google-site-verification=2H-sCxyC_PivVEQYOA-YOWReGFaUAEieNeSeN4I1XnQ Peringatan BMKG, Gubernur Minta Sinergi Serta Kolaborasi Pemerintah Dengan Kabupaten/Kota – SuaraBorneo.com
Connect with us
FILE-MASAK-8

Kaltara

Peringatan BMKG, Gubernur Minta Sinergi Serta Kolaborasi Pemerintah Dengan Kabupaten/Kota

Published

on

KALTARA, suaraborneo.com – Gubernur Kalimantan Utara H. Zainal A. Palawing, SH menghadiri secara virtual Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKB) Tahun 2021 dengan mendengarkan arahan Presiden RI Jokowi Widodo untuk segera ditindaklanjuti guna mengantisipasi kejadian bencana. “Akan kita tindaklanjuti bersama stakeholder terkait khususnya BMKG yang ada di kabupaten/kota se Kaltara,”kata Gubernur, dirumah Jabatanya.

Gubernur meminta, agar layanan BMKG harus disertai dengan inovasi-inovasi yang mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Pentingya adaptasi teknologi ini, lanjut Gubernur untuk kepentingan observasi, analisis, prediksi dan peringatan dini secara lebih cepat dan akurat untuk meminimalkan risiko bencana. “Agar kita lebih mampu meminimalkan risiko yang harus kita hadapi,” kata Gubernur.

Laman: 1 2 3 4

Kaltara

Gubernur Zainal Maknai Upacara Hari Bhakti Imigrasi ke-72 di Perbatasan Negara

Published

on

Gubernur Kaltara Zainal Hadiri Upacara Hari Bhakti Imigrasi ke-72 di Perbatasan Negara. (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com – Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72 dilakukan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Timur (Kaltim) yang menaungi Kaltim dan Kalimantan Utara (Kaltara) melaksanakan upacara peringatan di batas negara, tepatnya di Tugu Garuda Perkasa, Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan, Kamis (27/01/2022) pagi.

Hadir di Tugu Garuda Perbatasan, Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur (Kaltim) Sofyan, S.Sos., S.H., M.H., Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, Anggota DPRD Provinsi Kaltara Andi Akbar, jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim serta Forkompimda Kabupaten Nunukan.

Usai mengikuti upacara yang dipimpin secara daring oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna Laoly, kepada awak media Gubernur Zainal mengucapkan selamat kepada insan keimigrasian karena selama 72 tahun telah mengawal tanpa lelah garda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Continue Reading

Kaltara

Perangkat Daerah Harus Kooperatif

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H Zainal A Paliwang SH., M.Hum. (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.Com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H Zainal A Paliwang SH., M.Hum menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintahan provinsi agar kooperatif dan proaktif memberikan data yang dibutuhkan saat pemeriksaan keuangan.

Hal ini disampaikan Gubernur saat memberikan sambutan dalam pertemuan pemeriksaan awal/entry meeting yang diinisiasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Kaltara di ruang rapat lantai I Kantor Gubernur, Kamis (27/1/2022).

Kegiatan yang digelar secara hybrid ini membahas tentang persiapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021 dan Pemeriksaan Kinerja Long Form Audit Report (LFAR) pendahuluan atas upaya penanggulangan kemiskinan di daerah tahun 2021 pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dan instansi lainnya.

Ia mengapresiasi atas kontribusi yang positif dari BPK RI Perwakilan Kaltara dalam memberikan pendampingan dan asistensi kepada Pemprov Kaltara.

Continue Reading

Kaltara

Korem Bakal Kawal Program Pemprov

Published

on

Danrem 092/Maharajalila, Brigjen TNI Rifki silaturahmi ke Gubernur Kaltara Drs H Zainal A. Paliwang SH, M.Hum, Rabu (26/1/2022). (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com – Memulai tugas barunya di Kalimantan Utara (Kaltara), Komandan Korem (Danrem) 092/Maharajalila, Brigjen TNI Rifki mengunjungi Gubernur Kaltara Drs H Zainal A. Paliwang SH, M.Hum di kantornya untuk bersilaturahmi. Dalam kunjungan itu Danrem melaporkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan sejak menjabat.

“Selama kurang lebih seminggu sejak resmi bertugas, kami telah melakukan silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di beberapa kabupaten/kota di Kaltara, serta meresmikan pos bersama di KTT (Kabupaten Tana Tidung) bersama dengan pemerintah setempat,” jelasnya, Rabu (26/1/2022).

Continue Reading

Kaltara

Tahapan Pendaftaran Diperpanjang, Selter JPT Dijamin Tidak Ada Pungli

Published

on

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama, Bastian Lubis didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara, Burhanuddin. (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com – Tahapan pendaftaran seleksi terbuka (Selter) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) diperpanjang hingga 27 Januari 2022. Informasi ini diperoleh dari Ketua Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama, Bastian Lubis, Selasa (25/1/2022).

Dijelaskannya, sejak dibukanya tahapan pendaftaran pada 18 Januari lalu jumlah pendaftar masih belum memenuhi target formasi yang telah ditetapkan. Alasannya ialah, padatnya waktu yang disediakan oleh peserta yang bakal mengikuti selter tersebut.

Selain itu juga, terjadi penumpukkan pendaftaran pada tiga formasi, yaitu pada posisi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pariwisata.

“Kita perpanjang hingga 27 Januari 2022, lalu penambahan pengumuman khusus untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Jusuf SK yakni harus tenaga medis dokter umum maupun gigi,”terang Bastian didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara, Burhanuddin.

Continue Reading

Kaltara

Gubernur Dukung Musywil Ke-III PW IPM Kaltara dan Pelantikan PD IPM Bulungan

Published

on

Gubernur, Zainal A. Paliwang bertemu Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kalimantan Utara (Kaltara), Senin (17/1/2022). (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com – Temui Gubernur, Zainal A. Paliwang, Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kalimantan Utara (Kaltara) tuai hasil positif saat menyampaikan agenda kegiatan musyawarah wilayah bertema Recovery for Acceleration, Pelajar Berdaya Berkarya yang akan segera dilaksanakan.

Hal ini diungkapkan oleh Husnul selaku Ketua Umum IPM Kaltara saat diwawancarai usai melakukan pertemuan bersama orang nomor satu di Benuanta tersebut. Menurutnya, Gubernur Zainal tampak mendukung kegiatan yang bertujuan untuk memilih Ketua IPM Kaltara periode dua tahun ke depan sekaligus pelantikan Pengurus IPM Kabupaten Bulungan.

Continue Reading

Kaltara

Malam Pisah Sambut Dandrem 092/Maharajalila, Gubernur Ucapkan Terima Kasih

Published

on

Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Yansen TP beserta Istri hadiri Pisah sambut dari Brigjen TNI Suratno kepada Brigjen TNI Rifki, Minggu (16/1/2022). (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com – Pucuk pimpinan Komando Resor Militer resmi berganti. Hal ini ditandai dengan acara pisah sambut dan ramah tamah Dandrem 092/Maharajalila di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Pisah sambut dari Brigjen TNI Suratno kepada Brigjen TNI Rifki ini dihadiri oleh Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Yansen TP serta Ketua TP-PKK Kaltara Rachmawati Zainal dan Wakil Ketua TP-PKK Ping Yansen, Minggu (16/1).

Continue Reading

Kaltara

Pesan Tegas Gubernur Zainal Untuk Seluruh Kepala Daerah dan Pejabat Kaltara

Published

on

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A. Paliwang saat beri arahan kepada Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Jum'at (14/1/2022). (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A. Paliwang memberikan arahan kepada Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara di sela momen syukuran hari ulang tahun Wakil Gubernur, Yansen TP.

Gubernur kembali mengingatkan para pejabat negara di bawah kepemimpinannya agar bebas dari korupsi, serta tidak takut melaporkan harta kekayaannya di Aula Gabungan Dinas, pada Jumat (14/1).

“Untuk kepala-kepala OPD untuk pertanggungjawaban terhadap kegiatan APBD 2021, agar disiapkan dengan baik. Nanti akan turun dari BPK Provinsi agar pertanggungjawaban keuangan segera dituntaskan,” tegasnya

Gubernur melanjutkan agar kepala perangkat daerah beserta jajaran melakukan percepatan kegiatan APBD tahun 2022 sehingga segera terealisasi.

Continue Reading

Kaltara

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kaltara Tutup Usia, Gubernur Beri Penghormatan Terakhir

Published

on

Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang ikuti upacara pelepasan jenazah almarhum Ibramsyah Amirudin selaku Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kaltara di rumah duka yang terletak di Jalan Sengkawit, Kamis (13/1/2022). (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com– Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A. Paliwang mengikuti upacara pelepasan jenazah almarhum Ibramsyah Amirudin selaku Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kaltara di rumah duka yang terletak di Jalan Sengkawit, Kamis (13/1/2022).

Dalam suasana duka, Zainal turut memberikan ungkapan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga besar.

Continue Reading

Kaltara

Jadikan Tempat Wisata Pantai Amal Aset Pendapatan Utama

Published

on

Wisata Pantai Amal, Rabu (12/1/2022). (Foto/Ist)

KALTARA, SuaraBorneo.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan percaya diri menatap tahun 2022 dengan menaikkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 164 juta.

Tahun lalu, Pemkot Tarakan mampu merealisasikan PAD dan diklaim mencapai target. Paling banyak disumbang dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) seperti Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSUKT).

Disamping itu, keuntungan yang disetor Perusahaan Umum Daerah (Perumda) turut berkontribusi pada pencapaian target PAD Pemkot Tarakan tahun lalu. Termasuk Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) serta PBB.

Capaian itu memotivasi Pemkot Tarakan untuk meningkatkan lagi PAD di tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, Pemkot Tarakan berani menaikkkan hingga Rp 50 miliar lebih.

Continue Reading

Umum

Populer

KALTARA, suaraborneo.com – Gubernur Kalimantan Utara H. Zainal A. Palawing, SH menghadiri secara virtual Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKB) Tahun 2021 dengan mendengarkan arahan Presiden RI Jokowi Widodo untuk segera ditindaklanjuti guna mengantisipasi kejadian bencana. “Akan kita tindaklanjuti bersama stakeholder terkait khususnya BMKG yang ada di kabupaten/kota se Kaltara,”kata Gubernur, dirumah Jabatanya.

Gubernur meminta, agar layanan BMKG harus disertai dengan inovasi-inovasi yang mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Pentingya adaptasi teknologi ini, lanjut Gubernur untuk kepentingan observasi, analisis, prediksi dan peringatan dini secara lebih cepat dan akurat untuk meminimalkan risiko bencana. “Agar kita lebih mampu meminimalkan risiko yang harus kita hadapi,” kata Gubernur.

Laman: Page 1 Page 2 Page 3 Page 4