DPRD Kalsel Paripurnakan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Terpilih Paman Birin-H Muhidin – SuaraBorneo.com
Connect with us
IDUL-FITRI-1445-3-X7

Banjarmasin

DPRD Kalsel Paripurnakan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Terpilih Paman Birin-H Muhidin

Published

on

BANJARMASIN, suaraborneo.com– Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) umumkan pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalsel terpilih, pasangan calon H. Sahbirin Noor dan H. Muhidin dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2020 pada Rapat Paripurna DPRD Kalsel di Rumah Banjar pada Kamis, (5/8)

Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Dr. (HC) H. Supian HK, S.H., M.H., selaku pimpinan rapat, bahwa pengumuman pengesahan Wakil Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel kali ini adalah tindak lanjut atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel Nomor 43/PL.02.7-Kpt/63/Prov/VIII/2021 Tanggal 4 Agustus 2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020, jelas politisi partai Golkar ini.

Rapat paripurna yang dihadiri sebanyak 39 orang Wakil Rakyat secara fisik maupun secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom ini, berita acara Rapat Paripurna ditandatangani oleh Penjabat Gubernur Kalsel, Dr. Safrizal ZA., M.Si., dan Ketua DPRD, H. Supian HK, berserta tiga Wakil Ketua DPRD lengkap, di antaranya M. Syaripuddin, S.E., M.A.P., Hj. Mariana, S.Ab., M.M., dan Hj. Karmila.

Sebagai mekanisme selanjutnya, kata H. Supian HK, usulan pengesahan Pengangkatan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2020, beserta berita acara dan risalah rapat paripurna sebagai bahan terlampir, akan disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia (RI) Melalui Menteri Dalam Negeri RI untuk mendapatkan pengesahannya.

“Kami selaku pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mengharapkan agar proses dan mekanisme pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel berjalan lancar, semoga kesuksesan selalu menyertai. Kami juga berharap dan berdo’a setelah dilantik nanti oleh Presiden (RI) Saudara paslon terpilih mampu melakukan sesuatu yang menjadi tugas dan tanggungjawab secara optimal dengan segala ketulusan, keikhlasan, dan niat yang bersih semata mata karena Allah SWT,” harap H. Supian HK, perwakilan rakyat dapil lima kalsel ini.

Sebagai pasangan terpilih, H. Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin dalam penyampaiannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan Rapat Pariurna yang dilaksanakan oleh DPRD Provinsi Kalsel, karena menurutnya, berlangsung secara khidmad dan lancar.

“Kita sama-sama yakin, bahwa keinginan dan tekad kita semua untuk memberikan yang terbaik bagi banua kita Provinsi Kalsel akan dapat terwujud walaupun itu ditempuh dengan segala hambatan dan rintangan. Mari kita bangun pemikiran yang optimis agar Banua kita terus tegar dan tegap berdiri, walaupun di atas gerimis perbedaan. Namun, kita sama-sama berteduh dalam payung kebersamaan,” pungkas Paman Birin.

Dalam kesempatan Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalsel
juga mengucapkan terima kasih dan memberikan piagam penghargaan atas pengabdian dan dedikasi Safrizal ZA yang dianggap telah berjasa dalam memegang nakhoda Banua Kalsel selama kurang lebih tujuh bulan ini dengan baik dan penuh tanggung jawab. (*/hrs)

Bagikan ke

Banjarmasin

Apresiasi Kinerja Camat, Lurah dan Ketua RT/RW, Gubernur Sahbirin Noor Optimistis Pilkada 2024 Sukses dan Lancar

Published

on

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melakukan silaturahmi dengan para camat, lurah, dan ketua RT dan RW se-Kota Banjarmasin. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melakukan silaturahmi dengan para camat, lurah, dan ketua RT dan RW se-Kota Banjarmasin di Gedung Sultan Suriansyah Kayutangi, Banjarmasin pada Kamis (23/05/2024)

Kedatangan Paman Birin didampingi TGH Wildan Salman dan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Komandan Korem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Ariyanto, Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, dan undangan lainnya.

Tiba di halaman gedung, rombongan Paman Birin disambut kesenian Reog Ponorogo gabungan kelompok Singo Manggolo Manunggal Banjarbaru, Pawargo Batola, Sardulo Mudho Banjarmasin, dan Singo Budoyo, dengan diiringi atraksi kuda lumping atau tarian jaran kepang.

Paman Birin menyampaikan terima kasih atas partisipasi para perangkat pemerintahan di Kota Banjarmasin ini.
Silaturahmi ini ujarnya, menjadi momentum bernostalgia, karena Paman Birin pernah memegang jabatan mulai ketua RT, lurah hingga sekretaris camat , sebelum menjadi Gubernur Kalsel.

“Semua itu adalah amanah dan rezeki yang diberkan Allah subhana wataala,” kata Paman Birin.

Paman Birin juga mengapresiasi kinerja para camat, lurah hingga ketua RT/RW dalam turut mensukseskan Pemilu serentak 2024 beberapa waktu lalu.

Partisipasi mereka pun masih diharapkan lagi untuk kelancaran penyelanggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) hingga tahapan puncak yakni pencoblosan suara pada tanggal 27 November nanti.

Berkaca dari pelaksanaan pemilu dan pilkada sebelumnya, Paman Birin yakin penyelanggaraan nanti pun bisa dilakukan dengan baik.

“Mari kita ciptakan pesta demokrasi menjadikan masyarakat senang dan gembira,” ajaknya.

Disela-sela penyampaian sambutan, Paman Birin memanggil empat orang yang diberikan challenge menjawab pertanyaannya, sebelum mereka diberikan hadiah umrah gratis.

Selanjutnya, TGH Wildan Salman menyampaikan tausiah dengan pesan-pesan penting terkait harapan kelancaran dan kesuksesan pilkada nantinya.

Disampaikan, banyak jalan bagi umat muslim untuk mendapatkan ganjaran surga di akhirat nanti dengan segala kegembiraan dan keutamaan yang dijanjikan Allah SWT. Profesi apapun, bisa menjadikan jalan untuk menuju kesana.

Mereka yang menjadi camat, lurah, ketua RT atau RW, apabila melepaskan kesusahan orang yang datang kepada mereka, maka di akhirat Insya Allah akan dilepaskan dari kesusahannya. Dengan catatan ujar Guru Wildan, bantuan yang diberikan, dilakukan ikhlas demi mendapat ridho Allah SWT.

“Mudah mudahan silaturahim ini memudahkan pelaksanaan Pilkada nanti,” doa Guru Wildan di akhir tausiyahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalsel Heriansyah menegaskan, kegiatan silaturahmi ini bagian dari tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk memastikan terselenggaranya pilkada dengan am dan lancar.

Hal ini juga jadi tugas dan kewenangan yang diberikan kepada Badan Kesbangpol Kalsel. Termasuk rencana rakor para ketua RT dan RW di Kalsel.

Adapun peserta yang hadir, disebutkan Heri, dari camat dan lurah atau yang mewakili, dan para ketua RT dan RW yang diperkirakan 60 persen dari total 1.505 orang yang ada di Kota Banjarmasin. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Sahbirin Noor Buka Turnamen Danrem Cup U-11 dan U-13, Komitmen Terus Majikan Olahraga Banua

Published

on

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin secara resmi membuka Turnamen Danrem Cup U-11 dan U-13 Tahun 2024. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin secara resmi membuka Turnamen Danrem Cup U-11 dan U-13 Tahun 2024, dilapangan Upik Mini Soccer Banjarmasin, Kamis (23/5) pagi.

Pada pembukaan itu, dihadiri Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto, Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK, Tenaga Ahli Gubernur Rizal Akbar, KH. Wildan Salman, Sekdaprov Roy Rizali Anwar, Ketua Umum Futsal Kalsel H. Anwar Hadimi, Tokoh Banjarmasin Yuni Abdi Nur Sulaiman serta sejumlah tamu undangan.

Pada pembukaan itu, Paman Birin tampak antusias melihat ratusan anak yang siap bertanding. Bahkan, selepas pembukaan pun, Paman Birin dengan senang melayani salaman para anak-anak.

Disampaikan Paman Birin, kompetisi sepakbola, terutama usia dini adalah modal penting sekaligus momen bagi kita semua dalam membangun dan memajukan olahraga di Banua khususnya sepak bola.

Paman Birin mengatakan, dirinya selalu berkomitmen dan serius dalam memajukan olahraga di Banua.

“Kita selalu berkomitmen untuk terus memajukan olahraga di Banua. Dan perlu diketahui, ulun satu-satunya Gubernur yang pernah meraih penghargaan dari Menpora sebagai Pembina dan Penggerak Olahraga,” ujar Paman Birin.

Paman Birin berharap, melalui kompetisi ini dapat menciptakan generasi yang sportif guna membangun kejujuran sejak usia dini.

“Kepada para peserta, adik-adik generasi penerus bangsa sekalian, junjunglah setinggi-tingginya sportifitas dan kejujuran. Tidak hanya disaat bertanding, tapi juga dikehidupan sehari-hari. Karena kejujuran merupakan modal yang sangat penting dalam kehidupan kedepan, disaat apapun dan dimanapun kalian berada,” harap Paman Birin.

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto mengungkapkan, dengan adanya turnamen ini dapat menumbuhkan kreatifitas anak-anak guna mencegah kecanduan Gadget.

“Kita selenggarakan turnamen ini agar anak-anak tidak terlalu ketergantungan dengan hp atau sejenisnya. Namun bisa memaksimalkan potensinya di bidang lain seperti olahraga terutama sepakbola,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam Turnamen Danrem Cup U-11 dan U-13 tahun 2024 ini, diikuti sebanyak 44 Sekolah Sepak Bola (SSB). SSB tidak hanya dari Kalsel, namun juga ada dari Provinsi Kalteng hingga Kaltim. [ad/adpim]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Mandiri Utama Finance Autofest 2024 Hadir Di Banjarmasin, Wujudkan Semua Mimpi Miliki Kendaraan Bermotor

Published

on

Mandiri Utama Finance (MUF) menggelar Event Autofest 2024 di Dutamall Banjarmasin. (Foto/Abdi)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai salah satu anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Mandiri Utama Finance (MUF) menggelar Event Autofest 2024 di Dutamall Banjarmasin. Event ini berlangsung sejak 22 hingga 26 Mei 2024 mendatang.

Masyarakat Banjarmasin khususnya dan Kalimantan umumnya di manjakan dengan berbagai penawaran kredit menarik dari kendaraan baru roda empat dan roda dua juga kendaraan bekas dengan berbagai jenis type dan merk.

SEVP Marketing Mandiri Utama Finance, Yanto Tjia di Banjarmasin mengatakan, Kalimantan memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang besar. Buktinya, pada periode Januari-April 2024, MUF mencatat penyaluran kredit kendaraan di wilayah ini sebesar Rp524,8 miliar, meningkat sebesar 31% dibandingkan tahun sebelumnya, Rabu (22/5/24)

Juga, kota Banjarmasin berkontribusi paling besar terhadap capaian penyaluran pembiayaan Mandiri Utama Finance di Kalimantan, yaitu mencapai 32%.

“Dengan antusias masyarakat Kalimantan, Mandiri Utama Finance langsung memilih kota Banjarmasin dalam event Auto Fest 2024 setelah Bandung dan Jakarta, dan ini pertama kali disini,” ujarnya dihadapan wartawan.

RCEO RO IX Kalimantan PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Ricky Recardo Mulyadi mengatakan, event ini tentu sangat ditunggu konsumen di Kota Banjarmasin.

“Sangat baik kolaborasi dan sinergi ini, masyarakat Kalimantan Selatan dan sekitarnya bisa dilayani untuk pembelian kendaraan bermotor,” ujar Ricky.

Bagi pecinta otomotif, yuuk datang dan wujudkan semua mimpi untuk memiliki kendaraan bermotor bersama Mandiri Utama Finance Auto Fest 2024 di Duta Mall Banjarmasin. [rivani/sb]

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Bank Kalsel Beri Bantuan Pendidikan di Ma’had AI Aydrus, Yaman kepada Imam Rosyadi Noor

Published

on

Imam Rosyadi Noor merupakan salah satu pelajar Indonesia yang berasal dari Kota Banjarmasin. (Foto/Ist) 

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Imam Rosyadi Noor merupakan salah satu pelajar Indonesia yang berasal dari Kota Banjarmasin dan sedang menimba ilmu di Ma’had Al Aydrus, Yaman.

Imam Rosyadi Noor saat ini terkendala kekurangan dana dikarenakan dana yang telah diberikan oleh orang tua masih belum mencukupi untuk biaya hidup dan biaya kebutuhan lainnya.

Berdasarkan hal tersebut Bank Kalsel melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) memberikan bantuan dana pendidikan kepada Imam Rosyadi Noor.agar dapat meringankan biaya.hidup dan biaya kebutuhan lainnya untuk menuntut ilmu di Mahad Al Aydrus, Yaman.

“Semoga bantuan tersebut dapat meringankan biaya pendidikan selama menimba ilmu di Ma’had Al Aydrus,
Yaman kepada Imam Rosyadi Noor,” ungkap UPZ Bank Kalsel.

Bagi donatur dan Sahabat Akselenials yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam program-program kegiatan yang diinisiasi oleh UPZ Bank Kalsel dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui UPZ Bank Kalsel.

Rekening zakat, Infak dan Sedekah Bank Kalsel Syariah:
6500844928 (Zakat)
6500846214 (Infak dan Sedekah) A.n Unit Pengumpul Zakat Bank Kalsel

Konsultasi dan Konfirmasi transfer via WA Center UPZ
Bank Kalsel: 0811505153

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

190.707 Kepala Keluarga Berisiko Stunting di Kalsel

Published

on

BKKBN Kalsel gelar diseminasi hasil pemutakhiran pendataan keluarga dan data keluarga beresiko stunting tahun 2023 di Banjarmasin. (MC Kalsel/Jml)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalimantan Selatan atau BKKBN Provinsi Kalsel mengadakan diseminasi hasil pemutakhiran pendataan keluarga dan data keluarga beresiko stunting tahun 2023.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel diwakili Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Lasma Uli Lumbantoruan mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar data keluarga yang telah diverifikasi selama tahun 2023 lalu bisa dimanfaatkan oleh instansi terkait dalam melakukan intervensi percepatan penurunan stunting di Kalsel.

“Berdasarkan verifikasi dan validasi (verval) 2023 kemarin ada sebanyaki 190.707 kepala keluarga yang beresiko stunting di seluruh Provinsi Kalsel,” kata Lasma di Banjarmasin, Selasa (7/5/2024).

Dia menuturkan, berdasarkan hasil peninjauan kembali di semester I 2023 jumlah tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan hasil verval pada semester II.

“Berdasarkan peninjauan kembali hasil semester I dengan semester II kita mengalami penurunan yang cukup signifikan dari 200.000 sekian menjadi 190.707 kepala keluarga, yang didominasi oleh Kabupaten Barito Kuala,” jelasnya.

Adapun yang menjadi penyebab stunting di Kalsel, lanjutnya, yakni pernikahan usia muda yang masih tinggi dan juga pola asuh yang tidak benar.

Untuk itu pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan edukasi pernikahan usia dini kepada remaja di Kalsel dan edukasi pola asuh kepada pasangan subur yang mempunyai anak balita dan batita.

Hal ini agar pola asuh dan pola pemberian makanan, khususnya makanan tambahan bisa lebih baik dari sebelumnya, dimana dalam pemberian makanan tambahan diatas enam bulan itu harus memperhatikan kecukupan protein pada anak agar bisa mencegah stunting pada anak.

“Selain pola asuh, faktor ekonomi juga menjadi penyebab stunting di Kalsel. Meskipun begitu penyebab paling signifikan tetap pola asuh , karena yang punya kemampuan belum tentu bebas dari stunting jika pola asuhnya kurang baik,” jelasnya.

Lebih jauh, Lasma mengatakan, melihat hal tersebut pihak BKKBN pusat pun telah mengadakan pertemuan dengan setiap BKKBN regional terkait dengan peningkatan akselerasi cakupan penimbangan balita di posyandu agar cakupan elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) bisa mencapai diatas 85 persen.

“Dengan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) yang terupdate adanya kenaikan 0,1 persen maka pusat melakukan pertemuan untuk menyusun upaya akselerasi cakupan penimbangan balita di posyandu agar e-PPGBM nya mencapai diatas 85 persen dan bisa dibandingkan dengan hasil SKI terbaru,” pungkasnya. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Seminggu Harga Beras di Kalsel Naik 9,23%

Published

on

Data perkembangan harga beras di Kalsel. (Foto/Data boks)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Harga beras di Kalimantan Selatan dijual dengan harga Rp 14.200 rupiah per kg pada Jumat, 3 Mei 2024. Dibandingkan wilayah lain, perubahan harga di wilayah ini merupakan yang tertinggi dalam sepekan terakhir.

Menurut pantauan data harian komoditas bahan pokok dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, harga beras di Kalimantan Selatan mulai bergerak naik 9,23% dalam sepekan.

Sementara bila dilihat perubahan harga dibandingkan 30 hari sebelumnya, harga beras di wilayah ini telah mengalami kenaikan 4,41%.

Meski demikian, untuk rentang data setahun terakhir, harga jual beras di pasar modern Kalimantan Selatan sebetulnya telah mengalami penurunan. Rekor tertinggi sebelumnya, sempat menyentuh harga Rp 14.500 rupiah per kg.

Untuk periode Januari-Mei 2024, harga beras di pasar modern terus bergerak naik, bergerak 4,41% dibandingkan kondisi sebulan yang lalu.

Harga beras sempat berada di titik terendah Rp 13.000 rupiah per kg pada Rabu, 27 Maret 2024. Kemudian untuk harga tertinggi pada tahun ini yang pernah dicapai yakni di kisaran Rp 14.200 rupiah per kg .

Data di tingkat nasional, harga beras mulai bergerak naik mendekati akhir tahun 2021. Rata-rata harga beras di pasar modern dijual Rp 15.727,94 rupiah per kg, naik 0,12% dibandingkan posisi akhir pekan lalu. (*)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Gubernur Kalsel Ajak KB-PII Menjadi Mitra Pemerintah yang Solid

Published

on

Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Kalimantan Selatan gelar diskusi panel “Kolaborasi Kepemimpinan Dalam Membangun Banua” dan pelantikan pengurus wilayah setempat periode 2022-2026. (Foto/Adpim)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Kalimantan Selatan menyelanggarakan diskusi panel “Kolaborasi Kepemimpinan Dalam Membangun Banua” dan pelantikan pengurus wilayah setempat periode 2022 – 2026, dalam rangka Refleksi Hari Bangkit PII ke 77, Ahad (12/05/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Diskusi diisi dengan paparan Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor atau Acil Odah sebagai salah satu nara sumber, dengan materi terkait kepemimpinan perempuan era sekarang.

Acara dihadiri Staf Ahli Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj Husnul Khatimah sekaligus menyampaikan sambutan tertulisnya.

Paman Birin berharap pengurus baru KB PII Kalsel menjadi mitra Pemerintah Provinsi Kalsel yang solid dalam upaya membina dan mewujudkan generasi di Banua yang berkualitas, berkarakter, dan berdaya saing.

Diharapkan juga, para pengurus dapat mengemban amanah dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab, sehingga dapat terus mempertahankan eksistensi dan memajukan organisasi ini.

Disebutkan, PII merupakan satu organisasi yang memilki sejarah panjang, dimana PII berdiri dua tahun setelah kemerdekaan Negara Republik Indonesia atau tahun 1947.

Dari fakta sejarah ini, bisa dikatakan PII menjadi saksi atau bahkan turut memiliki andil dalam mempertahankan kemerdekaan. Secara khusus, PII memiliki peran penting dalam kemajuan pendidikan, kepemudaan, dan da’wah Islamiyah di Indonesia.

Paman Birin yakin, KB PII memiliki semangat dan tekad yang kuat, untuk berperan aktif dalam memajukan bangsa dan Banua Kalsel tercinta ini, serta mewujudkan cita-cita para pejuang dan pendiri bangsa Indonesia.

Disebutkan lagi, dalam membangun bangsa dan Banua yang besar ini, tidak cukup hanya mengandalkan pemerintah atau pengusaha saja, tetapi harus ada kolaborasi dan sinergitas dari tiga elemen utama pembangunan yakni pemerintah, pengusaha, dan para alim ulama beserta masyarakat, termasuk di dalamnya KB PII.

Kolaborasi dan sinergi ini merupakan hal yang mutlak, dalam mewujudkan kesuksesan pembangunan, terlebih dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Seiring perkembangan zaman, beda pula tantangan yang dihadapi.

Menghadapi situasi ini, harus terus semangat dan memiliki keinginan yang kuat, untuk berkarya dan berinovasi, serta beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi.
Prosesi pelantikan pengurus KB PII Wilayah Kalsel yang diketuai H Didy Ariyadi ini diawali dengan pengucapan ikrar atau narasi yang dipimpin Ketum PP KB PII Nasrullah Larada. Kemudian, dilakukan penandatanganan berita acara bersama Ketum dan Wakil Ketum PP KB PII As’ad Nugroho serta pengurus lain, H Muhammad Sofwat Hadi SH dan Ustadz H Khairani Idris.

Ketua PW KB PII Kalsel, H Didy Ariady menyebut, keberadaan jajarannya sebagai mitra Pemerintah, mendukung sepenuhnya komitmen Paman Birin menjadikan Kalsel Babussalam.
“Sebagai pengurus baru kami berkomitmen melanjutkan perjuangan, memperluas solidaritas dan bersinergi lebih luas dengan segala pihak,” ujarnya. (ad/adpim)

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Pertamina Pastikan Kebutuhan Avtur Penerbangan Haji di Kalsel Tercukupi

Published

on

PT Pertamina Patra Niaga di wilayah Kalimantan Selatan memproyeksikan kenaikan sebesar 26% untuk kebutuhan bahan bakar pesawat udara atau Avtur selama penerbangan haji di tahun ini. (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – PT Pertamina Patra Niaga di wilayah Kalimantan Selatan memproyeksikan kenaikan sebesar 26% untuk kebutuhan bahan bakar pesawat udara atau Avtur selama penerbangan haji di tahun ini berbanding tahun kemarin. Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, dalam keterangan persnya pada Kamis (16/5).

“Kami memperkirakan akan ada kebutuhan avtur sebesar 1.679 Kiloliter (KL) selama masa penerbangan haji 2024 yang dibagi dalam dua fase yaitu fase keberangkatan yang dimulai pada tanggal 12 Mei 2024 dan fase kepulangan yang diperkirakan hingga tanggal 19 Juli nanti di Kalimantan Selatan. Kebutuhan tersebut naik 26% berbanding tahun lalu sebesar 1.337 KL,” ujar Arya.

Ia menambahkan, penyaluran Avtur tersebut ditujukan ke maskapai Garuda Indonesia yang akan menerbangkan sebanyak 5.759 jamaah haji yang terbagi dalam 19 kloter dari Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Aviation Fuel Terminal (AFT) Syamsuddin Noor dilengkapi 5 Unit Refueller yang masing-masing berkapasitas 25 KL, 3 storage tank 2 Vertical tank berkapasitas 100 KL dan 1.100 KL serta 1 unit Buried tank dengan kapasitas 100 KL, dan 41 manpower yang akan standby memaksimalkan pelayanan dalam rangka mendukung kelancaran perjalanan haji tahun ini.

“Saat ini kondisi stok avtur di AFT Syamsuddin Noor dalam kondisi aman. Pertamina Patra Niaga memastikan penyaluran ke maskapai haji akan berjalan dengan optimal. Kami juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada para jamaah semoga menjadi haji mabrur,” ungkap Arya.

Untuk memastikan informasi kepada masyarakat atau konsumen berjalan optimal, Pertamina membuka jalur komunikasi melalui kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh melalui aplikasi google atau apple. “Kami senantiasa berkomitmen memastikan ketersediaan energi bagi masyarakat terpenuhi selama masa haji tahun 2024 ini. Jika masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui 135 dan aplikasi MyPertamina,” tutup Arya. [ad/ril]

Media Contact
Arya Yusa Dwicandra
Area Manager Comm, Rel, & CSR Regional Kalimantan
arya.dwicandra@pertamina.com

Bagikan ke
Continue Reading

Banjarmasin

Ombudsman Kalsel Tekankan Makna Strategis Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik terhadap Pembangunan Daerah

Published

on

Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan kegiatan sosialisasi teknis (workshop). (Foto/Ist)

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan kegiatan sosialisasi teknis (workshop) penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2024. Kegiatan tersebut dilakukan secara luring dan daring pada Rabu, 08/05/2024. Kegiatan dihadiri oleh seluruh perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) baik di tingkat Provinsi, Kabupaten maupun Kota, khususnya Inspektorat, Biro/Bagian Organisasi dan Perangkat Daerah yang menjadi lokus penilaian. Juga hadir pejabat dari Direktorat Polda Kalsel beserta seluruh jajaran Kepolisian Resor (Polres) se Kalsel, dan pejabat dari Kanwil BPN Kalsel beserta seluruh jajaran Kantor Pertanahan (Kantah) se Kalsel.

Dalam sambutannya, Hadi Rahman selaku Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalsel menyampaikan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik wajib memiliki visi dan tujuan yang jelas, berjangka panjang. Kerangka berpikir dan pola tindak harus mengikuti kompas yang memberikan arah dan panduan untuk pengorganisasian dan penggerakan seluruh sumber daya pelayanan publik. Tidak boleh ada disorientasi arah atau pelayanan yang berfokus hanya kepada waktu. Oleh karena itu, penyelenggara perlu mengupayakan dan memastikan terselenggaranya pelayanan yang berkualitas prima kepada masyarakat. Inilah yang patut menjadi tujuan bersama.

Penilaian kepatuhan yang dilakukan Ombudsman RI sejak tahun 2015 memiliki relevansi yang sangat strategis terhadap visi dan tujuan pelayanan publik tersebut. Melalui penilaian ini dapat diketahui tingkat kepatuhan dan kualitas pelayanan publik dari Kementerian, Lembaga dan Pemda se Indonesia, sehingga kemudian bisa dihasilkan suatu rekomendasi untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik, serta pencegahan maladministrasi melalui implementasi komponen standar pelayanan pada tiap unit pelayanan publik. Hasil penilaian dimaksud juga akan dimanfaatkan secara optimal dalam pemberian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah (EKPD) dan realisasi _Sustainable Development Goals_ (SDGs). “Contohnya adalah raihan Pemprov Kalsel dalam ajang PPD 2024 kemaren dimana Ombudsman RI sebagai lembaga negara yang terlibat didalamnya, menjadikan hasil penilaian kepatuhan tahun 2023 sebagai salah satu sumber _clearance_ data”, tegas Hadi Rahman.

Tahun 2024 ini, Penilaian Kepatuhan atau Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Ombudsman RI berlanjut dengan menyasar 25 Kementerian, 15 Lembaga, dan 552 Pemda di seluruh Indonesia. Hal-hal yang sudah baik dalam penilaian tahun sebelumnya diharapkan agar dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan. Lebih penting lagi adalah hasil penilaian tersebut harus berdampak positif terhadap upaya pencapaian pelayanan publik yang berkualitas prima.

“Jadi, angka-angka penilaian yang dihasilkan mampu memberi makna terhadap pekerjaan penyelenggara dan pelaksana pelayanan publik, menjadikan diri kita sebagai pembawa manfaat, kebaikan dan kebahagiaan bagi pengguna layanan khususnya dan masyarakat pada umumnya”, pungkas Hadi Rahman.

Kegiatan _workshop_ kemudian diisi dengan paparan oleh narasumber eksternal yaitu Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA (Rektor UIN Antasari Banjarmasin) dan Drs. Rahmadi (Perwakilan Bappeda Prov. Kalsel). Dilanjutkan dengan paparan dan diskusi antara narasumber dari Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Kalsel dengan peserta kegiatan, baik yang berhadir langsung maupun perwakilan dinas/instansi/lembaga yang hadir secara daring. [ad/ril]

Bagikan ke
Continue Reading

Umum

Populer