KNPI Banjarbaru Dirikan “Dapur Umum Pemuda” Untuk Warga Isoman. – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Banjarbaru

KNPI Banjarbaru Dirikan “Dapur Umum Pemuda” Untuk Warga Isoman.

Published

on

BANJARBARU, suaraborneo.com – DPD KNPI Banjarbaru mendirikan “Dapur Umum Pemuda” di Sekretariat KNPI jalan R.O.Ulin Banjarbaru. Untuk membantu warga yang melakukan Isolasi mandiri (Isoman), Jumat (30/07/21).

Dimana warga Banjarbaru di Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 tersebut untuk membantu warga yang melakukan isoman akibat terpapar COVID-19 serta mendukung program pemerintah daerah yaitu gerakan peduli isolasi mandiri (Garda Lima) di kelurahan dan kecamatan se-Kota Banjarbaru.

Dijadwalkan setiap hari, relawan yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan pemuda ini menyiapkan masakan dengan berbagai menu nasi kotak. untuk didistribusikan kepada pasien isoman.

Asupan gizi bagi orang sakit pun dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Posko Induk Isoman dan Garda Lima Banjarbaru.

“Saya yakin, dari kepedulian kami dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda ini, kita semua bisa jadi sehat. Yang penting satu kita berangkatnya dari kemanusiaan,” kata Gt.Adam Ketua Knpi Banjarbaru.

Adapun sumber dana, tambah Gt.Adam, mendapatkan bantuan dana dari Walikota Banjarbaru sebanyak 5 juta rupiah. Bagi donatur, dermawan yang ingin memberikan sembako / bahan baku masak, dipersilahkan datang ke posko dapur umum sekretariat KNPI Kota Banjarbaru.

Dapur umum “Pemuda” ini menyediakan 100 nasi kotak dan vitamin kepada warga yang menjalani Isoman.

Proses distribusi makanan yang dikemas dalam wadah kotak dan vitamin itu di antar ke setiap rumah warga yang isoman. Berdasarkan koordinasi dengan Posko Induk Isoman Banjarbaru, jelas Gt.Adam. (hrs-sb)

Bagikan ke

Banjarbaru

Musrenbang Pertanian 2025, Gubernur Tegaskan Kalsel Penyangga Pangan IKN

Published

on

Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) tingkat Provinsi tahun 2025. (Foto/Ist)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menekankan pentingnya sinergi antar pemangku kepentingan untuk mewujudkan prioritas pembangunan pertanian di Kalsel.

Hal tersebut disampaikan Paman Birin melalui Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) tingkat Provinsi tahun 2025 di Hotel Novotel Banjarbaru pada Rabu (17/4) pagi.

“Kegiatan ini juga bertujuan menyamakan arah dan haluan sekaligus menjadi upaya sinergi perencanaan antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota, melalui APBD dan APBN Tahun Anggaran 2025,” ungkap Paman Birin.

Menurut Paman Birin, salah satu isu strategis yang menjadi perhatian utama adalah tantangan perubahan iklim.

“Pengaruh iklim yang tidak diantisipasi dengan baik, akan mengancam sektor pertanian, hingga akhirnya mengganggu ketahanan nasional,” kata Paman Birin.

Lebih lanjut, Paman Birin mendorong rumusan langkah-langkah strategis dalam memitigasi dampak dari perubahan iklim, seperti antisipasi dampak dari musim kemarau maupun kekeringan ekstrim El Nino, hingga menjaga ketersediaan air.

Pada kesempatan tersebut, Paman Birin menegaskan pentingnya optimalisasi pengelolaan lahan rawa tersebut dengan melibatkan Kementerian Pertanian.

“Kalsel memiliki potensi lahan yang sangat besar, yang jika dikelola secara optimal, akan menjadi sumber pasokan beras yang melimpah bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Paman Birin menekankan potensi besar yang dimiliki sektor pertanian Kalsel, serta akses strategisnya sebagai pintu gerbang IKN, menjadikan daerah Kalsel sebagai pilihan tepat untuk menyuplai kebutuhan pangan bagi IKN.

“Kita juga mempersiapkan sektor pertanian Kalsel menjadi penyangga pangan IKN, mengingat potensi pertanian yang kita miliki, dan akses strategis sebagai pintu gerbang IKN,” tutur Paman Birin.

Paman Birin juga menekankan beberapa poin penting dalam pengembangan sektor pertanian di Kalsel.

“Kita tetap fokus mempertahankan surplus produksi padi, mempertahankan swasembada beras di daerah dan melakukan pemetaan wilayah-wilayah pertanian yang perlu dioptimalkan dengan lebih intens,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Imam Subarkah, menyampaikan peran penting Kalsel sebagai salah satu penyangga produksi pangan nasional.

“Saat ini, Kalsel menempati posisi ke-12 dari 38 provinsi di Indonesia dalam hal produksi pangan dan ditunjuk oleh Kementerian Pertanian RI untuk melaksanakan program-program strategis di tahun 2024.”

Menurut imam, Musrenbangtan merupakan forum penting untuk menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan pertanian di Kalsel dengan kebijakan nasional.

“Melalui forum ini, diharapkan terjalin sinergi dan kolaborasi antar berbagai pihak untuk mewujudkan Kalsel sebagai lumbung logistik Kalimantan yang handal dan berkelanjutan,” tutupnya

Acara tersebut dihadiri Forkopimda Kalsel, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Syamsir Rahman serta Dinas yang menangani ketahanan pangan di Kabupaten/ Kota se Kalsel, kepala BPS Kalsel dan Bulog Kalsel. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Apel dan Halalbihalal, Gubernur Kalsel Berpesan Kerja Gembira untuk Banua

Published

on

Halal Bihalal di lingkungan kantor Sekdaprov Kalsel. (Foto/Adpim)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ir. H. Nurul Fajat Desira, CES., menggelar Halal Bihalal di lingkungan kantor Sekdaprov Kalsel, Banjarbaru, senin (16/04) pagi.

Acara halal bihalal tersebut dilaksanakan setelah apel pagi, yang diikuti seluruh pegawai dan karyawan-karyawati lingkup Sekretariat Daerah Pemprov Kalsel pada hari pertama kerja setelah libur Idul Fitri 1445 Hijriah sebagai ajang silaturahim dan saling memaafkan.

Menurut Fajar, sebagaimana arahan langsung dari Paman Birin, dirinya mengajak kembali para ASN dan karyawan untuk kembali semangat bekerja sehingga memaksimalkan layanan untuk masyarakat.

“Sebagaimana arahan Paman Birin, semangat kerja gembira untuk Banua harus terus kita ditanamkan untuk semua ASN, tenaga kontrak dan karyawan/karyawati lingkup Pemprov Kalsel,” ucapnya.
Tak lupa, dirinya juga mengucapkan minal aidzin walfaizin mohon maaf lahir dan batin kepada para karyawan-karyawati lingkup provinsi Kalsel Dengan semangat baru, niat ikhlas dan kerja totalitas dalam melayani masyarakat.

“Dengan demikian, seluruh program kerja Pemprov Kalsel bisa memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat yang ada di Banua. Dan melalui halal bihalal ini, semoga bisa menjadi ajang untuk memperkuat silaturahmi dan komitmen kita untuk terus berkarya sebaik mungkin demi membangun Banua tercinta kita,” tutupnya.

Seusai apel, para pejabat nampak berbaris seraya berjabat tangan dengan para karyawan-karyawati. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Gubernur Lantik CPNS dan PPPK Pemprov Kalsel, Tunas Harapan Bergerak Membangun Banua

Published

on

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor melantik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). (Foto/Ist)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor melantik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Provinsi Kalimantan Selatan, pada Kamis (4/4) pagi.

Bertempat di Gedung Idham Chalid Kantor Gubernur Kalsel, sebanyak 1.148 PPPK dan 2 orang CPNS dari sekolah kedinasan dilantik serta diambil sumpah dan melakukan penandatanganan berita acara.

Pada kesempatan tersebut, gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menyampaikan ucapan selamat dan harapan kepada lebih seribu orang ASN Pemprov Kalsel ini.

“Selamat dan sukses. Semoga, saudara mampu menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dengan sebaik-baiknya,” sampai Paman Birin.

Paman Birin juga mengatakan, bahwa mereka adalah tunas-tunas baru dan harapan bagi birokrasi Pemprov Kalsel.

“Saudara adalah tunas baru, tunas harapan bagi Pemprov Kalsel yang terus bergerak maju untuk membangun birokrasi yang profesional dan berorientasi pada pelayanan yang prima kepada masyarakat,” ujar Paman Birin.

Melihat sumringah kegembiraan para peserta, Paman Birin menyampaikan rasa nostalgianya akan masa-masa ketika menjadi CPNS.

Namun merasakan gembira ini, Paman Birin berpesan agar para CPNS dan PPPK terus mempertahankan semangat ini sepanjang karir.

“Paman Birin merasakan hal yang sama ketika jadi CPNS seperti saudara-saudara. Awal pasti sangat menggelora. Tapi dalam setiap proses perjalanan yang kita ikuti selama menjadi CPNS tentu akan ada dinamikanya masing-masing,” ujar Paman Birin.

Paman Birin juga mengatakan, menuju satu abad Indonesia di tahun 2045, Indonesia akan menghadapi bonus demografi.

Paman Birin berharap, pertumbuhan penduduk yang akan terjadi adalah penduduk yang baik, yang kelak akan menjadi pengganti dan pemimpin birokrasi di masa yang akan datang.

“Saat ini Indonesia sedang mengalami bonus demografi, potensi kelebihan penduduk. Apabila baik, dimana saudara-saudara termasuk di dalamnya yang akan menjadi pengganti dan pemimpin, Insya Allah Indonesia akan berjaya selama-lamanya,” ucap Paman Birin.

Selanjutnya, Paman Birin juga berpesan agar para peserta pelantikan kali ini untuk bersyukur, karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi ASN.

“Bersyukurlah secara tulus dan ikhlas atas posisi CPNS dan PPPK saudara, dengan pengabdian terbaik untuk kepada nusa, bangsa dan Banua Kalsel yang kita cintai ini,” pesan Paman Birin.

Usai acara, para CPNS dan PPPK juga menerima arahan dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalsel, Dinansyah terkait tahapan-tahapan selanjutnya yang perlu dilakukan oleh para peserta.

Seperti melapor ke SKPD terkait dan mengurus kelengkapan dokumen untuk keperluan penggajihan.

Sebelum pelantikan, juga dilaksanakan penyerahan SK Kenaikan Pangkat Luar Biasa kepada 4 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov Kalsel.

Penerima SK tersebut adalah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hanifah Dwi Nirwana, Kepala Dinas Perdagangan, Sulkan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Faried Fakhamnsyah serta Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Mujiyat. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Rencana Dihadiri Wapres RI, Pemprov Kalsel Mantapkan Persiapan Haul Datu Kalampayan

Published

on

Persiapan Haul Akbar ke-218 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kelampayan). (Foto/Adpim)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin memastikan persiapan Haul Akbar ke-218 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kelampayan) telah dimatangkan. (lebih…)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Momen Lebaran 2024, Bandara Internasional Syamsudin Noor Siap Wujudkan Mudik Ceria Penuh Makna

Published

on

General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono. (Foto/Ist)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com –  Siap hadapi momentum Mudik Lebaran 2024, Manajemen Angkasa Pura I gelar Posko Angkutan Udara Lebaran di Selasar Exhibition Hall Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor mulai hari ini, Selasa (02/03).

Posko ini digelar selama 16 hari terhitung mulai 03 – 18 April 2024, Bandara dengan kolaborasi dari TNI, Polri, Basarnas, Airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, dan komunitas Bandara lainnya.

“Pada kesempatan ini kami antusias memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan berkesan kepada para pengguna jasa. Manajemen Angkasa Pura I bersama stakeholder terkait telah melakukan serangkaian persiapan, program-program, dan terus berkoordinasi aktif untuk antisipasi adanya peningkatan jumlah aktivitas di Bandara maupun kondisi abnormal yang mungkin terjadi. Salah satu upaya kami adalah dengan menyelenggarakan Posko Angkutan Udara Idul Fitri 2024 yang beroperasi selama jam operasional Bandara yaitu pukul 06.00 – 23.00 WITA,” terang General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono.

Selama periode Mudik Lebaran 2024, persiapan terkait operasional telah disiapkan antara lain dengan pelaksanaan inspeksi keselamatan angkutan lebaran, pengecekan fasilitas berkala, _Airport Security Committee_, hingga persiapan para personel operasi. Manajemen Angkasa Pura I juga telah mempersiapkan sejumlah program terkait antisipasi keadaan darurat, _accident_, dan _force majeur_ saat mudik lebaran berlangsung.

Selama penyelenggaraan Posko, diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebanyak 6% dari 139.122 penumpang menjadi 147.469 penumpang. Selain itu, terdapat pertumbuhan pada jumlah aktivitas pesawat dari 1.181 _movements_ menjadi 1.228 _movements_ atau sebesar 4%. Tidak ketinggalan, prediksi catatan positif juga terlihat dari kargo yang meningkat 5% dengan total 1.123.533 kg dari sebelumnya 1.070.031.

Puncak arus mudik pada periode ini diprediksi akan terjadi pada tanggal 07 April 2024 dengan 11.018 penumpang, sementara arus balik akan terjadi dengan total 11.620 penumpang pada 18 April 2024.

Dony menambahkan, “Harapan kami atas momentum mudik lebaran kali ini adalah para pengguna jasa dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman dengan aman, nyaman, dan berkesan menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor. Kami berkomitmen untuk memberikan fasilitas dan personel bandar udara yang siap melayani dengan optimal”. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Soal Balap Liar di Banjarbaru, Pengamat : Perbanyak CCTV, Sirkuit Perlu Dipikirkan

Published

on

Balap liar yang meresahkan warga. (Foto/Ilustrasi)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com  – Fenomena balap liar terjadi di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan, balap liar di depan Balai Kota Banjarbaru berujung pada kecelakaan (laka) lalu lintas (lantas).

Hal ini memantik atensi pengamat tata kota sekaligus akademisi Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (FT ULM), Dr. Eng. Akbar Rahman. Menurutnya, Pemko Banjarbaru perlu mengambil peran dalam peningkatan pengawasan terhadap ruang publik.

“Dengan memasang CCTV, sehingga dapat mengetahui lebih awal jika terjadi penyalahgunaan ruang-ruang publik perkotaan,” ujarnya, belum lama tadi.

Akbar menjelaskan, sistem ini bisa bekerja sama dengan pihak kepolisian. Sehingga, bisa mengetahui lebih awal jika terjadi pelanggaran pada ruang-ruang publik.

“Sehingga tidak hanya mengandalkan laporan dari warga,” imbuhnya.

Dia berpandangan, maraknya balapan liar juga bisa difasilitasi oleh pemko dengan menyiapkan area yang aman. Dengan catatan, jika ada remaja ingin mengembangkan bakatnya dalam olahraga balapan.

“Sirkuit balapan perlu dipikirkan lagi agar remaja memiliki tempat yang aman untuk menyalurkan bakatnya,” tegasnya.

Dirinya membeberkan, kenakalan remaja dengan aktivitas balap liar memberikan citra yang kurang baik bagi suatu kota dan ketenteraman warga, terlebih di bulan suci Ramadan. Ia menyarankan, perlunya ada kontrol sosial dan pengawasan aksi balapan liar harus ditingkatkan.

“Peran ini bukan hanya tanggung jawab kepolisian atau pemko, namun menjadi tanggung jawab seluruh warga kota hingga orang tua pelaku balap liar,” pungkasnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Hari Bakti Rimbawan Ke-41 Tahun 2024, Gubernur Berpesan Terus Jaga Kelestarian Hutan

Published

on

Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel beserta UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kalsel melaksakan upacara peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-41 Tahun 2024. (Foto/Adpim)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel beserta UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kalsel melaksakan upacara peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-41 Tahun 2024 di Halaman Kantor Dishut Kalsel. Senin (18/3).

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Fathimatuzzahra membacakan sambutan dari Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar menyatakan bahwa, peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-41 Tahun 2024 mengusung tema ‘Bakti Rimbawan Untuk Tanah Air, Untuk Bangsa’.

Tema ini mengandung makna Reflektif dan Evaluatif atas apa yang telah kita lakukan bersama sebagai Rimbawan. Tema ini juga meneguhkan arah dan cara pandang Rimbawan, menggali atau recall memori yang senantiasa ada dalam benak kita tentang peranan Rimbawan dalam menjaga hutan sebagai elemen dan struktur pembentuk bentang alam dan lingkungan serta semua faktor yang saling mempengaruhi di alam.

“Panggilan jiwa dan tugas kita bersama melestarikan hutan alam kita, hutan hujan ropika basah Indonesia” sampai Kadishut Kalsel Fathimatuzzahra pada saat memimpin upacara.

Lebih lanjut, dalam sambutan itu, disampaikan agar para rimbawan terus melakukkan konsolidasi dan pertebal dedikasinya sebagai rimbawan untuk Indonesia tercinta.

Diharapkan melalui upacara peringatan hari bakti rimbawan ini dapat semakin memupuk rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan.

Sementara itu, dalam berbagai kesempatan pun, Gubernur Paman Birin selain terus menggelorakan gerakan Revolusi Hijau di Banua, juga meminta kepada semua pihak untuk selalu menjaga kelestarian hutan.

“Selain kita terus menanam, menanam dan menanam untuk anak cucu, kita pun harus sama-sama memiliki tekad menjaga lingkungan dan hutan tetap lestari dan berkelanjutan,” pesan Paman Birin. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Rampung 2024, Pengelolaan Aset Proyek Strategis Gubernur Kalsel Jadi Prioritas

Published

on

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membahas pengelolaan aset proyek strategis yang akan rampung pada tahun 2024. (Foto/Adpim)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membahas pengelolaan aset proyek strategis yang akan rampung pada tahun 2024 ini.

Proyek strategis Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin itu adalah Tugu Pal Nol, Gelanggang Olahraga dan Masjid Syech Muhammad Arsyad al Banjari di kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel.

Selain itu ada lapangan Golf Banjarbaru, lapangan Dharma Praja, Gor Hasanuddin, Stadion 17 Mei.

Karo Biro Administrasi Pembangunan Setda Prov Kalsel, Gusti Rahmat mengatakan, Gubernur Kalimantan Selatan Paman Birin ingin pembangunan proyek strategis itu tidak terbengkalai setelah dibangun.

“Bapak Gubernur Paman Birin ingin pengelolaan ini tidak terbengkalai setelah dibangun, dan pada pengelolaanya nanti tidak lagi membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD,” katanya pada rapat pengelolaan hasil proyek strategis Kalsel di ruang PM Noor Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru, Kamis (14/3) siang.

Dikatakanya, rapat membahas pola pengelolaan apakah melalui Unit Pelaksana Teknis, Badan Layanan Umum Daerah atau kerjasama dengan pihak swasta. Namun yang paling memungkinkan dilaksanakan adalah kerjasama dengan pihak ketiga karena opsi pengelolaan melalui UPT dan BLUD memerlukan waktu yang cukup lama.

Pada rapat ini juga disepakati untuk membentuk tim yang akan bertugas untuk menyiapkan peresmian hingga pengelolaanya. Adapun Ketua Tim adalah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov Kalsel Muhammad Amin.

Sementara itu, Ketua Tenaga Ahli Gubernur (TAG) H. Noor Aidi mengatakan, Gubernur Paman Birin ingin Tugu Pal Nol diprioritaskan tanpa menyampingkan pembangunan infrastruktur lainnya.

Menurutnya, rencananya Tugul Pal Nol akan diresmikan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor bertepatan dengan Hari Jadi ke 74 Provinsi Kalimantan Selatan pada bulan Agustus mendatang.

Setelah diresmikan, disekitaran Tugu Pal Nol nantinya akan diisi dengan pusat kegiatan UMKM rakyat.

Menurutnya, di area Tugu Pal Nol ada eks kantor gubernur di Banjarmasin rencananya dijadikan museum. Nanti di dalamnya berisi sejarah pembangunan dan pemimpin di Provinsi Kalimantan Selatan.

Dirinya berharap Tugu Pal Nol dan proyek strategis lainya akan rampung pada tahun 2024 ini.

Turut hadir Kepala Biro Organisasi Kalsel Galuh Tantri Narindra, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Kalsel Rahmaddin, Tenaga Ahli Gubernur diantaranya Dr H. Syaifudin, H. Mawardi, Rizal Akbar Sarupi, Wahyuddin, Syamsul Rani dan lainnya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarbaru

Kalsel Masuk 10 Terendah Inflasi dan Terbaik di Indonesia

Published

on

Rapat koordinasi TPID Kalsel 2024, langsung dipimpin Kemendagri dan seluruh pejabat terkait secara virtual. (Foto/Ist)

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Keberhasilan Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam mengendalikan inflasi menjadikan Kalsel salah satu provinsi terendah inflasi di Indonesia.

Ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalsel 2024, rutin digelar dan dipimpin langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Komjen Pol Tomsi Tohir, secara virtual di Commond Center Sekretariah Daerah Provinsi di Banjarbaru, Rabu (13/3).

Rakor TPID Kalsel tersebut yang diikuti oleh Gubernur Kalsel melalui Asisten II Setdaprov Kalsel, Muhammad Amin, juga tampak hadir Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kalsel, Saptono, Ketua Tim Harga BPS Kalsel, Fachri, Manager Bank Indonesia Wilayah Kalsel, Hildalia, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kalsel, Gusnanda, Kepala Bagian Kebijakan Biro Perekonomian Setdaprov, Agus Salim, dan pejabat terkait lainnya.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Asisten II Setdaprov Kalsel, Muhammad Amin mengatakan, meskipun berada di posisi di bawah inflasi nasional, termasuk 10 provinsi daerah terendah atau terbaik di Indonesia, namun masih perlu ada beberapa tindakan upaya menekan lagi inflasi.

Ada dua kabupaten di Kalsel yang mengalami harga cukup tinggi pada komoditas beras, yakni, kabupaten Tapin dan Hulu Sungai Utara (HSU).

“Sebagaimana arahan Gubernur Kalsel dan Kemendagri untuk terus upayakan pengendalian inflasi Kalsel akan dilakukan operasi pasar murah di seluruh kabupaten/kota masing-masing, dengan begitu upaya untuk menekan inflasi Kalsel terus terkendali dan terjaga,” katanya.

Kementerian Dalam Negeri, Komjen Pol Tomsi Tohir itu disebutkan pada data Februari lalu, Provinsi Kalsel masuk dalam 10 provinsi terendah inflasi di Indonesia yakni 2,27 persen (y-o-y) sekaligus provinsi terendah inflasi di Kalimantan dibandingkan Provinsi Kalbar (2,56 persen), Kalteng (2,46 persen), Kaltara (2,33 persen), bahkan Kaltim (3,28 persen) yang berada di zona 10 tertinggi inflasi.

Secara nasional, inflasi sebesar 2,75 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,58. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer