untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

“Jumlahnya 130 Gerai, dan kita juga akan melakukan vaksinasi Covid-19 secara mobile. Bagi masyarakat yang ingin di vaksin bisa datang ke gerai yang disediakan tersebut,” ungkapnya.

Dengan Gerai Vaksin yang mendekatkan kepada masyarakat akan menyadarkan bahwa pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungannya. (*)

Banjarmasin

KPw BI Kalsel Paparkan “Perkembangan Ekonomi dan Kebijakan Bank Indonesia Terkini”

Published

on

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah. Didampingi (kiri) Ekonom Ahli, Kelompok Perumusan Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKDA) Wilayah dan Provinsi, Muslimin Anwar, (kanan) Kepala Divisi Implementasi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Intern (SP PUR & MI), Robi Ariadi, (kanan) Kepala Tim Implementasi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SP PUR), Roy Ramantho Sarwono. (Foto: Ady)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Perkembangan Ekonomi Nasional Pemulihan ekonomi global diprakirakan terus berlanjut meski lebih rendah dari proyeksi sebelumnya seiring ketegangan geopolitik Rusia – Ukraina yang terus berlanjut dan berdampak pada perlemahan transaksi perdagangan, kenaikan harga komoditas, dan ketidakpastian pasar keuangan global, di tengah penyebaran Covid-19 yang mulai melandai.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, memaparkan, perbaikan ekonomi domestik diprakirakan terus berlangsung didukung oleh peningkatan konsumsi, investasi nonbangunan, dan kinerja ekspor, sejalan dengan mobilitas penduduk dan aktivitas ekonomi yang membaik. Sejumlah indikator dini, seperti penjualan eceran, ekspektasi konsumen, dan PMI manufaktur mengindikasikan pemulihan ekonomi domestik terus berlangsung. Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi ditopang oleh kinerja positif berbagai lapangan usaha, seperti industri pengolahan, perdagangan, transportasi dan pergudangan, serta informasi dan komunikasi.

“Untuk keseluruhan tahun 2022, Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi nasional akan mencapai 4,5 – 5,3%. Pertumbuhan ekonomi akan dipengaruhi oleh kinerja ekspor yang terdampak perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan perdagangan dunia yang lebih rendah akibat ketegangan geopolitik Rusia – Ukraina yang masih berlanjut,” beber Imam Subarkah,  Jum’at (20/5/2022).

Respon Kebijakan Bank Indonesia

Dengan pertimbangan atas hal-hal tersebut, Rapat Dewan Gubernur pada Bulan April 2022 memutuskan bahwa Bank Indonesia akan terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut melalui berbagai langkah, antara lain:

Memperkuat kebijakan nilai tukar Rupiah untuk menjaga stabilitas nilai tukar;
melanjutkan implementasi kebijakan makroprudensial yang akomodatif;
melanjutkan kebijakan transparansi suku bunga dasar kredit (SBDK); memastikan kecukupan kebutuhan uang dan kesiapan BI-FAST; melonggarkan kebijakan penyimpanan uang elektronik; dan memperkuat kebijakan internasional, termasuk promosi perdagangan dan menyukseskan Presidensi G20 tahun 2022.

Bank Indonesia juga terus memperkuat kebijakan sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan handal (CEMUMUAH) serta inklusif dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi. Di sisi non tunai, Bank Indonesia terus mendorong inovasi sistem pembayaran termasuk dalam rangka mendukung elektronifikasi keuangan pemerintah dan percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta mendorong akselerasi Ekonomi dan Keuangan Digital (EKD) yang inklusif dan efisien melalui kebijakan sistem pembayaran nontunai antara lain melalui layanan BI-FAST melalui mobile banking  serta meningkatkan komunikasi kepada masyarakat dan lembaga terkait. Sinergi dengan Pemerintah juga terus dilakukan untuk mendorong percepatan digitalisasi pembayaran melalui elektronifikasi bansos, transaksi Pemda, dan transportasi.

Di sisi tunai, Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) pada triwulan I 2022 meningkat 13,58% (yoy). Bank Indonesia memperkuat layanan kas kepada masyarakat melalui implementasi digitalisasi layanan kas keliling (PINTAR), menjaga ketersediaan uang tunai, termasuk tambahan penyediaan uang sebesar Rp27,4 triliun sehingga menjadi Rp202,7 triliun selama periode bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1443H serta memperkuat kerja sama kelembagaan dalam pengedaran uang ke seluruh wilayah NKRI.

Perkembangan Ekonomi dan Inflasi Kalimantan Selatan

Perekonomian Kalimantan Selatan pada triwulan I 2022 tetap tumbuh positif yaitu sebesar 3,49% (yoy), melambat dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,55% (yoy). Perlambatan antara lain disebabkan oleh kinerja lapangan usaha (LU) pertambangan yang terkontraksi sebagai dampak dari pemberlakuan larangan ekspor batubara pada awal tahun 2022. Selain itu, keterbatasan bahan baku TBS akibat faktor trek turut mempengaruhi perlambatan kinerja sektor pertanian dan industri pengolahan, terutama CPO.

Pandemi Covid-19 yang semakin terkendali dan pelonggaran PPKM telah mendorong peningkatan aktifitas perekonomian dan peningkatan permintaan masyarakat. Kondisi ini serta trend/pola musiman selama Puasa dan Hari Raya Idul Fitri, mendorong kenaikan inflasi Provinsi Kalimantan Selatan pada bulan April 2022 menjadi sebesar 1,15% mtm, lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang inflasi 0,93% mtm. Secara year to date, inflasi sampai dengan April 2022 tercatat 2,69%.

Inflasi terutama didorong oleh inflasi angkutan udara sejalan dengan peningkatan permintaan pada periode cuti bersama dan mudik lebaran di tengah kenaikan harga avtur. Selain itu, inflasi juga bersumber dari kenaikan PPN, harga minyak goreng sebagai dampak dari pencabutan HET minyak goreng kemasan dan kenaikan harga BBRT dan BBM nonsubsidi sejalan dengan peningkatan harga migas dunia.

Sejalan dengan peningkatan aktivitas ekonomi, maka tekanan permintaan terhadap barang dan jasa diprakirakan juga meningkat sehingga berpotensi mendorong kenaikan inflasi. Namun kapasitas produksi yang terpasang saat ini masih dapat memenuhi peningkatan permintaan dimaksud sehingga inflasi akan tetap terkendali. Selanjutnya, kami juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk berbelanja bijak sesuai kebutuhan dan tidak melakukan penumpukan stok barang karena pasokan barang terjaga.

Bank Indonesia tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, guna menjaga inflasi agar berada dalam kisaran sasaran 3,0±1% pada 2022.

Transformasi Ekonomi Melalui Hilirisasi SDA

Untuk mendukung pengembangan perekonomian Kalimantan Selatan, transformasi ekonomi menjadi penting dilakukan dengan tujuan meningkatkan daya saing daerah yang memiliki SDA terhadap dinamika global.

Saat ini, struktur ekspor Kalsel yang didominasi oleh SDA seringkali dipengaruhi oleh fenomena Commodity Boom, yaitu peningkatan kinerja ekspor didorong harga komoditas yang tinggi. Di sisi lain, kondisi tersebut juga menyebabkan kerentanan ekonomi terhadap gejolak/volatilitas harga.
Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan penguatan struktur ekonomi Kalsel yang dapat dilakukan melalui transformasi manufaktur. Pertumbuhan nilai ekspor komoditas low, medium, dan high tech manufactures lebih stabil dibandingkan komoditas primer.

Dalam hal ini, dukungan program hilirisasi perlu terus didorong untuk mendukung penguatan manufaktur, antara lain pengembangan gasifikasi batubara, produk oleochemical, mendorong pengembangan industri ban dan aspal karet, serta produk olahan udang.

Pengembangan Pariwisata Sebagai Sumber Pertumbuhan Baru

Dalam rangka menjaga momentum pemulihan pertumbuhan ekonomi dan mendorong penguatan struktur ekonomi Kalimantan Selatan, identifikasi sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru sangat diperlukan. Hasil Growth Diagnostic BI Kalsel, salah satu sektor yang berpotensi dikembangkan adalah Pariwisata berbasis alam dan budaya.

Pemerintah mendorong pemulihan aktivitas pariwisata di masa Pandemi melalui implementasi sertifikat CHSE untuk meningkatkan level of confidence wisatawan dalam berwisata. Hingga akhir 2021, terdapat sebanyak 103 usaha tersertifikasi CHSE di Kalsel. Sertifikasi CHSE pada usaha pariwisata menjadi salah satu pendorong pemilihan aktivitas oleh wisatawan.

Untuk mewujudkan sektor pariwisata sebagai sumber baru pertumbuhan ekonomi Kalsel, koordinasi dan kerjasama antar stakeholder di daerah diperlukan untuk menyiapkan aspek infrastruktur maupun fasilitas pendukung pariwisata. Ke depan, pengembangan pariwisata Kalsel juga perlu diarahkan pada Quality Tourism melalui pengembangan 3A (Atraksi, Aksesbilitas, Amenitas) 2P (Pelaku Usaha dan Promosi).

Perkembangan UMKM, QRIS dan CBP Rupiah

Dalam rangka pengembangan UMKM, Bank Indonesia memfokuskan pada pengembangan klaster pangan dan digitalisasi UMKM. Pengembangan klaster pangan bertujuan untuk mendukung stabilitas nilai Rupiah dalam kerangka pengendalian inflasi baik inflasi nasional maupun inflasi daerah. Sedangkan pengembangan UMKM memiliki sasaran akhir untuk mendorong UMKM yang berdaya saing untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

KPwBI Kalsel melakukan berbagai upaya untuk mendorong UMKM Naik Kelas melalui berbagai program. Dimulai dari peningkatan kapasitas melalui Bantek, pelatihan keuangan, penguatan produk dengan pelatihan packaging dan sertifikasi, dan pendampingan pemasaran digital melalui Karya Kreatif Borneo Tahun 2022 dalam mendukung KKI dan GBBI Tahun 2022.

Beberapa agenda KPwBI Kalsel dalam pengembangan UMKM di 2022 antara lain Karya Kreatif Banua (Mei 2022), Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalsel (Juli 2022) dan Pamor Borneo (Agustus 2022).

Pada tahun 2022 terdapat target penambahan jumlah pengguna baru QRIS secara nasional sebanyak 15 juta. Per posisi Maret 2022, jumlah pengguna QRIS di Kalimantan Selatan sebesar 136.936 atau terdapat 66.181 pengguna baru jika dibandingkan posisi Desember 2021. Hal tersebut juga sejalan dengan jumlah merchant yang terus meningkat, di wilayah Kalsel jumlah merchant QRIS pada Triwulan I 2022 tercatat sebanyak 183.284 dengan dominasi merchant kategori usaha mikro dan kecil.

Sepanjang tahun 2022, KPwBI Kalsel terus melaksanakan kampanye program Cinta, Bangga dan Paham Rupiah. Kampanye tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kualitas uang yang beredar di masyarakat, menjaga masyarakat agar terhindar dari kasus uang palsu, menerapkan uang Rupiah menjadi satu-satunya alat pembayaran di NKRI serta menumbuhkan kecintaan kebanggaan dan pemahaman akan Rupiah. Untuk mencapai tujuan dimaksud, KPwBI Kalsel telah melaksanakan berbagai kegiatan edukasi CBP yang dilakukan di berbagai instansi dan masyarakat baik secara online maupun offline. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Laksanakan Program Tahunan Ramadhan Berbagi Zakat

Published

on

Penyerahan zakat secara langsung kepada mustahik. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalael melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) telah melaksanakan program tahunan yakni Ramadhan Berbagi.

Dalam program tersebut melibatkan Komisaris, Direksi, dan Pegawai Bank Kalsel untuk diserahkan langsung kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat) yang ada disekitar tempat tinggal Pegawai Bank Kalsel.

Dalam program tersebut dana yang telah disalurkan kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat) sebesar Rp 1 (satu) Milyar Rupiah.

“Semoga dengan adanya program tahunan Ramadhan Berbagi yang diinisiasi oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel dapat meringankan beban hidup saudara kita yang kurang mampu di Bulan Ramadhan 1443 H tersebut,” ungkap UPZ Bank Kalsel.

“Bagi para dermawan (donatur) serta sahabat Gen-K yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat,Kalsel infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajaknya menambahkan. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Kodim 1007/Bjm Peduli Lingkungan Bersih dan Sehat

Published

on

Kodim 1007/Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup lakukan jumat bersih di sepanjang Sungai Martapura. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com –  Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya yang dilakukan oleh Kodim 1007/Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup lakukan jumat bersih di sepanjang Sungai Martapura jumat,(13/5/22).

Dalam jumat bersih ini, Kodim 1007/Banjarmasin melalui Koramil jajaranya melaksanakan bersih – bersih di enam titik lokasi yang berbeda yaitu Kelurahan Sungai Lulut, Kelurahan Benua Anyar, Kelurahan Pasar Lama, Kelurah Kelayan Luar Kelurahan Kelayan Barat, dan Kelurahan Mantuil.

Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si. melalui Pasiter Kapten Inf Kurmanto mengatakan lingkungan yang sehat dan bersih adalah keinginan semua orang.

“Untuk menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sangatlah mudah dan gampang, seperti contoh kita dapat melakukan kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan kita sendiri yaitu dirumah, tidak membuang sampah sekecil apapun dengan sembarang tempat, gunakan penampungan sampah atau menguburnya bukan malah dibuang ke aliran sungai,” ucapnya.

Kegiatan jumat bersih ini melibatkan masyarakat setempat, Duta Lingkungan, unsur TNI dan POLRI, Satgas kebersihan, serta komunitas peduli lingkungan. [ad/ism]

Continue Reading

Banjarmasin

Pastikan Distribusi Terjaga Baik, Pemkot – Pertamina Sidak Pangkalan di Banjarmasin

Published

on

Sidak dilakukan secara langsung oleh Asisten 2 Perekonomian Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi, bersama dengan seluruh tim bagian perekonomian, Disperindagkop, dan Dinas Sosial Kota Banjarmasin serta Sales Branch Manager Rayon I Kalselteng (Kalimantan Selatan dan Tengah), Handy Tri Husodo. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sesuai dengan SK Gubernur Kalimantan Selatan No 188.44/0385/kum/2022 tentang Penetapan HET Tertentu LPG 3 Kg, sejak 19 April 2022, saat ini HET LPG 3 Kg telah mengalami kenaikan menjadi Rp 18.500 per tabungnya. Sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan tersebut, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan bersama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan sidak hingga ke pangkalan, hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga pasokan distribusi pasca kenaikan HET.

Kegiatan sidak dilakukan secara langsung oleh Asisten 2 Perekonomian Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi, bersama dengan seluruh tim bagian perekonomian, Disperindagkop, dan Dinas Sosial Kota Banjarmasin serta Sales Branch Manager Rayon I Kalselteng (Kalimantan Selatan dan Tengah), Handy Tri Husodo pada Kamis (12/5).

Asisten 2 Perekonomian Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi menyampaikan apresiasi atas kelancaran pasokan stock LPG 3 kg selama Satgas Idul Fitri 1443 H di Kota Banjarmasin. “Satgas Rafi kemarin berjalan dengan baik dan lancar, saat ini tugas kita untuk memastikan penyaluran tetap berjalan denga aman pasca kenaikan harga ini”, katanya.

Pada kesempatan tersebut, Doyo juga memberikan edukasi secara langsung kepada pemilik pangkalan untuk sistematika penggunaan kartu kendali. “Harus diedukasi agar pemilik kartu kendali menjadi prioritas, supaya LPG subsidi tepat sasaran digunakan bagi masyarakat miskin”, tegas Doyo.

Sales Area Manager Pertamina Kalselteng, Jalu Tarwoco mengungkapkan Pertamina akan bekerjasama dan patuh terhadap keputusan yang ditetapkan pemerintah. “Pertamina berkomitmen menyalurkan LPG 3 Kg untuk masyarakat sesuai dengan peruntukkannya dimana LPG 3 Kg merupakan komoditas bersubsidi yang harus dijaga bersama distribusinya”, tutur Jalu.

Jalu menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan bahan bakar sesuai dengan kategori dan bijak terhadap penggunaan LPG Subsidi ini dengan mengikuti alur distribusi yang ditetapkan serta tidak meniagakan kembali LPG 3 Kg ini. “Kami himbau kepada masyarakat mampu menggunakan bahan bakar minimal Bright Gas 5,5 Kg, agar LPG subsidi dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya”, tambahnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan pelayanan dari Pertamina, dapat menghubungi kontak Pertamina di135 atau mengakses website resmi di www.pertamina.com. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

Kodim 1007/Bjm Terima Audensi Program Merdeka Sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel

Published

on

Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si., menerima Audiensi Program Merdeka Sampah dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana. (Foto: Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com –  Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si., menerima Audiensi Program Merdeka Sampah dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana,ST, MT di ruang transit Makodim jalan S.Parman Banjarmasin, Rabu (11/5/22).

“Selamat datang dan terimakasih kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan beserta Staf atas Kunjunganya di Makodim 1007/Banjarmasin,” sambut Dandim.

Ia pun berharap melalui silaturahmi ini kedepanya bisa membangun komunikasi yang baik antar instansi.

Didampingi Kasdim 1007/Bjm Letkol Arm Agung Nugroho, S.Sos., dan Pasiter Kapten Inf Kurmanto, Dandim menyatakan sangat senang atas kunjungan ini.

“Apalagi saya disini selaku pejabat baru,” ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyatakan siap setiap saat untuk membantu program Merdeka Sampah ini, karena masalah kebersihan adalah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan.

Orang nomor satu di Kodim 1007/Banjarmasin ini juga menjelaskan bahwa dalam setiap kegiatan Kodim 1007/Banjarmasin juga saling berkoordinasi dengan unsur Forkopimda sehingga tercipta keakraban antar Instansi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana, mengajak Kodim 1007/Banjarmasin untuk berkolaborasi dalam kegiatan Program merdeka sampah, bersama-sama dalam menangani sampah di Kota Banjarmasin dan upaya mendorong perubahan sikap dan pola pikir masyarakat menuju terwujudnya masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam pengelolaan sampah.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim atas sambutan yang diberikan.

“Terima kasih Pak Dandim atas sambutanya hari ini luar biasa. Semoga silaturahmi ini semakin mempererat sinergi antara TNI dengan Pemerintah sehingga tercipta keamanan, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

Lanal Banjarmasin Proses Hukum Kapal Bermuatan CPO Diperairan Teluk Kumai

Published

on

Proses pemeriksaan dan penyelidikan para pelakuterhadap kapal TB. Royal TB Tiga/TK. Royal 3 bermuatan CPO (Crude Palm Oil) sebanyak 2.817.870 Kg. (Foto: Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Setelah sepekan Lanal Banjarmasin telah melakukan proses pemeriksaan dan penyelidikan terhadap kapal TB. Royal TB Tiga/TK. Royal 3 bermuatan CPO (Crude Palm Oil) sebanyak 2.817.870 Kg. Kapal tersebut merupakan hasil tangkapan KRI Singa – 651 diperairan teluk Kumai pada koordinat 03° 06″ 30 LS – 111° 38″ 30 BT, kapal tersebut ditangkap diduga kuat melakukan pelanggaran pelayaran.

Selama dilaksanakan pemeriksaan dan pendalaman kepada ABK, muatan dan dokumen – dokumen kapal maupun muatan didapat kekurangan berupa kelengkapan dokumen kapal yaitu tidak memiliki sertifikat keselamatan, tidak memiliki sertifikat anti teritib, tidak memiliki surat ijin bongkar muat barang berbahaya, tidak memiliki sertifikat manajemen keselamatan, sertifikat dasar kecakapan di laut salah satu ABK sudah Expired dan AIS (Automatic Identification System) kapal tidak berfungsi. Dari beberapa kesalahan tersebut berupa kesalahan administrasi dan merupakan kewenangan KSOP (Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan) termasuk dalam penjatuhan sanksinya.

Selanjutnya, bertempat dikantor KSOP kelas IV Kumai Kota Waringin Barat Kalimantan Tengah dilaksanakan serah terima pelimpahan barang bukti dan penandatanganan berita acara dari Lanal Banjarmasin kepada KSOP yaitu berkas perkara kapal dan muatan TB. Royal TB 3/TK. Royal 3 serta dokumen dan jumlah ABK 14 orang lengkap dan dilanjutkan serah terima berupa barang bukti berupa kapal dan muatan TB. Royal TB 3/TK. Royal 3 yang lego jangkar di perairan Kumai.

Kegiatan penyerahan tersebut dihadiri oleh Kepala Urusan Hukum Laut (Kaurkumla) Lanal Banjarmasin Kapten Laut (P) Ahmad Fauzi S.H., Danposal (Komandan Pos TNI AL) Kumai Letda Laut (P) Rio Kusuma, Plt. KSOP Kumai Bpk. Timbul Sinurat, penyidik KSOP Kumai Bpk. David Manik, agen pelayaran PT. Bahtera Setia Bpk. Helmi dan owner PT. Alam Raya Bpk. Dadang Iskandar.

Ditempat terpisah, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla mengatakan, Lanal Banjarmasin akan terus meningkatkan pengamanan dan pengawasan di wilayah kerjanya yang mencakup perairan Kalsel dan Kalteng dengan memanfaatkan sarana dan prasara dan akan menindak tegas terhadap kapal-kapal yang melaksanakan giat illegal, khususnya bagi kapal pengangkut CPO supaya tidak diekspor ke luar negeri. Hal tersebut sesuai instruksi langsung Presiden RI. Ir. Joko Widodo.

Telah kita ketahui bersama bahwa pemerintah melarang ekspor CPO dan turunannya berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 22/2022 pada tanggal 28 April 2022 tentang larangan sementara yaitu Ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein dan Used Cooking Oil., jelas Danlanal. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

Dandim 1007/Bjm Pimpin Apel Pasca Cuti Lebaran 2022

Published

on

Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si., pimpin langsung pelaksanaan apel pasca cuti lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022 Masehi. (Foto: Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com –  Guna memastikan secara fisik anggota yang telah melaksanakan cuti lebaran, Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si., pimpin langsung pelaksanaan apel pasca cuti lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022 pada,Selasa (10/5/22).

Dalam sambutannya Dandim mengatakan,kegiatan Apel pengecekan sengaja saya lakukan, untuk memastikan secara fisik kepada seluruh Prajurit dan PNS yang telah kembali melaksanakan cuti lebaran dengan keadaan aman, tepat waktu serta tidak ada masalah.

“Setelah cuti agar seluruh prajurit dan PNS segera menyesuaikan diri dengan tugas masing-masing,” pesannya.

Lebih lanjut Dandim meminta kepada seluruh prajuritnya agar melaporkan apabila ada permasalahan selama melaksanakan cuti.

“Kalau ada persoalan selama melaksanakan cuti segera laporkan, agar tidak menjadi permasalahan yang berlarut yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan satuan,” tegasnya

Dalam pelaksanaan apel pengecekan yang digelar di halaman Makodim jalan S.Parman Banjarmasin tersebut, Letkol inf Ilham Yunus, S.Sos., M.Si meminta kepada para Babinsa harus lebih aktif turun ke wilayah binaan masing-masing agar informasi dan perkembangan wilayahnya dapat termonitor.

“Kuasai wilayah binaan dengan baik,laporkan ke pimpinan apabila ada hal-hal yang menonjol,” harap Dandim mengakhiri sambutannya. [ad/rls]

Continue Reading

Banjarmasin

Tandai Awal Tahun 2022, Bank Kalsel Mencatat Kinerja Positif

Published

on

Struktur Kinerja Bank Kalsel Di Tahun 2022. (Foto: Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, menuntut industri perbankan untuk berbenah dan bertransformasi, serta beradaptasi dengan kemajuan zaman. Situasi disrupsi digital hingga ketidakjelasan kondisi ekonomi global yang saat ini melanda tidak hanya Indonesia namun juga dunia, tentunya harus disikapi dengan cermat dan bijak. Inisiatif strategis yang konkret dan wajar, baik jangka pendek maupun jangka panjang, perlu dirumuskan dan dievaluasi secara berkala guna memberikan capaian optimal terhadap hasil yang diharapkan.

Tidaklah mudah bagi Bank Kalsel untuk menghadapi tantangan sekaligus menjaga amanah Pemegang Saham untuk turut berkontribusi terhadap pengembangan perekonomian daerah. Oleh sebab itu, evaluasi secara berkala sangat penting dilakukan untuk memastikan dan memonitor strategi bisnis yang telah ditetapkan, dapat berjalan secara optimal, Minggu (8/5/2022).

Langkah-langkah strategis yang telah ditetapkan oleh Bank Kalsel di tahun 2022, sejauh ini telah berhasil memberikan hasil positif terhadap kinerja. Adapun strategi tersebut diterjemahkan dalam tiga fokus strategi.

Pertama, Optimalisasi Pendapatan, sebagai upaya mempertahankan rentabilitas dalam tingkatan wajar, dimana salah satunya adalah dengan menjaga dan meningkatkan performa aset-aset Bank yang potensial mendukung pendapatan bisnis.

“Bank Kalsel berhasil menunjukkan hasil menggembirakan. Posisi Aset per 31 Maret 2022 adalah sebesar Rp17,57 triliun, mampu tumbuh sebesar 9,49% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp16,04 triliun (yoy). Hal ini juga ditunjang dari meningkatnya Dana Pihak Ketiga (DPK), dimana per 31 Maret 2022 mampu mencatatkan sebesar Rp14,51 triliun atau tumbuh 9,69% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp13,23 triliun (yoy),” beber Hanawijaya, selaku Direktur.Utama Bank Kalsel.

Lebih jelas struktur kinerja. Bank Kalsel tahun 2022. (Foto: Bank Kalsel)

Kedua, Efisiensi Biaya, yakni meminimalkan/mengoptimalkan pos-pos pengeluaran berdasarkan skala prioritas. Biaya-biaya yang akan dikeluarkan disusun berdasarkan skala prioritas, yang memang penting dan berdampak dalam mendukung kinerja bank.

“Strategi ini berhasil memberikan dampak efektif dalam kinerja kami, dimana per 31 Maret 2022, Bank Kalsel mampu mencatatkan BOPO sebesar 69,32% dibanding tahun sebelumnya sebesar 69,94% (yoy). Hal ini menunjukkan, Bank Kalsel telah berhasil menekan biaya-biaya yang timbul sesuai dengan skala prioritas yang dibutuhkan perusahaan. Imbas dari langkah ini, per 31 Maret 2022 Bank Kalsel berhasil mencatatkan Laba sebesar Rp137,58 miliar lebih tinggi dibandingkan perolehan pada tahun sebelumnya sebesar Rp121,49 miliar (yoy) atau tumbuh sebesar 13,24%,”
terang Hanawijaya.

Ketiga, Menjaga Kualitas Kredit yang berkualitas baik dan mengoptimalkan penagihan. Hal ini penting dilakukan dalam rangka memastikan kinerja kredit Bank Kalsel selalu berada dalam kondisi comply.

“Untuk kredit dan pembiayaan, Bank Kalsel mampu mencatatkan sebesar Rp11,47 triliun di posisi 31 Maret 2022, dengan kontribusi Kredit Konsumtif sebesar 53,98%, Investasi sebesar 29,41% dan Modal Kerja 16,61%. Catatan tersebut meningkat 3,02% (yoy) apabila dibandingkan pada tahun sebelumnya sebesar Rp11.13 triliun. Raihan ini turut menjadi salah satu faktor keberhasilan Bank Kalsel dalam menjaga Peringkat Komposit di level 2, dimana NPL (gross) berada di posisi 3,66% lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yakni 3,69% (yoy). Ini mengindikasikan, Bank secara umum Sehat, ” tukas Hanawijaya.

Para Direksi Bank Kalsel. (Foto: Ist)

Atas pencapaian kinerja tersebut, tentunya patut disyukuri, dimana meskipun banyak dipengaruhi oleh keadaan ekonomi global yang tidak menentu, kondisi kinerja keuangan Bank Kalsel tetap mampu bertumbuh positif. Upaya pemenuhan Modal Inti Minimum (MIM) yang ditetapkan regulator sebesar Rp3 triliun per 31 Desember 2024, menunjukkan progress yang positif, dimana per 31 Maret 2022 mencatatkan Modal Inti sebesar Rp1,89 triliun, tumbuh 3,86% dari tahun sebelumnya sebesar Rp1,82% (yoy).

“Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Pemegang Saham, Gubernur dan Bupati/Walikota se-Kalimantan Selatan yang senantiasa memberikan dukungan, khususnya dalam upaya pemenuhan kewajiban yang ditetapkan regulator. Tak terkecuali juga kepada DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Kalsel. Besarnya dukungan ini menjadikan kami semakin optimis mampu memenuhi ketetapan regulator, sekaligus memacu kami untuk berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, sebagaimana tagline kami Setia Melayani, Melaju Bersama” pungkas Hanawijaya. [adv/ad]

Continue Reading

Banjarmasin

Pertamina Jamin Pasokan Energi Arus Balik Regional Kalimantan Aman

Published

on

Salah satu SPBU Pertamina. (Foto: Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Puncak arus balik lebaran 2022 di Kalimantan yang diprediksi akan berlangsung pada 7 – 8 Mei 2022, Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan menyiagakan layanan dan fasilitas penyaluran bahan bakar minyak (BBM) di berbagai titik serta memastikan stok aman untuk kelnacaran arus balik lebaran.

Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) Pertamina tahun 2022 siap mengamankan pasokan dan distribusi BBM dan LPG selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2022, efektif sudah berjalan sejak tanggal 11 April 2022 hingga 10 Mei 2022 mendatang.

Area Manager Communication, Relation & CSR Kalimantan Susanto August Satria menyampaikan Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan dan menjamin kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik serta Pertamina telah melakukan pengamanan stok di seluruh rantai distribusi, sehingga Pertamina menjamin layanan ke masyarakat akan tetap aman.

“Selama masa Satgas hingga hari ini tanggal 7 Mei 2022, untuk wilayah Kalimantan produk gasoline di masa mudik ini meningkat sebesar 6% dibanding rerata konsumsi harian normal,” ujar Satria.

Satria juga menambahkan untuk produk LPG juga mengalami peningkatan yang jika dibanding konsumsi harian normal naik sekitar 9,2% untuk LPG PSO, dengan adanya pelonggaran aturan perjalanan yang memperbolehkan mudik bagi masyarakat, hal ini mendorong mobilisasi masyarakat cenderung meningkat sehingga konsumsi Avtur di masa mudik tahun ini meningkat sebesar 0,63% dibanding rerata konsumsi harian normal.

“Pertamina Patra Niaga menjamin ketersediaan dan kelancaran penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan siap menghadapi arus balik lebaran tahun 2022,” tambahnya.

Pada Lebaran Idul Fitri tahun 2022, Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan telah menyiapkan berbagai layanan tambahan di jalur potensial (jalur tol, jalur wisata, jalur logistik) yang disiagakan untuk melayani konsumen. Sebanyak 114 SPBU Reguler Siaga yang beroperasi di sepanjang jalur mudik dan balik yang tersebar di wilayah Regional Kalimantan serta 1 SPBU modular di Tol Balikpapan – Samarinda KM 36B, Pertashop sebanyak 43, agen LPG yang disiagakan khusus melayani wilayah dengan demand tinggi saat Ramadhan & Idul Fitri 2022, dengan total 271 agen PSO dan 72 agen non PSO. Untuk Outlet LPG sebanyak 1.122.

Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan juga menyiagakan layanan tambahan berupa 15 titik motoris untuk melayani PDS (Pertamina Delivery Service) dan 1 SPBU Kantong BBM yang berada di sekitar jalur wisata Pulau Derawan. Untuk layanan motoris tersebar di seluruh wilayah Kalimantan dengan rincian 2 di Kalimantan Barat yaitu di SPBU 64.78601 Sui Durian dan SPBU 61.78101 Pontianak Tenggara. Ada 7 di Kalimantan Timur yaitu SPBU 61.76103 Balikpapan Kota, SPBU 61.76101 Balikpapan Barat, SPBU 64.76112 Balikpapan Utara, SPBU 64.751025 dan SPBU 61.75101 Samarinda Kota, SPBU 61.75102 Samarinda Ulu dan SPBU 64.75301 Bontang. Ada 1 di Kalimantan Utara yaitu di SPBU 64.77102 Tarakan Timur. Ada 2 di Kalimantan Selatan yaitu SPBU 64.70108 Banjramasin Barat dan SPBU 61.70701 Banjarbaru Utara. Ada 3 di Kalimantan Tengah yaitu SPBU 64.731009 Pahandut, SPBU 64.70309 Mentawa Baru dan SPBU 64.73107 Jekan Raya

Pertamina juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan, untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraannya untuk menghindari antrian di SPBU selama arus balik serta menggunakan BBM berkualitas seperti Pertamax Series atau Dex Series sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Jika masyarakat membutuhkan informasi serta layanan Pertamina dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center (PCC) 135. [ad/rls]

Continue Reading

Umum

Populer