30 Tahun Mengabdi, Alumni Akpol 91 Gelar Vaksinasi dan Bakti Sosial Warga Kalsel Terdampak Covid-19 – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Banjarmasin

30 Tahun Mengabdi, Alumni Akpol 91 Gelar Vaksinasi dan Bakti Sosial Warga Kalsel Terdampak Covid-19

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Tiga puluh (30) tahun mengabdi di Kepolisian Republik Indonesia, Alumni Akpol Angkatan 91 Batalyon Bhara Daksa melaksanakan kegiatan Vaksinasi dan Bakti Sosial (Baksos) diwilayah hukum Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (31/7/2021) pukul 08.30 Wita.

Kegiatan Vaksinasi dan Baksos yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini berlangsung di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel yang turut dihadiri Kapolda Kalsel, Wakapolda Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, para Alumni Akademi 91 Bhara Daksa, Kapolresta Banjarmasin dan Kolonel TNI Hermawan Perwakilan 91 dari Kodam VI/Mulawarman.

Saat ditemui, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si., didampingi Karo Logistik Polda Kalsel Kombes Pol Moch Sagi Dharma Adhyakta, S.H. dan Kolonel TNI Hermawan selaku perwakilan Alumni Akpol Angkatan 91 Batalyon Bhara Daksa mengatakan kegiatan bertemakan “POLRI PEDULI GEBRAK VAKSINASI DAN PEMBERIAN BAKSOS PRESISI” tersebut merupakan bentuk sumbangsih Alumni Akpol Angkatan 91 Batalyon Bhara Daksa kepada masyarakat di masa Pandemi Covid-19.

“Hari ini kami Alumni Akpol Angkatan 91 Batalyon Bhara Daksa menggelar kegiatan Vaksinasi dan Bakti Sosial kepada 1991 orang masyarakat yang ada di Provinsi Kalsel. Dimana kegiatan ini merupakan bentuk sumbangsih kami kepada masyarakat karena kami Alumni Akpol Angkatan 91 Batalyon Bhara Daksa sudah 30 tahun mengabdi,” kata Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. yang yang menjabat sebagai Wakapolda Kalsel.

Dia menambahkan bahwa kegiatan Vaksinasi dan Bakti Sosial tersebut akan dilakukan di seluruh Polres/Ta Jajaran yang ada di wilayah hukum Polda Kalsel.

“Ini semua kita lakukan sebagai bentuk ucapan syukur kita karena sudah mengabdi selama 30 tahun di Kepolisian Republik Indonesia,” ucap Wakapolda Kalsel.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa kegiatan Bakti Sosial tersebut menyasar kepada masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19.

Wakapolda berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi penerima sembari menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

“Kita sudah merasakan Pandemi Covid-19 selama kurang lebih satu setengah tahun, tidak ada cara lain untuk mencegah penularan virus ini selain mematuhi protokol kesehatan dan dilakukan vaksinasi. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan kekebalan pada tubuh kita sehingga dapat mencegah penularan Virus Covid-19 ini,” ujarnya.

“Dan juga saya berharap semoga dengan bantuan paket Sembako yang diberikan Alumni Akpol Angkatan 91 Batalyon Bhara Daksa bisa meringankan beban masyarakat di masa Pandemi Covid-19,” tutup Wakapolda Kalsel.

Sementara itu Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. dalam keterangannya menjelaskan dalam rangka 30 tahun pengabdian Alumni Akpol Angkatan 91 Batalyon Bhara Daksa memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat berupa Vaksinasi dan Bakti Sosial guna meringankan beban masyarakat dalam menghadapi PPKM dimasa Pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat semua. Selamat ulang tahun dan sukses selalu kepada Alumni Akpol Angkatan 91 Batalyon Bhara Daksa, semoga kedepan lebih jaya,” ucap Kapolda Kalsel. (*/ad)

Bagikan ke

Banjarmasin

Terbitnya Perda Tentang Hukum Adat, Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak Audensi Ke Kantor DPRD Kalsel

Published

on

Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak audensi datangi DPRD Kalsel terkait perlindungan dan pengakuan masyarakat adat. (Foto: Humas DPRD Kalsel)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Komisi IV DPRD Kalsel beraudiensi dengan Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak yang meminta dipercepatnya diterbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat.

Tujuan datangnya dari Barisan Pertahanan Masyarakat Dayak terkait harapannya meminta dikeluarkan secepat mungkin turunan dari perda, agar perda ini dapat diimplementasikan di dalam masyarakat.
Ketua Api dan Gempita Kalsel Syamsul Ma’rifis mengatakan, Pemprov Kalsel harus proaktif dalam membentuk rancangan Pergub, jangan sampai ada yang tertinggal sehingga di kemudian hari menimbulkan masalah baru.

“Pemprov harus undang semua perwakilan dari masyarakat dayak LSM OKP untuk memberikan masukan terhadap rancangan Pergub ini. Jangan sampai ada hal-hal yang tertinggal di Pergub. Itu untuk kepentingan masyarakat adat kalo ini tertinggal ini menjadi masalah dikemudian harinya, jangan sampai kita memecahkan masalah tapi malah menimbulkan masalah yang baru, jadi semua element harus terkumpul semua,” katanya.

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel HM Lutfi Saifuddin menyambut baik kedatangan Barisan Pertahanan Masyarakat Dayak dan mendukung aspirasi mereka.

“Ormas-ormas ini menyuarakan aspirasi mereka bahwa dengan terbitnya Perda tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat, ini harus segara mungkin diterbitkan Pergub atau petunjuk pelaksanaannya karena apa, ini sudah di ujung masa jabatan, baik eksekutif maupun legislatif. Jangan sampai kita limpahkan kepada para pejabat atau para wakil rakyat yang baru karena kita tidak tau semangatnya seperti apa,” katanya.

Lutfi mengharapkan agar Pemprov bisa mempercepat perancangan Pergub Hukum Adat ini, “Jadi ini yang kita desak untuk mempercepat perancangan Pergub, dan rancangan ini yang tadi disampaikan hanya berupa rancangan, dan ini yang dinanti-nanti. Semua rancangan ini agar bisa disampaikan disosialisasikan mungkin dirembuk dengan para tokoh atau para pembuka-pembuka adat, sehingga mereka bisa mewakili masyarakat adat untuk memberikan masukan di dalam Pergub tersebut yang sesuai dengan masyarakat hukum adat itu sendiri,” pungkasnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

BMKG : Peringatan Dini Siklon Tropis OLGA Sebabkan Hujan Disertai Angin Kencang di Kalsel

Published

on

Cuaca ektream disertai angin kencang. (Foto/Google) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini Siklon Tropis OLGA, Sabtu (6/4) lalu.

Siklon tropis OLGA terpantau di Samudra Hindia barat daya dengan kecepatan angin
maksimum 40 knots dan tekanan udara.

Diperkirakan kecepatan angin maksimum Siklon Tropis OLGA akan meningkat dalam 24 jam ke depan ke kategori 2 (dua).

Kondisi ini menyebabkan hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah :

– Lampung
– Banten
– Jawa Barat
– Jawa Tengah
– Jawa Timur
– Kalimantan Tengah
– Kalimantan Selatan
– Bali
– NTB
– NTT

Siklon tropis OLGA juga menyebabkan gelombang laut tinggi mencapai 1.25 – 2.5 m (Moderate Sea) di perairan :

– Samudra Hindia selatan Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT
– Samudra Hindia selatan Kupang – P. Rotte
– Perairan selatan Jawa Tengah – Jawa Timur
-Perairan selatan Bali – Lombok- Sumbawa
– Perairan selatan P. Sumba

Gelombang tinggi mencapai 2.5 – 4.0 m (Rough Sea): – Samudra Hindia selatan P. Sumba. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Kalsel Terus Dorong Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Banua

Published

on

Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Setempat tahun 2024 di Banjarmasin, Kamis (18/04/2024).

Bangga Kencana singkatan dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana yaitu program yang digunakan untuk memperkuat sistem informasi keluarga yang terintegritas.

Pembukaan kegiatan dihadiri Kepala BKKBN Pusat, dr Hasto Wardoyo, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar anggota Forkopimda/mewakili, dan pejabat terkait lainnya.

Disebutkan bahwa gubernur mengajak semua para pemangku kepentingan di
tingkat provinsi dan kabupaten kota,
serta para mitra strategis untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergitas sekaligus penguatan komitmen.

Diingatkan, Presiden Joko Widodo
menargetkan penurunan angka stunting menjadi 14 persen pada 2024. Target ini menjadi PR bersama, baik pemerintah daerah, BKKBN selaku ketua pelaksana percepatan penurunan stunting, kementerian/lembaga, dan seluruh sektor terkait.

Angka stunting di Kalsel ujar Paman Birin, masih harus ditekan untuk mencapai target yang diharapkan. Berdasarkan data SSGI tahun 2021, prevalensi stunting di Kalsel sebesar 30, kemudian turun menjadi 24,6 persen pada tahun 2022. Berarti dikejar hingga 10,6 persen untuk mewujudkan target 14 persen di tahun 2024.

Rakerda ini dinilai penting bagi desain masa depan anak bangsa. Indonesia akan memasuki fase puncak bonus demografi pada tahun 2035-2045. Keuntungan dari bonus demografi, baru bisa dirasakan ketika kualitas SDM meningkat. Sedangkan keluarga, merupakan pintu utama untuk meningkatkan kualitas SDM dimaksud.

Turut hadir, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Pj Bupati Batola Mujiat, Pj Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman, dan Pj Bupati Hulu Sungai Selatan Hermansyah.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel Ramlan sekaligus ketua panitia pelaksana, dalam laporannya menyebutkan, tujuan rakerda yang diikuti sekitar 100 peserta ini, adalah untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi semua pihak terkait dalam percepatan penurunan stunting di Kalsel, dan penguatan komitmen.

Rakerda diisi dengan pengukuhan Bapak Asuh Anak Stunting, penandatanganan MoU dan perjanjian kerja BKKBN Kalsel bersama mitra/stakeholder, dan penyerahan secara simbolis dana alokasi khusus kepada bupati/walikota se-Kalsel, serta penyerahan penghargaan kepala Pemprov Kalsel kategori Mitra Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting tahun 2023, dan penerima lainnya. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Bantu Biaya Pengobatan Operasi Mata Katarak kepada Sani Abdul Rivai

Published

on

Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan Sekretaris UPZ Bank Kalsel, Junaidi kepada Sani Abdul Rivai. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga setelah keimanan karena Kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang utama dalam melaksanakan berbagai hal aktivitas baik itu untuk keperluan duniawi maupun rohani dalam rangka beribadah kepada Allah SWT.

Sani Abdul Rivai saat ini berumur 65 tahun dan mengalami mata katarak di sebelah kanan, Sani Abdul Rivai ingin bisa sembuh dari mata katarak namun terkendala dengan biaya operasi dikarenakan merupakan seorang pensiunan.

Berdasarkan hal tersebut Bank Kalslel melalui Unit Pengumpil Zakat (UPZ) memberikan bantuan biaya pengobatan mata katarak kepada Sani Abdul Rivai.

Adapun dalam penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Sekretaris UPZ Bank Kalsel, Junaidi kepada Sani Abdul Rivai.

“Bagi Donatur dan Sahabat Akselenials yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel,” ajak UPZ Bank Kalsel. [adv/ad]

Rekening Zakat, Infak dan Sedekah
Bank Kalsel Syariah:
6500844928 (Zakat)
6500846214 (Infak dan Sedekah)
A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel

Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ Bank Kalsel 0811505153

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Pelantikan Apdesi Kalsel, Gubernur Terus Kuatkan Sinergi dan Kolaborasi Bersama

Published

on

Pelantikan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Kalsel sebagai Ketua Umum, Surta Wijaya. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Kalsel diharapkan mampu menguatkan komitmen mendampingi dan mengawal pembangunan di tingkat desa.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah, pada Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Cabang Apdesi Provinsi Kalsel Periode 2023-2028 di Pendopo Agug Ardji Kriyo Sentono Rumah Makan Pawon Tlogo, Kabupaten Barito Kuala, Rabu (17/4).

“Maka dari itu, Apdesi harus bisa menguatkan sinergi dan kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalsel serta seluruh perangkat desa, guna mewujudkan kesejahteraan di bidang ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan,” kata Paman Birin.

Paman Birin mengatakan, Apdesi dapat melibatkan masyarakat desa untuk ikut serta mengawasi penggunaan dana dan kemajuan pembangunan desa.

“Ruang untuk korupsi harus diminimalisasi dengan cara memperkuat mekanisme pengawasan sehingga Apdesi dapat memberikan edukasi kepada seluruh aparatur desa agar pemanfaatan dana desa berjalan secara optimal dan tepat sasaran,” harapnya.

Paman Birin juga menjelaskan, pemerintah memberikan perhatian pada kesejahteraan desa melalui kucuran dana desa dari tahun ke tahun.

Di tahun 2024 total anggaran dana desa sebesar Rp71 triliun akan di distribusikan ke 75.265 desa sehingga rata-rata setiap desa akan mendapat dana Rp943,7 juta.

“Anggaran dana desa meningkat dari tahun 2023 yang sebesar Rp70 triliun dan rata-rata pertambahan dana desa sebesar 21,3 persen per tahun. Peningkatan anggaran dana desa ini, tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan desa yang tertib administrasi, transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Apdesi, Surta Wijaya mengatakan, Apdesi memiliki peran dalam mendampingi pemerintah desa dalam melaksanakan program pembangunan agar berjalan sesuai rencana sehingga terwujud kemakmuran desa.

“Apdesi bertanggung jawab dalam menjembatani komunikasi dan koordinasi yang baik antara Kepala Desa dalam mengawal penyelenggaraan pemerintah desa yang akuntabel, transparan dan tepat sasaran,” kata Surta.

Sebelumnya, Ketua DPD Apdesi Kalsel terpilih, Ahmad Rijali Nasution menyampaikan, dibawah kepimpinannya akan membangun relasi dan koordinasi antar pemerintahan desa, guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang semakin berkembang dan maju.

“Memang pemerintahan desa memiliki peran yang sangat penting dan strategis bagi kemajuan bangsa. Sebagai unit organisasi pemerintah yang berhadapan langsung dengan masyarakat maka kemandirian desa menjadi salah satu syarat bagi bangsa ini untuk maju.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin yang juga sebagai Dewan Pembina Apdesi Provinsi Kalsel menerima penghargaan dari Ketua Umum Apdesi, Surta Wijaya atas partisipasinya dalam mengawal pembangunan di desa. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Suasana Lebaran, Sampah Meluber Sampai Ke Jalan di TPS Cemara Raya

Published

on

Tumpukan sampah meluber hingga ke badan jalan, di Jalan Cemara Raya, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Tumpukan sampah meluber hingga ke badan jalan. Ini terjadi di Jalan Cemara Raya, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

“Waduh mas tumpukan sampah ini sangat mengganggu sekali,” ucap Jami. (Sumber : Kalselpos)

Ia mengeluhkan lantaran tumpukan sampah meluber ketengah jalan. Tumpukan didominasi sampah rumah tangga seperti plastik hingga gabus.

Pemandangan pun jadi tak elok, karena sampah yang berserakan dan menumpuk, disusul bau yang tidak sedap dan menyengat.

“Mengganggu indra penciuman, yang pada akhirnya akan berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan sekitar karena berpotensi munculnya penyebaran penyakit, baik melalui udara maupun melalui limbah yang mengalir,” ungkapnya.

“Sering sampah di sini meluber, namun sayang nya ini momentum Idul Fitri,” tandasnya

Hingga saat ini petugas kebersihan lingkungan hidup (DLH) Banjarmasin tak ada satu pun melakukan pengakutan.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH Kota Banjarmasin, Marzuki mengklaim bahwa pihaknya sudah banyak mendapatkan laporan meluber sampah di jalan Cemara Raya tersebut.

“Meskipun hari raya petugas kita kerja normal untuk pengakutan, mobil pengakutan pun sudah siap, namun untuk petugas masih berkumpul keluarga. Mulai sore ini sampai malam kita full lembur di TPS Cemara Raya,” pungkasnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Selama Fase New Moon, Potensi Banjir Rob di Pesisir Kalsel

Published

on

Ilustrasi fase new moon atau bulan baru. (Foto/Google)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Stasiun Meteorologi (Statmet) Syamsudin Noor Banjarmasin mengeluarkan imbauan mengenai potensi banjir pesisir (rob) di wilayah pesisir Kalimantan Selatan (Kalsel).

Peringatan tersebut akibat adanya fenomena fase bulan baru (new moon) disertai perigee yang berpotensi mengakibatkan peningkatan pasang air laut maksimum di pesisir.

Berdasarkan keterangan yang didapat melalui akun resmi Statmet Syamsudin Noor yakni @cuacakalsel, pasang maksimum di Muara Sungai Barito berpotensi terjadi pada tanggal 13-20 April 2024 pukul 11.00 – 18.00 Wita.

Disebutkan wilayah yang berpotensi terdampak pasang maksimum yaitu pesisir perairan Barito Kuala, Kabupaten Banjar, Banjarmasin, dan Tanah Laut.

“Pasang maksimum di wilayah Sungai Barito pada tanggal 13-20 April 2024 pukul 11.00-18.00 Wita dengan ketinggian maksimum mencapai 2,9 meter,” tulis akun @cuacakalsel, Jumat (13/4/2024). (Sumber : Kanal kalimantan)

Stamet Syamsudin Noor Banjarmasin mengimbau masyarakat yang beraktivitas di pesisir diminta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terjadinya banjir rob.
Sebab, pasang maksimum akan berdampak terganggunya aktivitas keseharian masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir seperti bongkar muat pelabuhan, aktivitas di permukaan pesisir, serta aktivitas perikanan darat. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Terus Eratkan Sinergi Bubuhan Banjar Sa’dunia

Published

on

Ketua Umum/Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar Sa'Dunia, H Sahbirin Noor melalui Sekretaris Umum KBB Sa'Dunia, Taufik Arbain melantik Pengurus Daerah Khusus (PDK) KBB sekaligus Rapat Kerja KBB Sa'Dunia Tahun 2024. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Ketua Umum/Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar Sa’Dunia, H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Umum KBB Sa’Dunia, Taufik Arbain melantik Pengurus Daerah Khusus (PDK) KBB sekaligus Rapat Kerja KBB Sa’Dunia Tahun 2024, di Mahligai Pancasila Komplek Kediaman Gubernur Kalsel di Banjarmasin pada Minggu (14/4).

Para pengurus PDK KBB yang dilantik berasal dari KBB Banjarbaru, KBB Banjarmasin, dan KBB Barito Kuala (Batola).

Paman Birin dalam sambutannya yang disampaikan Sekum KBB Sa’Dunia, Taufik Arbain menyebutkan, rapat kerja yang merupakan kegiatan pertama ini, diharapkan bisa mempererat sinergi antar bubuhan Banjar di tanah air, sekaligus mengevakuasi program sebelumnya.

Masing-masing pengurus KBB wilayah diharapkan menjalan tugasnya dan terus membangun kebersamaan warga Banjar di tempat masing-masing.

Gubernur Kalsel ini pun menyambut baik setiap ide-ide warga Banjar yang tersebar di Nusantara ini, dalam upaya pembangunan di Banua Kalsel Babussalam.

Sementara itu, Taufik Arbain menambahkan, ada tiga masalah (isu) yang akan dibahas dalam raker, yakni soal anggaran, jaringan ekonomi, dan hal-hal yang berkaitan dengan masalah sosial budaya.

“Tiga isu inilah yang akan kita bahas sesuai pesan ketua umum,” ujar Taufik.

Pengurus KBB yang melangsungkan rapat kerja ini, juga diagendakan turut dalam prosesi peringatan wafat (haul) ke-218 Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kelampayan tanggal 6 Syawal 1445 Hijriah atau Senin (15/04/2024) di Masjid Tuhfaturraghibin Dalam Pagar Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Halalbihalal YN’S Center, Gubernur Kalsel Ungkap Rasa Syukur Kedamaian di Banua

Published

on

Yayasan Yuni Abdi Nur Sulaiman (YN'S) Center menggelar halalbihalal di kediaman keluarga besar Abdussamad Sulaiman. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Yayasan Yuni Abdi Nur Sulaiman (YN’S) Center menggelar halalbihalal di kediaman keluarga besar Abdussamad Sulaiman di Kampung Melayu Darat, Kota Banjarmasin, Sabtu (13/4).

Halalbihalal ini dihadiri beberapa tokoh agama, ulama dan habaib, serta pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel.

Tak hanya itu, kegiatan juga dihadiri Kerukunan Keluarga Bakumpai, Pemuda Pancasila, Syekhermania dan lainnya. Acara juga diisi dengan tausiah dari Habib Fahmi Bin Ahmad Al Muhdor dari Probolinggo selaku penasihat dari YN’S Center.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin dalam sambutannya mengatakan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada masyarakat dan para tamu undangan yang hadir pada acara tersebut.

“Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Mari kita rayakan hari kemenangan ini dengan rasa syukur dan bahagia,” ucap Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan, bahwa suasana kedamaian di Banua harus disyukuri.

“Saat ini saudara-saudara kita di belahan bumi lain hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, seperti di Palestina. Mereka harus hidup dalam keterbatasan dan berada di daerah konfilk atau perang,” ujarnya.

Untuk itu, Paman Birin mengajak jemaah untuk bersama-sama mendoakan warga Palestina.

“Semoga saudara-saudara kita di Palestina bisa lepas dari belenggu penjajahan,” ajak Paman Birin.

Sementara itu, Founder Yayasan YN’S Center, Yuni Abdi Nur Sulaiman mengatakan, momen halalbihalal ini merupakan momen yang sangat dinantikan dirinya beserta keluarga besar.

“Alhamdulillah, ulun sangat bersyukur bisa menggelar halalbihalal ini, momen kekeluargaan seperti ini lah yang selalu kami nantikan,” ucapnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini silaturahmi dengan keluarga besar YN’S Center serta ulama , pemerintah dan masyarakat bisa terus berlangsung.

Dalam momen tersebut, Paman Birin juga memberi hadiah tambahan kepada 2 orang yang beruntung, yakni masyarakat. Untuk melaksanakan ibadah umroh. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer