Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Kaltara

PMI Cabang Tarakan Cari Penyintas Orang Yang Pernah Terpapar Virus Covid-19

Published

on

KALTARA, SuaraBorneo.com – Dalam upaya menyediakan stok darah plasma konvalesen untuk pengobatan pasien Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tarakan akan mencari penyintas atau orang yang pernah terpapar virus Covid-19.

Itu dilakukan seiring telah difungsikannya lagi peralatan donor darah plasma konvalesen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan yang sempat rusak beberapa waktu lalu namun telah diperbaiki.

Informasi yang diperoleh Ketua PMI Cabang Tarakan Hamid Amren, RSUD Tarakan sudah melakukan uji coba mesin donor darah plasma konvalesen terhadap seorang relawan yang Sekretaris PMI Cabang Tarakan dan berhasil.

Sesuai kerjasama kedua pihak, PMI Cabang Tarakan diminta untuk dapat menyiapkan calon pendonor darah plasma konvalesen.

“Kemarin sore untuk uji coba sudah langsung Sekretaris PMI untuk melakukan uji coba alat,” ujar Hamid Amren kepada awak media, Selasa (20/7/2021).

Karena telah difungsikannya alat tersebut, mulai hari ini (21/7/2021), PMI Cabang Tarakan akan mencari penyintas yang bersedia menjadi relawan donor darah plasma konvalesen.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan yang memiliki data siapa saja warga Tarakan yang berstatus penyintas.

Jika data sudah diperoleh, PMI Cabang Tarakan akan menghubungi warga siapa saja yang bersedia. Untuk bisa diambil darah plasma konvalesen, penyintas diperiksa terlebihdulu oleh dokter, apakah memenuhi syarat sesuai standar pelayanan kesehatan.

“Kita sangat mengharapkan masyarakat yang pernah menjadi penyintas covid, kita mohon kesediaannya, kerealaannya untuk menyumbangkan plasma itu,” harap Hamid Amren. (mndd).

 169 kali dilihat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Umum

Populer