Pengusaha Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun Khusus Tanggulangi Pandemi Covid-19 – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-15

Nasional

Pengusaha Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun Khusus Tanggulangi Pandemi Covid-19

Published

on

Catatan Ilham Bintang

Orang Indonesia itu paling susah. Apalagi kalau susah benaran. Bangsa yang sangat terkenal pelupa, tetapi sekali kritis, kritis sekali.
Sejak kemarin petang ramai diulas sosok pengusaha Akidi Tio. Keluarga almarhum pengusaha tajir itu menyumbang 2 Trilyun rupiah untuk warga kota Palembang, Sumatera Selatan. Sumbangan itu ditujukan khusus untuk penanggulanganpandemi virus Covid19.

Nominal sumbangan bikin mata siapapun terbelalak. Dalam kalkulasi pengusaha Peter F Gontha, jumlah itu setara dengan 130 juta dollar Amerika. ” Luar biasa”, puji mantan Duta Besar RI di Polandia itu. “Mungkin baru terjadi pertama kali di dunia. Orang- orang terkaya dunia seperti Jeff Bezos (amazon), Elon Musk (Tesla) Bill Gates (Microsoft), Warren Buffet pun belum pernah melakukan (menyumbang uang) sebesar itu, kecuali melalui Yayasan untuk kepentingan Pajak.
Jadi ini sesuatu yang sangat unik, terjadi hanya di Indonesia atau kata orang hanya di +62.
Kita memang bangsa unik, semoga Keluarga Almarhum Akidi Tio di berikan Berkah oleh Yang Maha Kuasa, “ tulis pelopor TV Swasta di Tanah Air itu di laman Facebooknya.
“ Pengusaha apa yah Akidi Tio, kok tidak pernah melihat namanya dideretan 50 pembayar pajak terbesar di Indonesia?,” sambung Peter lagi.

Siapa Akidi Tio? Sampai tadi pagi ini, saya belum berhasil mendapatkan sumber valid yang mengenal riwayat pengusaha itu. Dalam siaran pers yang beredar, yang menjadi sumber pemberitaan media pers, informasinya seragam : sangat terbatas. Ada menyebut mendiang adalah pengusaha beberapa bidang usaha, tetapi rasanya memang belum klop atau meyakinkan dibandingkan dengan jumlah sumbangannya yang amat wuih. Semalam, saya mengontak aktor Anwar Fuady. Wong Palembang,yang terkenal punya pergaulan luas di masyarakat, khususnya di kampung empek-empek itu.
Dia juga tidak mengenal Akidi Tio. Ini aneh. Baru sekali ini ada orang kaya ” Wongkito” luput dari pengetahuannya.
Padahal, Anwar yang pernah maju sebagai Capres dalam Konvensi Golkar untuk Pilpres 2004, sekian tahun menjadi ” buku pintar” segala hal menyangkut Palembang atau Sumatera Selatan pada umumnya.

Sosok almarhum Akidi yang ditulis oleh media sekelas Kompas pun hanya sedikit menggambarkan sosok pengusaha asal Langsa, Aceh Timur itu.

” Mendiang mempunyai tujuh orang anak, enam di antaranya tinggal di Jakarta dan satu di Palembang. Semua anaknya pengusaha. Mendiang pernah berpesan kepada anaknya jika sukses dalam bidang usaha apapun agar membantu orang miskin. Almarhum sendiri pengusaha di bidang perbesian dan kontainer,”kata Prof dr Hardi Darmawan yang telah 48 tahun menjadi dokter keluarga Akidi, seperti dikutip Kompas.com. Kemarin,
Dr Hardi ikut dalam penyerahan bantuan Rp 2 T di Mapolda Sumsel.
Hardi mengutarakan, bantuan itu bukan kali pertama diberikan oleh keluarga Akidi. Selama pandemi Covid-19 berlangsung keluarga almarhum selalu membantu warga yang terdampak.
Penyerahan sumbangan Akidi Tio berlangsung di Gedung Promoter Polda Sumsel Lantai 3 Jl. Jend. Sudirman KMP, Senin (26/7) siang. Dihadiri
Gubernur Sumsel H. Herman Deru, SH., MM, Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S, MM dan Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, S.I.P. S.Sos. Acara yang juga disaksikan oleh perwakilan seluruh pemuka agama berlangsung singkat, hanya sekitar setengah jam. Gubernur Sumsel Herman Deru dalam sambutannya menyatakan sangat terharu kepada kebaikan keluarga Akidi Tio. Dia berharap kebaikan untuk menolong sesama yang membutuhkan menjadi contoh teladan bagi seluruh masyarakat.

//Terbelah dua lagi //

Sekejap saja cerita sumbangan 2 T itu viral, membuat nama keluarga Akidi Tio terkenal. Jadi bahan pembicaraan luas masyarakat. Seperti biasa, di negeri + 62, masyarakat pun kembali terbelah. Ada yang percaya versus kelompok yang sebaliknya. Yang memicu pertama tentu karena nominal sumbangan. Siapa Akidi Tio, memang setengah mati melacaknya di google atau wikipedia. Nama – nama anaknya pun yang disebutkan semua sukses sebagai pengusaha, tidak tercantum dalam berita. Andai dapat satu nama saja, mungkin bisa dilacak. Inilah kelemahan wartawan di lapangan, tidak sampai detil menggali bahan. Itu yang menjadi argumen pihak yang tidak percaya. Mereka sampai mengulas kesulitan tehnis pencairan dana sebesar itu di bank. Mustahil bisa dicairkan di masa sekarang.
Yang percaya, menjadikan berita itu ” mesiu” baru untuk “menggugat ” para pengusaha tajir kita yang tidak pernah kedengangan melakukan hal sama. Terutama pengusaha Kadin, yang amat dekat dengan Istana. Yang selama ini mengerjakan proyek raksasa pemerintah yang sumber dananya dari APBN. Menurut pandangan yang percaya, mestinya pengusaha- pengusaha dekat istana itu lebih peduli kepada rakyat yang sedang kesusahan. Saatnya sekarang mereka membantu Presiden Jokowi.
Saya sendiri terpengaruh pihak yang tidak percaya. Sekurangnya, ragu. Saya malah merasa bersalah, tanpa memeriksa siaran pers lebih dulu,langsung meminta wartawan media saya menyiarkan berita Akidi Tio. Maksudnya, supaya berita berisi kebaikan itu menggugah para dermawan lainnya.

// Muhammad Nuh//

Sampai tengah malam saya gagal mencari tahu siapa mendiang Akidi Tio. Sudah menghubungi ke pelbagai sumber tapi tak berhasil . Saya memang sudah putus asa ketika Anwar Fuady yang paling saya andalkan, tidak mengenal Akidi Tio. Menjelang tidur ingatan malah melayang ke sosok Muhammad Nuh. Warga Jambi itu pernah bikin geger tahun lalu dalam urusan sumbangan untuk atasi pandemi Covid19
Masih ingat kisah Muhammad Nuh yang ikut lelang motor listrik Gesits milik Presiden Jokowi?
Yup. Yang memenangkan lelang dI “Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo” 17 Mei 2020. Acara itu untuk menggalang dana penanggulangan Covid19.
Muhammad Nuh yang tinggal di kampung Manggis, Jambi, diumumkan oleh host konser sebagai penawar lelang tertinggi, yaitu Rp. 2.550 juta untuk sepeda motor Gezit, sumbangan Presiden.
Ternyata panitia konser salah “ loket”.
Muhammad Nuh bukanlah pengusaha tambang seperti yang diidentifikasi oleh host acara.

Pekerjaan Nuh hanya buruh lepas harian yang justru bagian yang terkena imbas pandemi. Dia malah tidak bisa bekerja lagi, dan mengingat status pekerjaannya, Nuh termasuk rakyat yang layak menerima bansos.

Dari ceritanya, Nuh mengaku seperti itu. Justru merasa menang kuis dan berhak atas uang senilai Rp.2.550 juta. Dia mengira acara lelang itu kuis
Jokowi. Pasti acara bagi-bagi hadiah buat rakyat. Seperti lazimnya kalau Presiden RI bagi-bagi sepeda atau traktor. Dia pun langsung menelpon host lelang. Di sini terjadinya kesalahpahaman.

Begitu sadar keliru, Muhammad Nuh langsung mematikan telpon. Semalaman dia bersembunyi karena takut dicari polisi. ( Baca artikel “Hidup Muhammad Nuh” oleh Ilham Bintang,17 Mei 2020).

Akidi Tio jelas bukan Muhammad Nuh. Keluarga almarhum Akidi Tio menyampaikan sumbangannya dalam acara resmi. Sumbangannya secara simbolik diterima Kapolda Sumsel yang kebetulan mengenal secara pribadi keluarga mendiang. Sedangkan Muhammad Nuh produk salah paham semata, ikut lelangnya secara virtual pula.
Banyak unsur yang membedakan Nuh dengan Akidi. Seperti pengakuannya tadi, Nuh mengira acara lelang yang digagas Ketua MPR-RI, Bambang Soesatyo, acara Kuis. Nuh berpatokan pada nalarnya sendiri . Begitu dia dengar di layar televisi hadiah motor dari Presiden Jokowi, langsung terharu. Kuat melekat dibenaknya: ini pasti bagi- bagi hadiah lagi. Kasihan.
Kembali ke Akidi Tio. Ai lap yu pul, Pak. Terima kasih kepada seluruh keluarga. Semoga kebaikan keluarga besar Akidi Tio bermanfaat besar bagi masyarakat Palembang. Sedangkan penyumbang dibalas berlipat oleh Tuhan Yang Maha Kaya.*

Ekonomi

Ekonom Ingatkan BI Dampak Kenaikan Suku Bunga

Published

on

Waspadai dampak kenaikan suku bunga AS (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Ekonom ingatkan Bank Indonesia (BI) dampak kenaikan suku bunga AS. Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve System (The Fed) telah mengumumkan kenaikan suku bunga 25 basis poin menjadi 4,5% – 4,75%.

Kenaikan ini diprediksi akan menimbulkan peningkatan suku bunga di negara lain, khususnya negara berkembang seperti Indonesia.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal menilai kenaikan suku bunga di Indonesia sebagai suatu hal yang wajar.

Hal ini dilakukan untuk menghindari keluarnya aliran modal asing (capital outflow) dari pasar keuangan dan untuk menjaga momentum penguatan nilai tukar Rupiah.

“Kenaikan tingkat suku bunga acuan di Amerika Serikat akan mendorong bank sentral di banyak negara terutama emerging market (negara dengan pasar berkembang) seperti Indonesia dalam meningkatkan suku bunga acuannya karena untuk menghindari capital outflow dan pelemahan nilai tukar,” ujar Faisal kepada MNC Portal, dikutip Sabtu (4/2/2023).

Namun, Faisal mengingatkan Bank Indonesia (BI) untuk berhati – hati dalam meningkatkan suku bunganya. “Jangan agresif, harus sangat berhati – hati,” jelas direktur eksekutif CORE Indonesia itu.

Faisal mengatakan meningkatnya suku bunga secara agresif memberikan pengaruh signifikan terhadap ekonomi Indonesia, seperti adanya peningkatan harga di sektor riil dan penyaluran kredit yang melambat.

“Dampak dari kenaikan suku bunga adalah pembiayaan ke sektor riil akan lebih mahal dan penyaluran ke sektor kredit lebih lambat potensinya karena bunganya lebih tinggi,” tambahnya.

Faisal menilai sektor yang paling berdampak adalah sektor riil yang membutuhkan pendanaan perbankan.

“Sektor yang paling terdampak adalah sektor riil yang membutuhkan pendanaan perbankan, seperti properti, otomotif, dan bisnis UMKM,” pungkasnya. [ad-sb]

Continue Reading

Ekonomi

Ekonomi Kuartal IV 2022 Ditopang Ekspor Hingga Konsumsi

Published

on

Ilustrasi Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Priok. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Chief Economist PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Banjaran Surya Indrastomo meramal pertumbuhan ekonomi di kuartal akhir tahun lalu masih menyentuh di angka 5%, yakni sebesar 5,3% secara year on year (YoY).

Angka ini sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi pada Kuartal III-2022 yang berada di angka 5,72%. Namun, Banjaran bilang, angka tersebut masih mencetak nilai positif lantaran masih didorong oleh ekspor dan konsumsi.

“Surplus neraca perdagangan selama kuartal IV-2022 tercatat sebesar US$ 14,69 miliar, sedikit lebih rendah 1,40% QtQ (quarter to quarter/ kuartalan) dibandingkan surplus dagang kuartal III-2022 sebesar US$ 14,90 miliar,” ujar Banjaran kepada Kontan.co.id, Jumat (3/2).

Sementara dari sisi konsumsi, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) meningkat dari 117,20 pada akhir kuartal III-2022 (September) menjadi 119,90 pada akhir kuartal IV-2022 (Desember 2022).

Kemudian, Banjaran juga mencatat, Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia sedikit menurun dari 53,70 pada akhir kuartal III-2022 menjadi 50,90 pada akhir kuartal IV-2022. Namun, angka tersebut masih berada pada nilai yang positif untuk menunjang perekonomian.

Selain itu, daya beli masyarakat juga semakin membaik setelah mengabsorbsi efek kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi pada September 2022 lalu, di mana inflasi pada akhir kuartal IV-2022 sebesar 5,51% YoY sudah membaik jika dibandingkan dengan akhir kuartal III-2022 yang sebesar 5,95%.

Selain didorong oleh faktor konsumsi dan ekspor, Banjaran juga menyampaikan bahwa efek musiman seperti perayaan natal dan tahun baru (Nataru) serta cuti dan libur sekolah juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2022.

Ia mengutip dari data Kementerian Perhubungan, terdapat 8,32 juta penumpang angkutan umum yang bepergian pada masa libur natura, yakni dari periode 19 Desember hingga 30 Desember 2022. Angka tersebut meningkat 41,59% jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang hanya 4,86 juta penumpang.

“Tetapi perlu diperhatikan bahwa pertumbuhan kuartal IV-2022 juga akan relatif lebih kecil dibandingkan kuartal III karena adanya high base effect dari pertumbuhan pada tahun sebelumnya,” katanya.

Lebih lanjut, Ia memperkirakan Produk Domestik Bruto (PDB) riil untuk kuartal IV-2022 sebesar Rp 2.996,1 triliun, sehingga total PDB 2022 diramal sebesar Rp 11.686,2 triliun, atau meningkat 5,09% dibandingkan Rp 11.118,9 triliun pada 2021. [ad-sb]

Continue Reading

Ekonomi

Investasi Asing Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2023

Published

on

Ilustrasi Kota Jakarta. (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Pemerintah masih optimistis, pertumbuhan ekonomi di tahun ini capai 5% atau bahkan mendekati target yang ada dalam APBN 2023 yakni sebesar 5,3%.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, untuk mencapai pertumbuhan 5% pada tahun 2023 ini, pemerintah perlu mendorong investasi agar tetap resilient di kisaran 5% dan juga mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga.

Menurut dia, dorongan tersebut harus dengan mempertimbangkan high base effect pada kinerja perekonomian pada tahun 2022 yang lalu.

Artinya, pemerintah perlu mendorong peningkatan realisasi investasi di sektor padat karya sekaligus yang mendorong penciptaan lapangan kerja yang masif di tengah kondisi perlambatan ekonomi global, serta transmisi kenaikan suku bunga acuan bank sentral sejak tahun 2022 yang lalu.

“Dari sisi domestik, sejalan dengan pemulihan aktivitas ekonomi domestik, konsumsi rumah tangga diproyeksikan menjadi salah satu potensi pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diperkirakan akan tetap resilient di tengah ketidakpastian global,” tutur Josua, Selasa (31/1).

Ekonom Makroekonomi dan Pasar Keuangan LPEM FEB UI, Teuku Riefky juga sepakat dengan meningkatkan investasi yang masuk ke Tanah Air, maka bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di kisaran 5%.

“Agar pertumbuhan ekonomi Indonesia 5%, harus mengandalkan investasi, tapi agak sulit di tengah ketidakpastian global yang tinggi,” kata Dia.

Meski begitu, Riefky mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini nampaknya akan melambat dari tahun sebelumnya namun tetap tinggi dan masih di kisaran 5%, ini didorong oleh ketidakpastian global yg relatif masih tinggi. [ad-sb]

Continue Reading

Ekonomi

Daftar Kenaikan Harga BBM di SPBU Pertamina Per 1 Februari 2023

Published

on

Ilustrasi SPBU PT Pertamina (Persero). (Foto/Ist)

JAKARTA, SuaraBorneo.com – PT Pertamina (Persero) baru saja menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax turbo dan pertamina dex naik mulai hari ini, Rabu (1/2). Kenaikan di kisaran Rp800 hingga Rp1.000 per liter.

Dikutip dari situs resmi Pertamina, khusus di Jakarta, harga pertamax turbo naik Rp800 dari Rp14.050 ke Rp14.850 per liter. Sementara itu, harga pertamina dex naik Rp100 dari Rp16.750 menjadi Rp16.850 per liter.

Adapun harga pertamax dari Pertamina tetap Rp12.800 per liter, pertalite Rp10 ribu per liter, dan solar subsidi Rp6.800 per liter.

Kenaikan harga BBM tidak hanya dilakukan oleh Pertamina. Shell tercatat menaikkan harga Shell Super RON 92 dari Rp13.030 menjadi Rp13.950 per liter. Kemudian, harga Shell V-power RON 95 juga naik dari Rp13.810 per liter menjadi Rp14.620 per liter.

Selanjutnya, harga Shell V-Power Diesel juga menanjak dari Rp16.890 menjadi Rp16.980 per liter dan Shell V-Power Nitro+ naik dari Rp14.180 menjadi Rp14.980 per liter.

SPBU Vivo juga tercatat menaikkan harga per hari ini. Mengutip detikcom, harga Revvo 90 naik Rp1.910 menjadi Rp13.710 per liter.

Harga Revvo 92 juga naik Rp1.000 dari Rp12.800 menjadi Rp13.800 per liter. Begitu pun Revvo 95 yang harganya terangkat dari Rp13.600 menjadi Rp14.470 per liter.

Senada, BP juga mengerek harga BP 90 dari Rp12.950 menjadi Rp13.860 per liter. Lalu, harga BP 92 naik dari Rp13.030 menjadi Rp13.950 per liter dan BP Ultimate naik dari Rp13.810 menjadi Rp14.620 per liter.

Di sisi lain, BP menurunkan harga BP Diesel dari Rp16.310 menjadi Rp16.260 per liter.

Berikut harga BBM terbaru di sejumlah SPBU di DKI Jakarta pada awal pekan ini:

Pertamina

– Pertalite: Rp10 ribu per liter

– Pertamax: Rp12.800 per liter

– Pertamax Turbo: Rp14.850 per liter

– Pertamina Dex: Rp16.850 per liter

– Dexlite: Rp16.150 per liter

– Solar: Rp6.800 per liter

BP

– BP 90: Rp13.860 per liter

– BP 92: Rp13.950 per liter

– BP diesel: Rp16.260 per liter

Shell

– Shell Super: Rp13.950 per liter

– Shell V-Power: Rp14.620 per liter

– Shell V-Power Diesel: Rp16.980 per liter

– Shell V-Power Nitro+: Rp 14.980 per liter

Vivo

-Revvo 90: Rp13.710 per liter

-Revvo 92: Rp13.800 per liter

-Revvo 95: Rp14.470 per liter

[ad-sb]

Continue Reading

Business

Digitalic: SEO yang Baik Harus Berdampak Bagi Bisnis

Published

on

SuaraBorneo.com – Dalam meningkatkan performa brand atau bisnis perlu dirancang strategi marketing yang relevan agar pemasaran bisnis dapat menjangkau pasar yang luas. Strategi ini bisa saja dilakukan dengan cara konvensional, namun teknik strategi marketing secara modern memiliki potensi lebih besar daripada teknik tradisional. Salah satu teknik jitu dalam memanfaatkan internet adalah dengan melakukan strategi digital marketing.

Perlu diketahui bahwa digital marketing terdapat dua jenis, yaitu berbayar dan organik. Digital marketing berbayar adalah strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produk atau jasanya, misalnya dengan membuat iklan untuk customer berdasarkan minat, usia, lokasi, atau interaksi mereka terhadap sebuah brand. Jenis-jenis paid marketing adalah Search Engine Marketing (SEM), display marketing, dan influencer marketing.

Di sisi lain, ada juga digital marketing yang tidak berbayar alias ‘gratis’. Layanan ini lebih akrab disebut Search Engine Optimization (SEO). Meski layanan ini tidak sepenuhnya gratis, tetapi tetap memiliki biaya yang lebih rendah dibanding dengan Search Engine Marketing (SEM).

Search Engine Optimization atau sering disebut dengan SEO ini juga cocok untuk menghasilkan prospek customer jangka panjang. Teknik SEO merupakan teknik optimasi website agar tampil optimal di mesin pencari. Saat ini, perusahaan harus mulai menjalankan SEO pada website mereka. Hal ini dikarenakan jika suatu perusahaan menerapkan SEO, maka produk atau jasanya akan jauh lebih dikenal dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Dalam menjalankan SEO tentu dibutuhkan strategi yang tepat dan mengikuti kaidah-kaidah SEO. Sebagai salah satu digital marketing agency yang fokus di layanan SEO, Digitalic memiliki track record yang panjang dalam memberikan konsultasi dan juga menjadi mitra banyak perusahaan, mulai dari startup fintech, logistik, hingga e-commerce.

“Ketika Digitalic akan menjadi mitra perusahaan dalam menjalankan kampanye SEO, kami gak langsung memberikan harapan ranking dan lainnya.” kata Jarot Triguritno, Co-Founder Digitalic.

“Tapi, kami akan bertanya tujuan apa yang ingin dicapai, setelah itu kami mengaudit, mulai dari kesehatan, kecepatan, kemudahan, dan keterbacaan website.” lanjutnya.

Memang, mencari mitra atau agensi SEO perlu berhati-hati, dan harus melihat track record, agar strategi yang dilakukan bisa berjalan dengan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan.

“Harapannya, banyak perusahaan harus sudah mulai melirik dan menggunakan strategi SEO, sebab SEO yang baik bisa berdampak pada bisnis jangka panjang dan berkelanjutan.” tutup Jarot Triguritno. [ad-sb]

Continue Reading

Nasional

IOH Peduli, Salurkan Bantuan Korban Banjir Dan Tanah Longsor Di Manado

Published

on

MANADO, SuaraBorneo.com – Dengan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana Banjir dan longsor yang melanda Kota Manado. Kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian IOH yang termasuk dalam program CSR di pilar Filantropi yang berupa pendistribusian bantuan peduli bencana alam dan komunikasi gratis melalui inisiatif Tanggap Darurat Bencana, Rabu (1/1/2023)

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, mengatakan “IOH berkomitmen untuk selalu bersama masyarakat Indonesia, termasuk di tengah menghadapi kondisi bencana. IOH turut prihatin atas bencana Banjir dan tanah longsor yang melanda sebagian masyarakat di Manado dengan segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk penyaluran bantuan. Semoga bantuan makanan dan komunikasi yang kami berikan dapat meringankan derita masyarakat yang terdampak, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar,” ucap steve Saerang.

Setelah status tanggap darurat ditetapkan, IOH segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pemerintah daerah setempat untuk menyalurkan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok dan komunikasi bagi masyarakat yang terdampak.

Bantuan tersebut disalurkan ke beberapa kelurahan, diantaranya di Mahawu, Bailang, Molas, Cempaka, Karang Ria, dan Tanjung Batu. Selain menyalurkan bantuan, IOH juga bergerak cepat memastikan kondisi jaringan dan layanan di sekitar wilayah bencana tetap dalam kondisi baik.

“Secara umum, kondisi karyawan IOH dalam status aman dan layanan kami di wilayah Kota Manado juga berjalan normal. Tim teknis kami akan terus memantau secara berkala untuk memastikan masyarakat dapat terus berkomunikasi secara lancar dengan keluarga maupun kerabat. Kami berharap situasi semakin membaik dan masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala,” tutup Steve. [ad-sb]

Continue Reading

Ekonomi

BI Luncurkan LPI 2022 Dan Arah Kebijakan 2023

Published

on

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Indonesia (BI) hari ini meluncurkan Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2022 yang merupakan perwujudan dari laporan transparansi dan akuntabilitas Bank Indonesia, sebagaimana diamanatkan dalam pasal 58 ayat (2), ayat (6), dan ayat (7) dari UU No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang telah diubah beberapa kali, terakhir dengan UU No. 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan, Senin (30/1/2023).

Bank Indonesia juga meluncurkan Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah (KEKSI) 2022 yang merupakan bagian dari dukungan nyata Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Kedua publikasi ini mengangkat tema “Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju”.

“Kami melihat sinergi dan inovasi adalah dua kata kunci ketahanan ekonomi Indonesia dalam menghadapi rentetan gejolak global dan menjadi elemen strategis dalam mempercepat kebangkitan ekonomi menuju Indonesia Maju,” demikian disampaikan Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Perry Warjiyo menambahkan, tiga hal mengenai pandangan prospek perekonomian ke depan. Pertama bersyukur dan optimis bahwa stabilitas perekonomian tetap terjaga dan berlanjutnya proses pemulihan perekonomian serta waspada akan dampak gejolak perekonomian global terhadap kinerja perekonomian nasional.

Kedua, pentingnya konsistensi, inovasi, dan sinergi (KIS) dalam menjaga stabilitas perekonomian di tengah tantangan yang makin mengemuka. Ketiga, transparansi dan akuntabilitas perlu dikomunikasikan dengan baik untuk mendukung efektivitas kebijakan melalui pembentukan rational expectation.

LPI 2022 menjabarkan evaluasi pelaksanaan kebijakan Bank Indonesia pada tahun 2022, arah kebijakan, dan sasaran untuk tahun 2023. Perekonomian Indonesia pada 2022 tetap kuat didukung kebijakan Bank Indonesia yang bersinergi dengan bauran kebijakan nasional. Ke depan, bauran kebijakan Bank Indonesia pada 2023 yang bersinergi erat dengan kebijakan ekonomi nasional akan terus diarahkan untuk memperkuat ketahanan serta mempercepat pemulihan dan kebangkitan perekonomian.

Dalam kaitan ini, kebijakan moneter pada 2023 akan tetap diarahkan untuk menjaga stabilitas (pro-stability). Sementara itu, kebijakan makroprudensial, digitalisasi sistem pembayaran, pengembangan pasar uang, serta ekonomi-keuangan inklusif dan hijau akan terus diarahkan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional (pro-growth). Arah kebijakan BI tersebut juga bersinergi dengan bauran kebijakan ekonomi nasional guna mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali berada di lintasan jangka menengah menuju visi Indonesia Maju.

Pembahasan penting yang juga diangkat dalam LPI 2022 ialah tentang Presidensi G20 Indonesia dan “Proyek Garuda” terkait arsitektur Rupiah Digital. Indonesia dalam Presidensi G20 mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”, yang menyuarakan perlunya penguatan koordinasi dan kerja sama internasional untuk mengatasi berbagai tantangan perekonomian global.

Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian/Lembaga berperan aktif melalui jalur keuangan untuk memperkuat koordinasi global dalam memitigasi risiko ekonomi global jangka pendek dan memperkuat ketahanan ekonomi jangka menengah. “Proyek Garuda” oleh Bank Indonesia menjadi proyek yang memayungi berbagai inisiatif desain arsitektur Rupiah Digital. Mempertimbangkan bahwa Proyek Garuda merupakan inisiatif berskala nasional maka sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan akan terus ditempuh guna memperkuat efektivitas kebijakan.

KEKSI 2022 menguraikan perkembangan, sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan syariah nasional pada tahun 2022, serta prospek dan perumusan arah kebijakan tahun 2023. Publikasi menyampaikan sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan syariah yang ditempuh sebagai bagian dari respon kebijakan nasional, mampu memperkuat peran ekonomi dan keuangan syariah dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi. Ke depan, ekonomi dan keuangan syariah diprakirakan terus tumbuh pada 2023 sehingga menopang upaya mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia.

Uraian lebih lengkap laporan tentang pelaksanaan tugas 2022 dan arah kebijakan Bank Indonesia 2023 dapat diunduh dalam format digital, lewat tautan https://www.bi.go.id/id/laporan-transparansi-dan-akuntabilitas-2022/default.aspx. [ad/bi]

Continue Reading

Nasional

Pendaftaran IDCamp X KADIN 2023 Telah Dibuka, IOH Targetkan Ribuan Talenta Digital Muda Bergabung

Published

on

SuaraBorneo.com – IDCamp X KADIN 2023 yang digagas oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia telah dimulai. IDCamp merupakan beasiswa belajar Coding secara online dan bersertifikat global.

IDCamp merupakan salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) IOH yang ditujukan untuk mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan 17 juta talenta digital hingga tahun 2030.

IDCamp X KADIN 2023 hadir dengan pendaftaran yang dibuka mulai tanggal 10 Januari hingga 10 Februari 2023. Di mulai dengan pelatihan secara online untuk basic dan beginner. Program ini juga merupakan bagian dari CSR IOH di Pilar Pendidikan Digital tersebut akan berlangsung hingga bulan Agustus 2023.

Program tersebut telah menargetkan sebanyak 3.000 talenta muda dari kota Solo, Medan, dan Makassar berharap bisa terwujudnya ekosistem pendidikan digital Indonesia yang semakin merata saat ini.

Setelahnya, di tanggal 15 Maret 2023, 100 orang peserta yang berhasil lulus dengan nilai yang terbaik dari setiap kota, akan diberikan Beasiswa kelas tingkat intermediate untuk mengikuti pelatihan secara online

Selanjutnya, akan dipilih kembali 50 peserta terbaik di tiap-tiap kota untuk mengikuti pelatihan secara offline. Semua peserta tersebut nantinya akan mendapat challenge khusus dan pemenangnya akan diumumkan di bulan Agustus.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, menjelaskan bahwa komitmen IOH adalah memberdayakan Indonesia lewat pemenuhan kebutuhan talenta digital melalui IDCamp dengan semangat gotong royong.

“Kami yakin kerja sama dengan KADIN ini akan mendukung Indonesia menjadi pusat kekuatan digital di Asia Pasifik, dan kedepannya akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” terang Steve,sabtu 14/1/2023.

Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika KADIN Indonesia, Firlie H. Ganinduto mengatakan, pihaknya sangat senang bermitra dengan IOH karena kami memiliki visi yang sama untuk mendukung visi Indonesia dalam menciptakan talenta digital.

berharap agar anak muda Indonesia sekarang dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan kreativitas mereka serta membantu KADIN di daerah dalam memetakan kebutuhan skill di daerah masing-masing agar lulusan IDCamp x KADIN ini bisa langsung disalurkan, ” harapnya. (ad)

Continue Reading

Jakarta

Rayakan 365 Hari Pasca Merger IOH Baik Untuk Industri dan Indonesia

Published

on

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha. (Foto/Ist) 

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) merayakan 365 hari pascamergernya pada hari ini. Sejak resmi beroperasi pada 4 Januari 2022, IOH lahir dengan tujuan lebih besar yaitu menghubungkan dan meberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa. Selama kurun waktu tersebut, IOH terus membuktikan diri menjadi pendukung utama pertumbuhan tren industri telekomunikasi dan PDB Indonesia.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan “365 hari telah kami lalui dan banyak inisiatif yang telah dilakukan dalam upaya memenuhi tujuan besar IOH. Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan semua pihak sehingga IOH dapat menjadi bagian utama dalam meningkatkan pertumbuhan industri dan ekonomi Indonesia. Ini merupakan awal yang baik bagi perjalanan IOH ke depan, dan kami akan terus berfokus untuk menghadirkan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan.”

Untuk menandai momen spesial ini, IOH meluncurkan hasil riset berjudul Empowering Indonesia 2023, laporan komprehensif yang mengulas pilar ekonomi digital Indonesia dan peran teknologi dalam mempercepat pertumbuhan di masa depan. Pada kesempatan yang sama, IOH juga menyajikan kembali berbagai inisiatif dalam menjalankan misinya untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Bekerja sama dengan lembaga riset, twimbit, hasil riset ini dapat menjadi salah satu referensi dalam mengeskplorasi berbagai potensi untuk mempercepat transformasi digital Indonesia.

“Teknologi digital diyakini dapat mendukung pertumbuhan PDB Indonesia, di mana penetrasi internet juga terus meningkat dengan proyeksi ekonomi digital akan

berkontribusi sekitar 14% terhadap PDB di tahun 2027. IOH bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan memiliki komitmen untuk terus memainkan peran penting dalam mengakselerasi agenda nasional transformasi digital yang berujung pada kontribusi meningkatkan ekonomi digital Indonesia,” ujar Vikram.

Hasil riset Empowering Indonesia 2023 berisikan lanskap ekonomi digital Indonesia, pendorong pertumbuhan ekonomi digital, pilar dari ekonomi digital, teknologi yang mempercepat transformasi, serta yang terpenting, bagaimana IOH memberdayakan masyarakat Indonesia. Hasil riset tersebut diharapkan dapat menjadi rujukan bagi seluruh pelaku industri telekomunikasi digital untuk bergotong royong mewujudkan visi Indonesia 2045.

Terdapat tujuh pendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di antaranya potensi pedesaan yang belum tergarap, pertumbuhan kelas menengah akibat manfaat ekonomi yang meningkat, revolusi besar UMKM, membawa usaha menengah dan besar ke masa depan, menginspirasi inovasi digital yang tersebar luas dengan startup teknologi, perubahan lanskap digitalisasi nasional, dan membangun fondasi ekonomi digital yang lebih kuat dengan talenta digital. Informasi lebih detail mengenai hasil riset Empowering Indonesia 2023 dapat dilihat di ioh.co.id/EmpoweringIndonesia2023.

“Mendorong ekonomi digital Indonesia membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak dan IOH ingin terus menjadi agen kolaborator utama untuk saat ini dan di masa depan. Mari bersama-sama bergotong royong untuk mewujudkan impian dan cita- cita setiap orang Indonesia,” pungkas Vikram. [ad/rls]

Continue Reading

Umum

Populer