Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Banjarmasin

Laksanakan PPKM Level IV, Satgas Covid-19 Bantim Operasi Yustisi Ke Pasar dan Terminal

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Masih merebaknya wabah pandemi Covid-19 di seluruh wilayah Banjarmasin, tak terkecuali Banjarmasin Timur membuat Satgas Covid-19 Banjarmasin Timur yang terdiri dari Koramil 1007-01/BT, Polsek Banjarmasin Timur dan Camat Banjarmasin Timur konsisten melaksanakan Operasi Penegakan Disiplin PPKM Level IV di wilayahnya.

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan pada pagi dan malam hari.

Dalam kegiatan yang didukung oleh personel Satpol PP dan Dinas Perhubungan Banjarmasin tersebut mereka menyambangi kawasan Pasar Kesatriaan, sejumlah rumah makan disepanjang Jalan Veteran dan Pramuka serta terakhir kawasan Terminal Kilometer 6.

Danramil 1007-01/BT, Mayor Czi M Salim mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan aturan PPKM Level IV dilaksanakan dengan baik oleh seluruh elemen masyarakat.

Ia menyebutkan masih terdapat beberapa warga yang kedapatan berkeliaran tanpa masker, khususnya di pinggir-pinggir jalan.

“Kita ingatkan dan berikan masker. Sambil kita minta untuk tidak mengulanginya lagi ke depan. Namun tetap kita kedepankan tindakan-tindakan yang humanis,” jelasnya, Kamis (29/7/2021).

Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Pujie Firmansyah menimpali Danramil bahwa dalam kegiatan yang telah dilakukan untuk kesekian kalinya tersebut pihaknya juga membagikan sembako untuk pedagang dan Abang becak yang ditemui di jalan.

Diharapkan pemberian sembako tersebut dapat membantu beban masyarakat di tengah kondisi sulit ini.

Ia pun menyebutkan PPKM Level IV ini tidak bertujuan untuk mematikan ekonomi masyarakat, namun untuk menghindarkan masyarakat dari paparan Covid-19 yang saat ini masih merebak.

“Tidak ada niatan kita untuk mematikan ekonomi masyarakat. Yang paling utama adalah keselamatan dan kesehatan masyarakat. Itu yang pelan-pelan kita sampaikan ke masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Camat Banjarmasin Timur, Ahmad Muzaiyin menjelaskan, selain melakukan operasi yustisi seperti ini, pihaknya juga melakukan intervensi terhadap wilayah-wilayah di Banjarmasin Timur agar penyebaran Covid-19 tidak semakin menjadi-jadi.

Ia mencontohkan telah meminta semua potensi yang dimiliki oleh tiap-tiap kelurahan seperti Linmas, Posyandu, RW dan RT untuk membantu memastikan indikator PPKM Level IV terlaksana di tengah masyarakat.

“Bisa kita lihat hasilnya, mobilitas masyarakat pada malam hari menurun drastis akibat cafe dan warung tutup lebih awal. Ini tak lain berkat kerja keras kita bersama,” jelasnya.

Bahkan yang membanggakan, ujar pria yang saat ini juga menjabat sebagai Plt Kasat Pol PP dan Damkar Banjarmasin ini saat ia menjadi narasumber di salah satu radio pemerintah, ada warga yang menyebutkan pernah diminta pemilik warung untuk tidak makan di tempat.

“Jadi dalam sesi dialog ada warga yang mengatakan pernah diminta pemilik warung agar tidak makan di tempat. Dari sini kita melihat tingkat kesadaran masyarakat sudah meningkat,” ungkapnya.

Ia pun telah mengintruksikan kepada Lurah guna bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk membantu masyarakat yang terpapar dan menjalani isolasi mandiri. (*/ad)

 160 kali dilihat

Umum

Populer