Connect with us
FILE-MASAK-LOGO-SB-5

Daerah

Pasokan Oksigen RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan Tersedia

Published

on

KANDANGAN, suaraborneo.com – Bupati Hulu Sungai Selatan Drs H Achmad Fikry MAP memastikan kebutuhan akan stok oksigen bagi warga masyarakatnya yang tengah dirawat atau menjadi pasien di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan kini telah tersedia sehingga tidak perlu merasa khawatir lagi.

Hal ini disampaikan Bupati H Achmad Fikry, setelah dirinya bersama Direktur RSUD H Hasan Basry Kandangan dr Hj Rasyidah M Kes menyambut secara langsung kedatangan Truk Tangki PT Samator yang membawa pasokan oksigen medis berbentuk liquid untuk RSUD H Hasan basry Kandangan Jumat (30/07/2021) bertempat di areal parkir halaman IGD Komplek RS tesebut.

Tidak sekedar menyambut kedatangannya, bahkan Bupati H Achmad Fikry menyaksikan proses pengisian dan penyaluran dari Truk Tangki ke Tangki Oksigen Liquid Lox berkapasitas maksimal 4.985 meter kubik milik RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan yang berlangsung kurang lebih 45 menit hingga sang sopir truk tangki pamit untuk kembali ke PT Samator Tanjung.

Bupati bersyukur RSUD Brigjend H Hasan Basry telah mendapatkan pasokan oksigen liquid dari PT Samator Tanjung. Oleh karena itulah dirinya terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Kalsel yang telah banyak membantu Pemkab HSS khususnya RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan dalam memenuhi suplai oksigennya.

Diungkapkannya dua hari yang lewat, Pj Gubernur Kalsel kontak dirinya bahwa suplai oksigen untuk kita sudah dikirim dari Bontang Kalimantan Timur, dan diperkirakan akan tiba tadi malam. Namun karena ada kendala di perjalanan, baru siang ini tiba, ujarnya.

Meskipun pasokan ini diperkirakan hanya bertahan 5-7 hari saja dengan jumlah pasien maksimal 80 orang sehingga untuk dapat terus menjamin ketersediaan oksigen untuk pasien, Bupati H Achmad Fikry mengatakan dirinya akan terus berkomunikasi dengan PT Samator Tanjung. Bahkan Bupati H Achmad Fikry secara khusus menyampaikan terima kasihnya kepada pihak PT Samator Tanjung yang saat ini turut membantu memprioritaskan pasokan dan suplai oksigen untuk RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan.

“Di waktu-waktu yang memungkinkan, kita akan terus berkomunikasi dan tetap bekerjasama dengan PT Samator Tanjung untuk memastikan suplai oksigen kita berjalan aman dan lancar”, ungkapnya sekalipun nantinya RSUD berencana membeli Generator Oksigen.

Sementara itu, Direktur RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan Hj Rasyidah mengungkapkan pasokan oksigen liquidnya sempat kosong selama 4 hari, namun untuk memenuhi kebutuhan oksigen pasiennya, pihaknya mendapat bantuan dari berbagai pihak.

“Stok oksigen kita dapatkan dari pasar, puskemas, klinik dan rumah rumah warga yang memiliki cadangan oksigen, kemudian disalurkan ke sini sehingga mampu menyambung hidup para pasien kami hingga saat ini”, bebernya.

Dengan adanya pasokan oksigen liquid dari PT Samator Tanjung ini, Hj Rasyidah yakin distribusi dan tekanan oksigen pasien sudah stabil dan mampu bertahan selama 5 hari ke depannya dengan kondisi maksimal 80 pasien. Meski jumlah pasien sempat turun, menurut Hj Rasyidah saat ini kembali pasien mulai berdatangan, apalagi saat ini covid-19 di Kab HSS dalam fase naik setelah 2 minggu baru turun lagi.

Pesan ulun kepada masyarakat, tolong tetap jaga protokol kesehatan karena pandemi covid-19 masih sangat tinggi di tempat kita, dan bersama-samalah kita dapat menyelesaikan pandemi ini.

Dan meski sempat kekurangan stok oksigen, Hj Rasyidah berkomitmen pihak RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan tidak akan menutup pelayanannya bagaimanapun kondisinya, terlebih sebagai rumah sakit rujukan Covid-19.

Terkait dengan rencana pembelian generator oksigen, Hj Rasyidah mengatakan september 2021 ini akan terealisasikan. Generator oksigen ini mampu memproduksi oksigen dengan kapasitas 500 atau 50 tabung per jam. Meski telah memiliki generator oksigen ini, dirinya sependapat dengan Bupati HSS dan kembali membenarkan RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan tidak akan memutus kerjasama penyaluran oksigen liquidnya dengan PT Samator Tanjung.

Generator oksigen ini sifatnya hanya backup kalau ada kejadian luar biasa atau kejadian seperti ini terjadi lagi dimana kebutuhan oksigen meningkat drastis. Bahkan bila ada situasi seperti ini lagi atau darurat lainnya, dengan adanya generator oksigen ini kita bisa membantu pihak lain yang menbutuhkan stok oksigen secara cepat dan lebih dekat, tambah Hj Rasyidah. (ar-hss)

 118 kali dilihat

Umum

Populer